Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

5 Mata Uang Digital Yang Wajib Kamu Ketahui

2 min read

mata uang digital

Pesatnya ragam aktivitas, interaksi dan transaksi di dunia digital membuka kesempatan munculnya mata uang digital. Meski belum semua orang familiar dengan keberadaannya, kita mungkin tidak sadar sudah menjadi bagian dari penggunanya. Fungsi utama dari mata uang digital adalah sebagai media pertukaran secara aman dan terferifikasi.

Cryptocurrency merupakan istilah lain dari mata uang digital atau mata uang virtual. Dalam penggunaannya, mata uang ini menggunakan kriptografi untuk penjagaan keamanan, verifikasi data, serta kontrol penciptaan mata uang digital baru. Adapun tempat pencatatan transaksinya menggunakan teknologi blockhain.

cryptocurrency

Singkatnya, blockchain merupakan catatan berupa daftar dalam bentuk kriptografi yang disebut dengan blok. Data ini tersimpan dalam satu jaringan sehingga terus bertambah dan saling terhubung. Cara penyimpanan data semacam ini akan mencegah dari ekspoloitasi pertas maupun risiko gagal transaksi di pusat. Setiap terjadi transaksi, blok akan dikirim ke jaringan dan ditambahkan ke blockchain. Ini menjadi penanda transfer uang valid dan data sudah tidak bisa diubah lagi.

Seperti juga di kehidupan nyata yang munya beragam mata uang, di dunia maya pun terdapat sejumlah Cryptocurrency yang bisa Anda beli di Pasar Uang Digital. Kami tidak akan memperkenalkan semuanya, tapi hanya beberapa yang nilainya tertinggi saja. Berikut ini uraiannya:

  1. Bitcoin

bit coin

Nilai mata uang yang satu ini cukup tinggi dan penggunaannya di dunia maya pun sangat populer. Pada 2017, harganya bahkan mencapai di atas Rp 200 juta. Seperti juga mata uang lainnya, nilai kurs Bitcoin berubah-ubah dari hari ke hari, tapi tetap konsisten tinggi hingga kini. Bitcoin pertama kali dibuat pada 2009 oleh seseorang yang menggunakan nama alias Satoshi Nakamoto.

Tingkat penggunaan Bitcoin cukup tinggi disebabkan penggunaannya yang bebas repot. Ketika Anda melakukan transaksi online, Anda tidak perlu menggunakan perantara, dalam hal ini Bank. Tapi seperti amta uang lainnya, ia bisa berfungsi dinamis untuk ragam pembayaran berbasis online seperti memesan hotel, beli game atau berbelanja ragam produk lainnya via online.

  1. Maker

Maker

Maker atau disingkat MKR dibuat oleh MakerDao yang dipimpin oleh Rune Christensen. Ia  merupakan mata uang digital yang diserupakan dengan platform kontrak. Maker secara umum berfungsi sebagai pelindung nilai uang koin yang beredar di pasar agar stabil. Sistem yang ditawarkan oleh Maker disebut Stablecoin yang secara transparan bisa dicek oleh blockchain Ethereum.

  1. Bitcoin Cash

bit coin cash

Mata uang yang merupakan cabang dari Bitcoin ini dibuat pada 2017. Keberadannya mampu meningkatkan lebih banyak lagi proses transaksi keuangan digital sehingga ukuran blok pun meningkat dari 1 MB menjadi 8 MB. Ke depannya, Bitcoin Cash diagendakan mampu meluaskan jangkauan transaksi sehingga bisa bersaing dengan PayPal dan Visa.

  1. Ethereum

eretheum

Mata uang digital ini kerap disamakan dengan Bitcoin, padahal keduanya memiliki perbedaan yang mendasar dari segi teknis, substansi dan kemampuannya. Keduanya sama-sama merupakan jaringan blockchain publik yang didistribusikan. Tapi secara teknis, Bitcoin memungkinkan pembayaran tanpa perantara, sementara blockchain Ethereum fokus pada kode pemrograman. Dalam hal ini, kode dari Setiap aplikasi yang didesentralisasi akan dijalankan oleh Ethereum.

  1. Mixin

Ini merpakan Alat tukar digital yang berfungsi menghubungkan blockchain yang tersedia lalu memverifikasi transaksi aset. Seperti Bitcoin, Mixin berbentuk jaringan yang terdistribusi secara peer-to-peer. Untuk masuk ke dalam jaringan, Anfa perlu menggunakan aplikasi khusus yang harus diunduh terlebih dahulu melalui App Store untuk iOS dan Google Play untuk Android.

 

Setelah menginstall aplikasinya, Anda bisa bergabung dalam jaringan sebagai full node kernel. Modal awal yang harus dimiliki minimal 10 ribu XIN. Setelah memenuhi persyaratan, akan muncul tidak lebih dari 50 node kernel yang bertanggung jawab memvalidasi transaksi. Jumlah maksimum pasokan token pada XIN atalah satu juta dengan persediaan yang sudah beredar hingga kini sekitar 439.109 token.

Itulah tadi penjelasan seputar lima alat tukar digital yang nilainya paling mahal dan eksistensinya paling populer. Untuk lebih memahaminya, perlu dilakukan pembelajaran lebih lanjut, bahkan jika perlu, Anda bisa mulai menggunakannya untuk ragam transaksi digital. Anda juga bisa menabung atau berbelanja mata uang tersebut di cryptocurrency market.

Sekilas informasi, mulai 2018 terjadi penurunan dan ketidakstabilan harga cryptocurrency disebabkan banyak negara yang menolak untuk menggunakannya. Di antara mata uang yang kena dampak adalah bitcoin yang nilainya terikikis seperempat dari pencapaian tertingginya.

Demikianlah informasi seputar mata uang digital yang merupakan dampak dari teknologi blackhain. Apakah Anda merupakan salah satu pengguna mata uang digital, atau mungkin Anda sudah menabung dengan menggunakan cryptocurrency?

Apapun langkah Anda di bidang keuangan, baik yang nyata maupun yang maya, iringilah tindakan tersebut dengan segenap kewaspadaan agar terhindar dari kerugian. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita dalam mengenal teknologi baru di dunia digital.

 

Sulthon
Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *