Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Niche Adalah Hal Penting Agar Bisnis Lancar

3 min read

Niche Adalah Hal Penting Agar Bisnis Lancar

Dalam sebuah bisnis ada yang dinamakan niche market dan kamu pasti tidak asing mendengar kata “niche”. Hanya saja memang sebagian besar orang masih belum paham apa itu niche, niche market, dan niche marketing. Semua istilah tersebut sudah pasti berkaitan dengan cara-cara terbaik dalam membangun bisnis kamu dan niche adalah hal wajib yang harus kamu pahami.

Kamu yang ingin memulai bisnis dengan anggaran tidak besar perlu memiliki niche khusus. Para pelanggan yang sudah tahu brand kamu akan datang saat memerlukan produk atau layanan yang kamu sediakan. Pembahasan berikut akan dimulai dari penjelasan niche, kemudian baru akan dilanjutkan ke berbagai pembahasan lain.

Niche Adalah Hal Penting Agar Bisnis Lancar

Nice adalah ?

Niche adalah suatu rangkaian kata yang difokuskan untuk mencapai target tertentu.

Sedangkan pengertian niche menurut Wikipedia adalah bagian dari sektor pemasaran yang fokus dan punya target. Kalau mengenai target sudah pasti berkaitan tentang bagaimana membuat konsumen berdatangan dan mau beli apa yang dijual. Berkat arti itulah, kata niche sering dipakai dalam pemasaran dari suatu brand yang dijual.

Melihat dari sejumlah pembahasan mengenai niche dapat disimpulkan bahwa niche merupakan topik yang berfokus dan tidak membahas topik lainnya. Mirip dengan topik utama dari suatu website maupun blog. Misalkan saja, si A menjual produk A dan website yang dipakai sudah pasti berkaitan dengan produk A dan sama sekali tidak membahas produk B.

 

Pengertian Niche Market

Kamu sudah paham tentang arti dari kata niche, sekarang saatnya kamu mempelajari apa itu niche market. Definisi niche market merupakan suatu pasar yang berfokus pada satu jenis produk atau layanan. Contohnya adalah produsen smartphone terkenal Xiaomi mengeluarkan smartphone Xiaomi Redmi Note 9 yang target utama penggunanya berada di wilayah Asia.

Alhasil Xiaomi Redmi Note 9 memiliki kamera dengan piksel tinggi dan spesifikasi lain juga mengikuti gaya hidup orang Asia yang suka berfoto, main game, dan lain-lain. Intinya niche market berfokus memberikan produk atau layanan yang ditargetkan untuk pengguna tertentu.

Definisi Niche Marketing

Pembahasan selanjutnya yang masih berhubungan dengan niche yaitu niche marketing. Definisi dari niche marketing adalah pemasaran yang terarah sesuai dengan niche adalah yang diangkat penjual. Sisanya kamu akan memahami tentang cara marketing memasarkan produk maupun layanan tertentu.

Berbagai Cara Memasarkan Niche Market

Berkat adanya internet pemasaran tersebut bisa menjangkau pengguna di seluruh dunia. Jangkauan luas tersebut memungkinkan kamu dalam melakukan penjualan yang sangat banyak jumlahnya. Kamu akan bisa mewujudkan angka penjualan tinggi dengan menggunakan beberapa metode khusus ini.

·       Menemukan Niche Market yang Sesuai

Riset potensi produk atau layanan harus terus dilakukan demi mengetahui target pasar yang potensial. Cara termudah memasarkan produk atau layanan adalah bergabung dalam forum-forum maupun grup-grup yang memiliki minat sama. Ini akan membuat kamu lebih hemat waktu dengan hasil yang maksimal.

Misalkan saja kamu jualan aplikasi game, sudah pasti forum dan grup yang kamu masuki semua berkaitan dengan dunia game. Sekumpulan forum dan grup memudahkan kamu berinteraksi dengan seluruh anggota di dalamnya yang siapa tahu berminat terhadap aplikasi game yang kamu tawarkan.

Pastikan kamu ikut dalam komunitas, forum, dan grup yang anggotanya aktif. Kamu juga bisa melakukan riset permintaan pasar dengan menggunakan keyword tertentu dan mencari melalui Twitter. Semakin banyak data yang kamu kumpulkan hasil riset permintaan bisa semakin akurat. Alhasil kamu bisa berjualan produk dan layanan yang tepat memiliki banyak konsumen.

·       Menawarkan Produk atau Layanan Sesuai Niche Adalah Market

Setiap niche market memiliki ciri khas masing-masing yang unik. Pahami secara hati-hati mengenai keunikan dari setiap niche bisnis tersebut agar bisa menghasilkan angka penjualan tinggi. Ingat bahwa setiap permintaan pasar adalah unik atau spesifik terhadap suatu produk maupun layanan.

·       Mengetahui Cara Komunikasi yang Tepat

Niche adalah hal yang penting, tetapi cara kamu berkomunikasi dengan klien adalah yang utama juga. Coba untuk menjelaskan produk maupun layanan secara lebih mendetail. Komunikasi yang detail bisa dilakukan dengan menambahkan kata kunci tertentu. Pakai bahasa yang menjual dan diplomatis. Misalkan saja gunakan kata harga kompetitif dan terjangkau daripada murah.

·       Jadi Ahli Mengenai Niche

Kamu yang sudah memilih suatu niche perlu mempelajari secara mendalam tentang niche yang sudah dipilih. Ingat bahwa niche berarti fokus pada target, sehingga kamu juga harus demikian. Sebagian besar masyarakat saat ini menyukai opini yang dikeluarkan oleh orang yang ahlinya dalam suatu bidang atau niche. Hal tersebut dapat dimanfaatkan

Keuntungan Menggunakan Niche pada Website atau Blog

Menerapkan niche pada blog maupun website ada gunanya. Itulah mengapa para marketing juga menggunakan niche dalam suatu blog atau website. Pastinya blog atau website tersebut akan fokus membahas tentang apa yang menjadi niche, agar bisa mendapatkan beberapa keuntungan berikut.

·       Pembahasan Menjadi Fokus

Niche market memberikan batasan yang jelas terhadap produk dan layanan yang kamu tawarkan. Penggunaannya akan membuat kamu belajar tentang niche tersebut secara mendalam. Dengan kata lain, pembahasan yang fokus akan membuat kamu menjadi ahli dalam hal niche tersebut.

·       Diakui Google dan Menjadi Prioritas Pencarian

Niche itu unik dan biasa diterapkan dalam sebuah blog maupun website. Penerapannya dan didukung konten menarik bisa membuat Google mengakui keunikan tersebut. Alhasil blog maupun website kamu akan menjadi prioritas utama dalam pencarian.

·       Mudah Dikaitkan dengan SEO

Blog dan website yang sudah menggunakan suatu niche akan menjadi lebih mudah dilakukan pengaturan sesuai kriteria SEO. Pembahasan yang terfokus pada suatu target memudahkan penentuan keyword yang tepat juga bukan dan keyword tersebut merupakan salah satu metode SEO.

Macam-Macam Niche

Kamu juga perlu paham bahwa niche itu ada banyak macamnya. Masing-masing niche memiliki ruang lingkup berbeda. Apa saja macam-macam niche tersebut, kamu bisa tahu dengan membaca penjelasan di bawah ini.

  • Whole niche

Niche yang paling terkenal yaitu whole niche. Pembahasan dengan menggunakan niche ini memiliki ruang lingkup yang menyeluruh dari topik yang dibawa.

  • Themed niche

Niche selanjutnya adalah themed niche yang mana berfokus pada topik tertentu dengan tidak melakukan pembahasan terhadap topik lain yang berkaitan dengan topik utama.

  • Broad niche

Niche yang berikutnya yakni broad niche merupakan niche yang hanya sedikit berbeda dari whole niche. Perbedaan hanya terletak pada pembahasan tidak mengenai keseluruhan bagian topik dan hanya mengambil sebagian besarnya saja.

  • Micro niche

Niche yang terakhir dan banyak diterapkan pemilik usaha adalah micro niche. Pada niche yang satu ini pembahasan topik dilakukan dalam ruang lingkup topik yang lebih sempit dari niche-niche lainnya. Niche ini sangat terarah, detail, dan sempit.

 

 

Sulthon
Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *