Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Benarkah Linux lebih Baik dari Windows Simak Ulasanya

2 min read

Benarkah Linux lebih Baik dari Windows?

Bagi anda para pengguna komputer mungkin sudah tidak asing lagi bukan dengan sistem computer windows? Yuph, sistem operasi yang banyak digunakan dan sangat familiar. Namun katanya, windows ada pesaingnya yang lebih unggul darinya. Yuph, Linux diklaim sebagai pesaing utama windows dan menawarkan banyak kelebihan yang tidak ditemukan pada windows. Apakah linux lebih baik dari windows?

Windows memang paling banyak penggunanya kemudian disusul oleh Mac OS X, baru sistem operasi Linux. Kedigdayaan windows ini memang sulit digeser mengingat sistem operasi tersebut menawarkan banyak kemudahan, khususnya untuk pemula.

Baca juga : cara install windows

Namun demikian, untuk tujuan tertentu dan pengguna komputer yang sudah lama, misalnya untuk kebutuhan pemograman, atau yang lain, linux menjadi pilihan utama, serta diklaim bahwa linux lebih baik dari windows.

Berikut beberapa kelebihan linux dibandingkan windows yang bisa anda ketahui.

1.     Linux Tidak Berbayar

Alasan pertama mengapa linux lebih baik dari Windows adalah karena gratis. Yang namanya orang ya, pasti suka dengan yang gratisan. Dibandingkan dengan windows, tentu sistem operasi ini jauh lebih unggul mengingat windows menetapkan harga lisensi. Harga yang dipatok pun juga tidak murah lho? Sekitar $120 untuk tiap edisi windows yang akan dibeli.

Linux dari awal install hingga penggunaan, tidak akan memungut bayaran. Tidak juga ada masa trial yang mana anda hanya diberikan free akses hanya dalam kurun waktu tertentu. Sistem operasi ini memang benar-benar gratis.

2.     Jangan Khawatir Virus

Kelebihan linux dibandingkan windows yang kedua ialah virus. Pengguna windows biasanya akan sering dipusingkan dengan yang namanya virus, adware, malware dan jenis-jenis lainnya. Itu artinya anda juga memerlukan software anti virus yang mana juga berbayar. Keluar uang lagi dong! Harga software anti virus biasanya juga cukup mahal. itupun jika berfungsi dengan maksimal tentu gak masalah. Tapi kadang-kadang anti virus tersebut tidak bekerja dengan maksimal.

Sistem operasi linux tidak perlu khawatir lagi tentang virus. Anda bisa bekerja dengan nyaman tanpa harus khawatir data anda akan terkena virus dan yang lainnya. Bukan berarti di linux tidak ada virus, tetap ada hanya saja jumlhanya sedikit serta virus cenderung tidak berbahaya. Hal tersebut karena fitur sistem operasi linux yang dilengkapi dengan fitur keamanan yang bagus serta manajemen keamanan yang juga tinggi juga.

Perlu diingat sekali lagi bahwa bukan berarti bahwa linux itu bebas 100% dari virus, namun berdasarkan fakta dan data, hingga saat ini belum ada kasus bahwa sistem operasi linux terserang virus. Jika pun ada biasanya terjadi pada linux yang sistem operasinya tidak pernah atau jarang di update. Para hacker sendiri pun juga seringnya menyerang windows dibandingkan dengan linux.

3.     Linux termasuk Free & Open Source Software

Alasan mengapa linux lebih baik dari windows selanjutnya ialah karena linux merupakan free & open source software, artinya kode sumber sistem operasi ini bisa dilihat oleh siapapun. Linux berlisensi General Public License dan juga lisensi yang lainnya. Lisensi tersebut berisikan pernyataan bahwa siapa saja boleh dengan bebas menggunakan, mempelajari, mengembangkan hingga menyebarkan kembali ke siapapun tanpa ada batasan.

Maka dari itu, siapapun itu, apakah programmer, komunitas atau kelompok bisa mengembang sistem operasi ini dan kemudian bisa menyebarkan ke khalayak umum. Bahkan, anda pun bisa memodifikasi linux dan menyebarkannya dengan membuat distro linux anda sendiri.

4.     Lebih Ringan, Cepat dan Stabil

Alasan selanjutnya mengapa linux lebih baik dari windows adalah karena lebih ringan, cepat dan stabil. Booting-nya (kondisi nyala hingga siap pakai) hanya butuh kurang dari satu menit saja. Sekalipun sudah dipakai bertahun-tahun kecepatannya pun juga tidak berubah.

Sementara itu, sistem operasi windows perlu waktu yang lebih lama untuk booting. Ada yang klaim bahwa semakin lama digunakan maka akan semakin membutuhkan waktu lama untuk booting. Itulah mengapa beberapa orang lebih menyukai menggunakan linux dibandingkan dengan windows.

Tidak hanya itu saja, linux juga lebih stabil. Maksud dari stabil disini ialah sekalipun computer di nyalakan dalam waktu yang lama, bahkan sangat lama tetap maksimal, tanpa perlu di-reboot. Maka dari itulah, mengapa linux lebih sering digunakan web server selain karena memang aman.

Untuk mengetahui apakah sistem operasi tersebut stabil atau tidak ialah dengan melihat kemampuan menyalanya apakah bisa bertahan lama tau tidak. Nah, linux bisa bertahan selama berbulan-bulan tanpa harus dimatikan terlebih dulu.

Itulah 4 alasan mengapa linux lebih baik dari windows. Masih ada beberapa kelebihan lainnya yang bisa anda ketahui. Namun untuk menemukannya, coba saja deh instal sistem operasi linux di computer anda dan temukan kelebihannya dibandingkan dengan windows.

 

Sulthon
Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *