Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

5+ Tools Instagram Yang Wajib Kamu Gunakan

3 min read

tools instagram 5

5+ Tools Instagram Yang Wajib Kamu Gunakan – Saat ini, platform media sosial telah makin menjamur. Salah satu platform yang memiliki banyak pengguna di dunia ialah Instagram. Dengan demikian, Instagram juga memiliki potensi besar bagi sirkulasi bisnis berbasis digital.

Seiring perkembangannya, Instagram telah dilengkapi dengan banyak fitur yang dapat melayani kebutuhan Anda. Fitur-fitur tersebut yang dapat menjadi cara untuk mengoptimalkan kinerja dari akun Instagram Anda, baik untuk mempercantik foto atau video, untuk menambah followers, atau untuk menambah like bagi konten yang Anda posting.

Artikel ini akan coba untuk memaparkan bagaimana potensi bisnis yang terkandung dalam Instagram. Kemudian, artikel ini juga akan dilanjutkan dengan membahas beberapa jenis tools Instagram yang dapat Anda gunakan.

Potensi Pasar di Instagram

Instagram sendiri merupakan platform media sosial yang dapat digunakan untuk menampilkan foto atau video mengenai aktivitas pribadi atau untuk hiburan. Selain itu, Instagram juga telah dimanfaatkan sebagai ruang untuk menjalankan aktivitas bisnis.

tools instagram 3
Sumber gambar exabytes

Dilansir dari tekno.kompas.com (2019), pada penghujung tahun 2019 saja tercatat bahwa pengguna aktif bulanan Instagram di dunia mencapai jumlah 1 miliar. Sementara itu, dalam waktu yang sama, pengguna aktif bulanan Instagram di Indonesia mencapai 61.610.000.

Jumlah pengguna tersebut, hingga saat ini, masih terus mengalami peningkatan. Inilah yang menjadi alasan mengapa Instagram dianggap menyimpan potensi besar yang menjanjikan bagi aktivitas bisnis digital.

Baca Juga : Bisnis Startup tersukses di Dunia

Karena itulah kita dapat menyaksikan makin menjamurnya beragam jenis toko online yang menawarkan varian produk, dari mulai fashion, kuliner, hingga penyedia jasa pemandu wisata.

tools instagram 1
Sumber hootsuite

Para pelaku toko online saling berlomba untuk menggunakan media sosial ini sebagai medium pemasaran bagi brand, produk, hingga profil perusahaan. Cara yang mereka lakukan untuk menarik minat para konsumen ialah dengan mengoptimalkan foto, video, feed profil akun, hingga membangun interaksi dengan konsumen melalui pesan langsung atau kolom komentar.

Namun tidak jarang untuk memudahkan penerapan dari cara-cara tersebut, mereka juga menggunakan bantuan dari beragam tools Instagram yang tersedia.

Jenis-Jenis Tools Instagram Terbaru

Dalam bagian ini, Kita akan membahasa mengenai beberapa tools yang dapat Anda gunakan. Khususnya bagi para pengguna Instagram yang menjadikan akunnya untuk kebutuhan penjualan produk.

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa tools tersebut juga dapat digunakan bagi pengguna Instagram di luar dari aktivitas bisnis, misalnya bagi kepentingan pribadi atau hiburan.

Sumber gambar daily Social

Beberapa tools yang dapat Anda gunakan dalam memaksimalkan tampilan Instagram utamanya ialah diperuntukkan bagi foto, video, dan marketing.

Di bawah ini terdapat lima tools yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalisasi profil Instagram Anda.

1. Tools instagram Visco

Visco merupakan tools yang dapat digunakan untuk mempercantik foto yang dihasilkan dari kamera perangkat seluler. Viso juga dapat dikatakan sebagai salah satu tools yang banyak digunakan oleh pengguna Instagram.

Hal tersebut dipicu oleh beragam jenis fitur yang tersedia, misalnya fitur untuk editing foto yang relatif lengkap dan tersedianya beragam filter yang memiliki kualitas tinggi. Selain itu, tools ini juga relatif mudah untuk digunakan.

2. Tools instagram Life lapse

Bagi Anda yang hendak mempublikasikan sebuah video di Instagram, Anda dapat menggunakan tools ini. Terkadang ketika mengupload sebuah video, Kita sering terhalang oleh durasi waktu yang diberikan sangatlah singkat.

Nah, dengan menggunakan tools ini, video yang Anda upload dapat memiliki durasi waktu yang relatif lebih lama.

Bagi Anda yang hendak mempublikasikan produk yang dijual, bisa mengemas video tersebut dengan tampilan yang indah melalui fitur video stop-motion yang tersedia dalam tools ini.

Selain itu, tools Life Lapse juga memiliki beragam fitur lainnya. Antara lain ialah, dapat membantu Anda untuk menambahkan foto dengan jumlah yang banyak, mengatur ukuran video, menentukan kecepatan gambar, dan menambahkan musik dalam video.

Tools Life Lapse ini juga dapat digunakan pada sistem Android dan iOS.

3. Scedule Posting Dengan Gramcaster

Bisnis online di Instagram seringkai menyita waktu Anda begitu lama. Hal ini disebabkan karena Anda harus secara intens mengupload foto atau video dalam jumlah tertentu setiap harinya, atau ketika meladeni pesan langsung dan komentar yang dilayangkan oleh para calon konsumen Anda.

Tools ini dapat menjadi solusi untuk memecahkan persoalan tersebut. Gramcaster dapat membantu Anda untuk menghemat waktu karena tools ini menyediakan fitur yang dapat membantuk Anda untuk memposting foto, video, dan konten tertentu secara otomatis.

4. AutoHash

Tools yang satu ini dapat membantu Anda untuk memperoleh hastag yang sesuai dengan foto atau video yang Anda posting. Hastag sendiri memang memiliki peran penting dalam mengenalkan dan menarik konsumen guna mendorong penjualan produk Anda.

Dengan menggunakan sistem Artificial Intelligence (AI), tools ini mampu untuk menavigasi tampilan atau objek dalam foto guna memberikan rekomendasi hastag yang cocok dengan objek tersebut.

Setelah rekomendasi hastag tersebut diberikan, Anda hanya tinggal menyalin dan memasukkannya ke dalam kolom foto atau video yang hendak diposting. Di samping itu, proses dalam melakukan pencarian hastag juga cukup cepat.

Tools ini dapat digunakan dalam sistem Android dan dapat diperoleh secara gratis.

5. Socialblade

Tools Socialblade dapat Anda gunakan untuk melakukan analisa terhadap konten dan sekaligus akun Instagram kompetitor atau calon konsumen. Fitur yang tersedia dalam tools ini ialah untuk dapat menginput jumlah konten, followers, engagement rate, komentar dan jumlah like dalam setiap postingan.

Hal ini sangatlah penting guna menjadi referensi agar Anda dapat mengoptimalkan kualitas pelayanan, produk, hingga brand perusahaan.

Tools ini juga relatif mudah untuk digunakan. Anda hanya menyematkan username Instagram ke dalam tools ini. Selain itu, untuk dapat memperoleh layanan yang dimiliki oleh Socialblade, Anda tidak perlu mengluarkan uang sepeserpun, alias gratis.

Kesimpulan

Instagram telah mewujud menjadi ruang bisnis digital yang potensial. Sayang sekali apabila Anda tidak menggunakan media sosial ini guna menjalankan roda bisnis yang sedang Anda geluti. Di samping itu, beragam jenis tools Instagram bisa membuat aktivitas bisnis Anda dapat berjalan dengan optimal. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda.

Sulthon
Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *