Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Apa Itu Internet of Things IOT? Lihat Panduan Lengkapnya Di Sini

3 min read

Menggunakan internet memang sudah menjadi hal yang biasa dilakukan oleh generasi sekarang. Tapi apakah kamu sudah tahu apa itu internet of things? Mengetahui konsep tersebut dapat membantu kamu dalam memperluas fungsi dari sambungan internet. Konektivitas internet saat ini mempengaruhi lebih dari ratusan ribu perusahaan secara global.

Penggunaan internet tersebut juga meliputi seluruh aspek, seperti pertanian, energi, lingkungan, rumah pintar, dan lain-lain. Menggunakan internet juga memudahkan kamu dalam mengendalikan sesuatu secara remote. Kamu juga bisa menggunakannya untuk memantau banyak hal. Simak penjelasan secara lengkap berikut ini.

Apa Itu Internet of Things (IoT)?

Internet of Things merupakan sebuah konsep yang mana suatu objek mampu melakukan transfer data melalui jaringan tanpa adanya interaksi manusia ke manusia ataupun dari manusia ke perangkat komputer dan sering disingkat menjadi IoT. Teknologi IoT juga terus dikembangkan mulai dari teknologi nirkabel, micro-electromechanical systems (MEMS), dan internet.

IoT ini juga sering diidentifikasikan oleh RFID sebagai salah satu media komunikasi. Sekarang pengertian IoT sudah bisa meliputi seluruh teknologi, seperti kode QR juga. IoT ini memungkinkan terjadinya pembagian data, remote control, dan lain-lain.

Kamu pasti sudah memahami bahwa perkembangan teknologi menjadi semakin pesat dari hari ke hari. Ada banyak sekali kemajuannya, termasuk dalam bidang pekerjaan hanya dengan memerintahkan Cortana melalui laptop kamu bisa membuka suatu software.

Dahulu saat belum ada Cortana, orang-orang hanya akan bisa mengakses segala sesuatu di laptop secara manual. Selain itu, kamu juga dapat memerintahkan mobil untuk melaju tanpa kamu perlu kemudikan mobil tersebut. Mobil tersebut dinamakan smart car dan memanfaatkan IoT.

Bagaimana Mekanisme Kerja Internet of Things IoT?

Kamu sudah sedikit paham mengenai kegunaan dari IoT bagi kehidupan manusia abad ini. Selanjutnya perlu memahami cara kerja dari IoT agar kamu semakin melek terhadap perkembangan teknologi terkini.

Mekanisme kerja dari internet of things ini adalah menggunakan argumentasi bahasa pemrograman yang mana setiap argumen merupakan perintah yang dapat menghasilkan interaksi antar mesin. Hubungan interaksi tersebut sifatnya otomatis dan tidak perlu campur tangan lagi dari manusia. Tidak ada batasan jarak dalam hal interaksi tersebut.

Keterbatasan jarak tersebut diatasi berkat adanya internet dan manusia hanya bertugas mengawasi serta pengatur dari mesin-mesin yang sudah bekerja secara otomatis tersebut. Mesin yang dimaksud di sini bisa juga berupa elektronik maupun robot. Menyusun komunikasi antar mesin bukan hal yang mudah dan bisa saja memerlukan banyak bidang keilmuan.

Tak hanya itu hambatan utama dari pengembangan IoT adalah mengenai masalah keamanan. Bukannya tidak mungkin juga bila mesin-mesin tersebut dibajak oleh oknum untuk kepentingan mereka yang tidak pantas. Itukah mengapa perlu sistem keamanan tinggi. Pengembangan IoT juga perlu biaya tinggi dan tidak selalu memberikan hasil yang memuaskan.

internet of things

 

Manfaat dari Internet of Things (IoT)

Tadi memang sudah dijelaskan secara singkat manfaat dari IoT. Namun sebenarnya manfaat dari teknologi ini jauh lebih luas lagi. Bahkan suatu hari nanti seluruh perkakas akan dapat diatur menggunakan IoT. Memang belum terealisasi saat ini, tetapi seluruh perusahaan teknologi sedang berusaha menuju kesana. Beberapa manfaat dari Internet of Things diantaranya:

  1. Konektivitas

Manfaat pertama yang ditawarkan IoT adalah konektivitas yang memungkinkan untuk menghubungkan dan mengoperasikan perangkat secara otomatis. Kamu bisa mengucapkan selamat tinggal dalam waktu cepat atau lambat pada mesin yang dioperasikan secara manual.

Hal ini sudah mulai direalisasikan dengan kemunculan industri 4.0. Suatu saat kamu bisa mengoperasikan semuanya melalui smartphone. Hanya dengan mesin sekecil genggaman kamu, semua pekerjaan bisa terselesaikan dengan baik.

Internet of things

  1. Memberikan Kemudahan

IoT dapat memberikan kemudahan bagi manusia, sehingga suatu pekerjaan dapat diselesaikan tanpa memerlukan bantuan manusia. Misalkan saja smart refrigerator, pembersih lantai otomatis, dan lain sebagainya.

Smart refrigerator memungkinkan kamu untuk menyusun ulang item berdasarkan persetujuan kamu. Sedangkan pembersih lantai otomatis bisa membersihkan tanpa ada orang yang mengoperasikannya. Tidak perlu lagi merekrut orang untuk bersih-bersih lantai rumah.

  1. Lebih Efisien

Kamu bisa meningkatkan hasil kinerja berkat adanya mesin yang memiliki konektivitas dengan mesin lain. Ada banyak pekerjaan bisa selesai hanya dalam tenggat waktu singkat saja. Misalkan saja asisten Alexa dan Apple’s Homepod bisa membantu kamu dalam menyelesaikan berbagai pertanyaan tanpa harus kamu menghidupkan laptop maupun mengangkat telepon.

Perangkat Canggih Memanfaatkan IoT

Beberapa perangkat kini sudah memanfaatkan IoT dan bisa dimiliki secara komersial oleh banyak orang. Mungkin ada juga perangkat yang sebenarnya sudah lama kamu tunggu-tunggu dan berguna bagi keperluan sehari-hari. Contoh dari perangkat tersebut dapat kamu lihat berikut:

  1. Nest Smart Thermostat

Perangkat pertama yang memanfaatkan IoT dan akan dibahas adalah Nest Smart Thermostat. Nest dapat belajar mengenai segala rutinitas yang tuannya lakukan. Perangkat canggih tersebut dapat mengubah suhu udara kamar secara otomatis. Saat udara di luar rumah sangat panas, maka Nest akan mengatur agar udara di dalam rumah menjadi sejuk.

Nest juga akan mengatur hal sebaliknya saat suhu udara di luar rumah menjadi dingin. Berkat Nest orang yang memilikinya dapat lebih menghemat tagihan listrik dan pemiliknya akan dapat mengatur perubahan suhu juga secara manual saat berada di luar rumah.

  1.  Adapter Otomatis dari Car Tracking

Kamu berkeinginan untuk melakukan pelacakan terhadap mobil kamu, maka bisa diwujudkan dengan menggunakan adapter canggih ini. Perangkat yang memanfaatkan IoT ini bisa membantu kamu mengetahui jarak tempuh, biaya bahan bakar, lokasi, seberapa efisien bahan bakar, dan penggerak jam.

Bahkan adapter tersebut juga menawarkan fitur konektivitas dengan aplikasi lain kepada pemiliknya. Ada banyak sekali masyarakat sekarang yang memanfaatkan teknologi adapter ini.

Baca juga : apa itu Sky scanner

  1. August Smart Lock

Perangkat berikutnya yang memanfaatkan IoT adalah August Smart Lock. Perangkat ini memungkinkan pemiliknya untuk melakukan penguncian dan membuka kunci secara otomatis menggunakan aplikasi smartphone.

Pemiliknya bisa saja memberikan kunci kepada orang lain agar bisa mengakses rumah dan mengatur batas expire-nya. Sebagian besar teknologi penguncian serupa sudah dipakai di pintu yang ada di apartement di Korea. Kamu juga akan sering menemukan teknologi sejenis ini yang ada di beberapa apartemen ibu kota kita.

  1. Smart Home

IOT

Kamu ingin memiliki rumah serba otomatis dan memiliki kemampuan mengatur banyak perangkat dalam rumah, maka kamu perlu Smart Home. Rumah tersebut memungkinkan kamu melakukan pengaturan lampu hidup atau mati, mengawasi kondisi rumah melalui CCTV, dan lain sebagainya. Semua bisa dilakukan hanya dengan melalui genggaman kamu.

Sebagian besar masyarakat yang menggunakan smart home berada di luar negeri yang memiliki 4 musim. Pemilik rumah akan dapat melakukan pengaturan suhu udara ruangan dan mengatur semua fitur yang ada dengan menggunakan smartphone juga. Saat kamu buru-buru dan tidak ingat sudah mengunci pintu maupun jendela, bisa kamu lihat statusnya melalui smartphone.

 

Jika Kalian ingin membeli peralatan komputer yang menyediakan berbagai macam produk komputer, pc, notebook, server dan aksesoris lengkap dengan jaminan barang resmi dan original kalian bisa membelinya di yolori.com, Tempat Beli Komputer  dan Toko Komputer  terlengkap !

Di toko yolori.com ini juga menyediakan peralan yang untuk membuat IOT sendiri dirumah.

 

Sulthon
Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *