Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Malware Adalah Masalah Serius pada Komputer, 100% Wajib Tahu !

3 min read

Malware Adalah Masalah Serius pada Komputer, 100% Wajib Tahu !

Malware Adalah Masalah Serius pada Komputer – Tidak semua software yang beredar di internet bersifat baik dan ada oknum yang merancangnya untuk tujuan buruk. Software tersebut sudah pasti bisa berbahaya bagi komputer atau berbahaya terhadap informasi dari identitas diri pemilik komputer. Saat kamu mendapati ada yang aneh dengan komputer, mungkin itu malware dan malware adalah masalah serius pada komputer.
Kamu perlu cepat-cepat untuk menghilangkan malware sebelum menjadi-jadi di komputer kamu. Setiap malware memiliki tujuan berbeda. Ada yang dirancang untuk mencuri data, ada yang dipakai untuk menyusup, dan ada yang diciptakan merusak data komputer. Intinya tidak ada manfaatnya terdapat malware dalam komputer.

Malware Adalah?

Malware Adalah Masalah Serius pada Komputer, 100% Wajib Tahu !

Malware merupakan singkatan dari malicious software. Malware adalah software yang dirancang secara intensif menyebabkan kerusakan pada komputer, server maupun jaringan. Sudah pasti apapun jenisnya, malware harus cepat-cepat dihilangkan. Malware ini juga dapat diartikan sebagai software berisikan kode berbahaya.
Ada banyak jenis malware dan yang paling berbahaya adalah malware yang memungkinkan cracker mencuri informasi rahasia atau memata-matai komputer yang menjadi inangnya.
Jika ini terjadi pada komputer perusahaan, maka bisa memberikan dampak yang fatal. Malware ini dapat menyusup ke komputer secara diam-diam agar tidak terdeteksi.

Baca juga : Tutorial google web master tools
Bahkan, malware bisa saja bertahan dalam lama waktu hingga beberapa periode sampai akhirnya sang pemilik menyadarinya. Ada juga malware yang menyamar dengan kedok software yang bersih, sehingga sulit terdeteksi oleh anti-malware. Terdapat banyak jalan dimana malware bisa masuk secara diam-diam, seperti melalui email, download software gratis, dan lain-lain.
Macam-macam nama Malware juga menjadi semakin bervariasi dari tahun ke tahun. Itulah mengapa melakukan update anti-malware terpercaya perlu dilakukan terus-menerus. Anti—malware yang tidak diupdate bisa saja meloloskan dan membiarkan malware tetap berada di komputer saat melakukan scanning.
Parahnya lagi bila pada akhirnya anti-malware yang tidak diupdate terjangkit malware. Pastikan kamu selalu memakai anti-malware terpercaya, sehingga tidak tertipu. Ketika asal-asalan pilih anti-malware dan melakukan install, bisa-bisa justru itu adalah malware.

Beberapa Jenis Malware

Hampir setiap masyarakat sekarang memiliki laptop atau komputer di rumah. Tidak peduli siapapun itu, intinya kamu harus paham mengenai betapa bahaya-nya malware dan perlu untuk segera menghilangkannya. Malware sendiri ada banyak jenisnya dan kamu bisa mengetahui jenisnya dibawah ini.

1. Virus

Virus komputer sudah ada sejak tahun 1970-an dan ciri utama dari virus ini adalah replikasi diri pada bagian dalam komputer. Setelah mereplikasi program-nya sendiri, virus akan mulai menyebar ke bagian komputer. Ciri khas dari virus ini juga adalah selalu bersembunyi, sehingga tidak mudah untuk mendeteksinya tanpa menggunakan program antivirus.
Itu saja juga harus selalu mengupdate anti-virus. Bila tidak mengupdate sebuah antivirus, ia juga tidak akan mampu mendeteksi virus yang baru. Virus ini memang hanya merupakan kode, tetapi ada juga jenis virus yang memiliki daya rusak sangat tinggi.
Biasanya virus ini memerlukan interaksi dengan pengguna komputer untuk bisa memperbanyak programnya. Virus sendiri juga ada banyak jenisnya tergantung pada lokasi mereka. Beberapa kategori virus berdasarkan lokasinya yakni binary executables, file data, atau boot sector.

2. Worm


Malware yang dapat menular masuk dalam kategori worm. Software ini secara mandiri dapat bereplikasi tanpa ada target yang jelas dan mulai menginfeksi file tertentu yang sudah berada di komputer. Program ini berukuran sangat kecil dan didesain untuk menghancurkan data yang ada di dalamnya.
Walaupun ada juga worm yang menargetkan sistem operasi atau membuat drive menjadi kosong. Tentunya ada perbedaan yang jelas antara virus dan worm dari prinsip kerjanya. Virus mampu memasukkan diri ke dalam file, tetapi worm hanya bisa masuk dalam komputernya. Cara masuk worm ke komputer bisa melalui email maupun iklan pop up.
Ada banyak juga worm yang dirancang hanya melintasi sistem saja. Jenis ini tidak akan berbahaya terhadap sistem operasi, tetapi dapat membuat jaringan menjadi lambat. Beberapa contoh nama worm adalah Melissa, Morris, Mydoom, Sasser, Blaster, dan Myife.

Baca juga : apa itu Internet of things

3. Trojan Horses

Trojan horses termasuk Malware Adalah, Trojan horse merupakan sebuah software jahat yang menyamar menjadi software baik di komputer pengguna. Trojan akan terus membujuk pengguna untuk melakukan install terhadap software tersebut di komputer. Istilah Trojan sendiri berangkat dari cerita jaman Yunani kuno yang menggunakan patung kuda kayu untuk menyerang kota Troy dalam diam.
Prinsip kerja dari Trojan mirip dengan cerita tadi terhadap komputer pengguna. Saat ini Trojan masuk dalam malware berbahaya tingkat tinggi, karena ada yang mampu mencuri data finansial pemilik komputernya. Sebagian besar Trojan berbahaya, karena menyamar menjadi antivirus. Beberapa contoh Trojan horses yang terkenal adalah Magic Lantern, FinFisher, Warrior Pride, dan lain-lain.

4. Rootkits

Jenis malware berikutnya adalah Rootkits yang mana merupakan software yang didesain mengumpulkan informasi dari komputer inangnya. Hampir seluruh rootkits bekerja di bagian latar belakang dari komputer. Hal ini membuat ada banyak sekali pengguna komputer yang tidak menyadari bahwa komputernya sudah terjangkiti Rootkits.
Sebagian besar Rootkits dimanfaatkan hacker untuk mencoba masuk ke sistem. Bisa diinstal secara otomatis oleh penyerang saat sudah mendapatkan hak administrator. Menghilangkan Rootkits hampir tidak mungkin, terutama saat malware ini sudah masuk ke dalam kernel sistem operasi. Satu-satunya jalan adalah install ulang sistem operasi.

5. Browser Hijacker

Malware Adalah Masalah Serius pada Komputer, 100% Wajib Tahu !
Malware juga ada yang bisa mengubah software browser menjadi berperilaku anomali, sehingga bisa dikendalikan hacker. Malware sebagian besar menyebabkan adanya penempatan iklan yang tidak diinginkan di browser. Mungkin saja browser hijacker ini mengubah homepage menjadi lama hacker.
Ada sebagian browser hijacker yang memaksa pemilik komputer untuk datang mengunjungi suatu website tanpa persetujuan pemilik. Malware ini dirancang untuk memberikan hijacker pundi-pundi uang besar melalui iklan. Biasanya malware seperti juga masuk dalam kategori spyware untuk mendapatkan informasi bank maupun data yang sensitif.
Pentingnya Menggunakan Anti-Malware
Anti-malware bisa didefinisikan sebagai software yang mampu mendeteksi dan menghapus malware dari suatu sistem. Untuk mencegah terjangkitnya komputer kamu terhadap sejumlah malware, maka kamu perlu menggunakan anti-malware. Setiap file dan software yang ditambahkan ke komputer pengguna akan dipindai anti-malware.
Kebanyakan anti-malware saat ini bekerja secara online, sehingga daftar software malware dapat terus diupdate dan anti-malware dapat mengenali malware untuk dihapus. Saat anti-malware tidak dapat mengidentifikasi suatu file berbahaya atau tidak berbahaya, maka file akan dimasukkan ke sandbox.
Sandbox sendiri merupakan sebuah lingkungan yang terpisah dari host sistem operasi, sehingga file tersebut tidak bisa berbahaya bagi sistem operasi. Kamu juga tidak boleh sembarangan install anti-malware, karena bisa jadi itu adalah malware.

Kesimpulan

Beberapa faktor sudah kami jelaskan bahwa Malware Adalah salah satu jenis virus komputer, oleh sebab itu pastikan untuk menggunakan anti-malware yang terpercaya, seperti IObit Malware Fighter, Malwarebytes Anti-Malware, Hitman Pro, Norman Malware Cleaner, dan lain-lain. Masing-masing dari anti-malware punya kelebihan masing-masing. Kamu perlu untuk survei dahulu dengan mengetahui seluruh spesifikasinya.

Sulthon
Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *