Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Ukuran Kartu Nama dan Bahannya yang Perlu Diketahui

3 min read

Ukuran Kartu Nama dan Bahannya yang Perlu Diketahui

Ukuran Kartu Nama – apakah anda punya kartu nama? Yuph, kartu nama merupakan salah satu hal yang tidak asing lagi disekitar kita. Kartu nama ini dikenal sebagai identitas baik itu personal maupun perusahaan. Tentu kartu nama ini mempunyai peranan penting dalam dunia bisnis.

Nah, sebelum membahas lebih lanjut mengenai ukuran kartu nama, perlu untuk memhami definisi kartu nama terlebih dulu. Kartu nama memuat informasi mengenai data pribadi maupun perusahaan. Adapun informasi yang terkandung dalam kartu nama pun biasanya berkisar nama, telepon, alamat rumah atau alamat kantor.

Kartu nama tentu berbeda dengan KTP, SIM atau kartu identitas khusus yang lainnya. Biasanya kartu ini dibuat untuk kebutuhan bisnis yang mana biasanya berhubungan dengan banyak orang dan kolega. Tentu dalam bisnis, kartu nama ini memegang peranan penting dan sangat diperlukan.

Oleh karena itu, dalam membuat kartu nama ini perlu diperhatikan termasuk, bentuk dan bahan kartu nama yang sesuai. Ukuran kartu nama dan bahannya ini tidak boleh sembarangan loh, mengingat kartu nama merupakan representasi awal dari diri anda atau perusahaan anda.

Kegunaan Kartu Nama

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa kartu nama ini mempunyai kegunaan, khususnya dalam dunia bisnis. Biasanya ialah perusahaan atau orang yang ingin mengenalkan bisnisnya kepada orang lain. Kartu nama memegang peranan yang penting  yang mana mudah untuk disimpan, serta memuat info-info penting mengenai diri atau perusahaan kita.

Secara umum, kegunaan kartu nama bisa dijelaskan sebagai berikut:

  • Untuk personal branding yang ekslusif namun tetap simpel dan praktis
  • Memuat profil diri atau perusahaan secara ringkas
  • Menunjukkan kesan professional, khususnya kepada kolega atau calon klien anda.

Baca juga : Cara Mengecilkan Ukuran File PDF Dengan Mudah

Macam-macam Ukuran Kartu Nama

Tentu berbicara mengenai kartu nama ini, ukuran menjadi hal yang harus diperhatikan. Jangan sampai terlalu besar ataupun sebaliknya. Ukuran kartu nama ini memang sudah mempunyai standard-nya, bahkan setiap Negara mempunyai standard ukuran masing-masing. Satu sama lain bisa berbeda-beda. Sebagai contoh di Eropa bentuk kartu nama yang standard dan ideal adalah seukuran dengan kertas A8.

Ukuran Kartu Nama dan Bahannya yang Perlu Diketahui

Dengan kata lain, tiap Negara mempunyai standard ukuran kartu nama yang berbeda-beda juga. Berikut ialah standard ukuran kartu nama di beberapa Negara:

1.    Standard Ukuran Kartu Nama Indonesia

Ada dua ukuran kartu nama standard yang umumnya digunakan di Indonesia yang pertama ialah ukuran 8,8 X 5,3 cm sementara yang kedua ukurannya 9.0 X 5,5 cm. Ukuran  tersebut merupakan bentuk standard dan ideal yang digunakan di Indonesia. Ukuran tersebut tidak terlalu besar juga tidak terlalu kecil.

Informasi mengenai perusahaan pun juga bisa dituangkan dengan beraneka ragam font dan desain namun tetap bisa dibaca. Selain itu, ukuran tersebut juga cukup mudah masuk ke kantong atau dompet tanpa harus merusak kartunya.

Ternyata ukuran-ukuran di atas, tidak hanya merupakan ukuran standard di Indonesia saja, namun juga beberapa Negara yang lainnya, termasuk Vietnam, India, Taiwan, Australia dan beberapa Negara yang lainnya.

2.    Standard Ukuran Kartu Nama Jepang

Jepang juga mempunyai standard kartu nama sendiri. Dibandingkan dengan standard kartu nama di Indonesia, ukuran di Jepang cenderung lebih besar, dengan ukuran 9,1 X 5,5 cm. meskipun selisih ukurannya hanya kurang dari 1 cm saja ya. Namun secara umum lebih besar dari standard di Indonesia.

3.    Standard Ukuran Kartu Nama United Kingdom (UK)

Standard Ukuran kartu nama di negera UK juga berbeda dengan Negara lainnya. Ukuran kartu namanya cenderung lebih kecil baik dibandingkan dengan di Indonesia maupun di Jepang. Standard ukuran kartu nama di UK ialah 8,5 X 5,5 cm. selisihnya dengan keduanya juga tidak berbeda jauh.

Baca juga : Tips Cara Convert PDF ke Word Dengan Mudah

Jenis Bahan Kartu Nama

Hal yang perlu anda perhatikan dalam pembuatan kartu nama ialah bahan kertasnya. Jika berbicara mengenai bahan kartu nama, maka ada beberapa bahan yang sering digunakan untuk membuat kartu nama dan diantaranya ialah sebagai berikut:

1.    Art Carton/ Art Paper

Ini jenis bahan  kartu yang banyak digunakan untuk membuat kartu nama. Kartu nama ini mempunyai ketebalan yang cukup, 260 gsm. Permukaan kartunya pun juga mengkilat dan sedikit licin. Hal itu membuat kartu nama ini sukar untuk ditulisi menggunakan bolpen. Jika anda suka dengan kartu nama yang full color, maka Art Carton ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Begitu juga dengan anda yang ingin kartu namnanya dilaminasi glossy atau doff, jenis bahan ini juga menjadi pilihan yang tepat.

Hanya saja, jika anda ingin penerima kartu nama anda bisa mencatat sesuatu di kartu nama tersebut, maka lebih baik anda menghindari pemilihan bahan kartu ini. Oleh karena itu, pastikan bahwa semua informasi sudah tertuliskan di kartu sebelum dicetak agar tidak timbul pertanyaan.

2.    Kertas 250 GSM

Ini bahan kartu nama lainnya yang juga banyak digunakan. Ciri-cirinya seperti kertas manila putih, agak kaku, tidak mengkilat dan mudah ditulisi. Biasanya kartu nama dengan bahan ini hanya satu tampilan saja, yang mana belakangnya berwarna putih.

Pilihan bahan ini sangat cocok bagi anda yang ingin penerima bisa mencatatkan sesuatu dibalik kartu nama tersebut, apakah telpon, atau informasi lainnya yang tidak ada di kartu nama.

3.    Mohawk Option

Kertas ini mempunyai ketebalan atau berat 250 gsm. Mempunyai karakter yang mirip dengan kertas BW, teksturnya halus. Namun mempunyai kelebihan menyerap tinta yang lebih baik sehingga hal tersebut jugu akan membuat hasil cetak juga lebih baik.

  1. Jenis kertas ini juga bisa dicetak dikedua sisi kartu nama. Merupakan pilihan yang cocok bagi anda yang ingin berkreasi lebih dengan kartu nama yang akan anda buat.

5.    Linen Jepang

Mempunyai ukuran 250 gsm dan dikenal dengan sebutan kertas local yang mempunyai ciri khas garis-garis baik vertical maupun horizontal. Bagi anda yang ingin kartu nama yang sederhana namun tetap terlihat professional, maka menggunakan kertas jenis ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Tinggal diberikan sentuhan desain yang minimalis maka akan membuat personal branding yang luar biasa.

6.    Linen Holland

Ukurannya juga 250 gms dan tergolong kertas impor yang juga hampir mirip dengan linen jepang. Hanya saja yang membedakan ialah teksturnya yang lebih tebal, lebih putih dan juga lebih halus. Bagi anda yang ini kartu namanya terkesan ekslusif, maka memilih bahan ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Nah, itulah informasi mengenai ukuran kartu nama dan bahan-bahannya yang bisa anda ketahui. Tentu ketika anda ingin membuat kartu nama perhatikan setidaknya dua hal tersebut agar tidak salah pilih dan membuat kesan kurang professional. Semoga bermanfaat!

 

Sulthon
Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *