Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Cara Buat Daftar Isi Otomatis di Word 2010, 2013, 2007, 2019

3 min read

Bagi kalian yang hendak membuat karya ilmiah, maupun yang sedang melakukan skripsi, thesis maupun desertasi untuk keperluan kuliah, tentung sangat membutuhkan informasi tentang pembuatan daftar isi secara otomatis. Bagaimana tidak ! jika kita membuat karya tulisa dengan 300 halaman, tentu sangat merepotkan jika harus membuat daftar isi secara manual.

Cara buat daftar isi otomatis di Word 2010-2019 bisa kamu lakukan dengan membaca artikel ini sampai selesai, saya akan menjelaskan secara detail dan mudah untuk membuat karya tulis yang kalian kerjakan menjadi lebih mudah dan gampang.

Untuk membuat daftar isi, tidak terlalu sulit jika kamu paham dasar-dasarnya. untuk selanjutnya jika daftar isi sudah jadi, kalian bisa Update dengan cara otomatis, yaitu dengan cara klik kanan update table. Maka daftar isi akan otomatis terupdate dengan sendirinya.

Cara Buat Daftar Isi Otomatis di Word 2010, 2013, 2007, 2019

Bagi orang awam, membuat daftar isi terdengar sulit, akan tetapi pada dasarnya cara untuk membuat daftar sangat mudah jika dilakukan sejak awal penyusunan karya tulis sejak awal. Karena itulah kamu bisa menggunakan metode berikut ini sebagai satu metode agar lebih cepat dalam pembuatan daftar isi ini

Buat Heading

Pada langkah pertama perhatikan cara membuat label di setiap judul halaman ataupun header. Kemudian gunakan menu heading yang ada pada gambar warna hijau. Untuk Judul biasanya memakai Heading 1, untuk sub judul memakai heading 2.

 

Pilih Lokasi Daftar Isi

Untuk cara buat daftar isi otomatis di Word 2010-2019 juga bisa dilakukan dengan mengarahkan kursor di setiap halaman yang diinginkan sebagai tempat membuat daftar isi. Pada langkah kedua ini butuh ketelitian agar hasil akhir dari daftar isi bisa dilihat lebih rapih ataupun sebaliknya.

 

Cara Ketiga

Langkah ketiga juga bisa dilakukan dengan cara klik tab references kemudian pilihlah opsi perintah table of contents. Dari cara ketiga ini cukup mudah dilakukan,

 

Cara Keempat

Metode keempat dilakukan dengan memilih style daftar isi yang sudah tersedia. Dari sinilah Kamu dapat menentukan desain ataupun style dari setiap pembuatan daftar isi lebih sempurna. Setiap desain harus disesuaikan dengan konteks dokumen yang dibuat. Maka dari itu metode dari menggunakan semua konsep pembuatan daftar isi harus detail terutama di Word 2010-2019.

Cara Kelima

Pada saat Kamu ingin merubah dari sisi style daftar isi, maka coba cek dari heading mana saja yang ingin tampilannya dirubah. Beberapa hal penting dalam cara buat daftar isi otomatis di Word 2010-2019 cukup menarik, karena ada beberapa perubahan baik dari nomornya yang menggunakan show levels kemudian tekan opsi perintah pulldown. Jika sudah siap dari semua komponennya klik opsi OK kemudian dari tampilan daftar isinya bisa langsung Kamu cek.

Beberapa perubahan dari hasil pembuatan daftar isi masih bisa dimakmlumi karena ada beberapa perbedaan konsep desain ataupun style hingga akhirnya Kamu mampu membuat desain daftar isi terbaik sesuai kebutuhan Kamu.

Kendala Dalam Membuat Daftar Isi Otomatis di Word 2010, 2013, 2007, 2019

Meskipun ada beberapa metode untuk membuat daftar isi di dalam Word 2010-2019, tetap saja masih ada beberapa kendala yang masih bisa dihadapi terutama bagi pemula pertama kali membuat daftar isi secara otomatis. Agar Kamu tidak menemukan kendala dalam cara buat daftar isi otomatis di Word 2010-2019, cobalah cek dari beberapa wujud dari kendala yang sering dihadapi pada saat pembuatan daftar isi seperti berikut ini.

Susunan Daftar Isi Tidak Rapih

Walau ada banyak sumber memberi informasi seputar pembuatan daftar isi secara otomatis, tetap saja ada sejumlah kendala yang masih kerap ditemui dalam pembuatan daftar isi salah satunya susunan daftar isi terlihat tidak rapih. Maka dari itu siapa saja yang ingin membuat sebuah daftar isi terbiak, cobalah cek kembali ataupun membuat konsep dari desain daftar isi.

Ketika kita melihat cara buat daftar isi otomatis di Word 2010-2019, sudah pasti ada beberapa perubahan desain yang sebenarnya bisa terus dikembangkan dengan beberapa fitur. Maka dari itu, sebelum fix dengan bentuk daftar isi yang dibuat cobalah cari referensi seputar style huruf daftar isi yang lebih menarik.

Informasi Setiap List Daftar Isi Tidak Lengkap

Masih ada kendala ketika membuat daftar isi secara otomatis di Word 2010-2019 salah satunya informasi setiap list daftar isi tidak lengkap. Karena kekurangan kelengkapan tersebut, Kamu masih harus mencoba bagaimana membuat pengembangan informasi dari semua sumber mengenai buku ataupun jurnal dan literasi agar bisa dituangkan secara lengkap.

Pengembangan dari komponen daftar isi otomatis sebenarnya mudah karena bisa dibuat secara detail dari awal sampai memiliki desain daftar isi lebih lengkap. Untuk itulah Kamu perlu mencoba bagaimana metode tepat agar pembuatan list daftar isi bisa dilakukan lebih tepat bahkan informasi yang dituangkan lebih lengkap lagi.

Tidak Teliti Dalam Memasukkan Semua Aturan Daftar Isi

Dalam tata bahasa sudah terlihat ada cara buat daftar isi otomatis di Word 2010, 2013, 2007, 2019. Masih sering terjadi ketika ada proses pembuatan daftar isi dilakukan secara manual. Sehingga dari beberapa metode untuk membuat daftar isi secara manual sebenarnya masih kurang tepat. Diperlukan beberapa perubahan dari cara manual ke metode otomatis melalui Word 2010, 2013, 2007, 2019. Kemudahan yang dihadirkan dalam Word 2010-2019 telah banyak dirasakan banyak kalangan.

Hingga akhirnya modal penting dalam pemilihan sarana tepat untuk membuat daftar isi sudah dicermati dari awal. Pengalaman membuat daftar isi secara manual memang berbeda bahkan memakan waktu lama. Memang dari stigma pembuatan daftar isi terus mengalami perkembangan, sehingga pada beberapa opsi baru pun sudah sering dilakukan dengan mencermati bagaimana opsi terbaik dalam mencoba membuat desain daftar isi lebih sempurna.

Terlalu Sering Melakukan Modify

Kesan cara buat daftar isi otomatis di Word 2010-2019 harusnya dilakukan dalam waktu cepat. Akan tetapi karena banyak kalangan justru sering melakukan modifikasi maka dari pembuatan daftar isi jadi lebih lama. Untuk itulah kita bisa mencoba kembali bahwa ada beberapa hal baru membuat pemilihan sarana untuk membuat daftar isi bisa dilakukan secara bertahap namun lebih maksimal.

Ketika Kamu ingin membuat sebuah daftar isi tentu saja ada sekian banyak aturan baku dalam penuliasannya yang harus dibuat langsung. Akan tetapi di dalam Word 2010-2019 masih tersedia fitur terbaik yang kemudian semua penggunanya bisa dengan mudah mencoba bagaimana cara membuat daftar isi lebih mudah dan dilakukan secara otomatis di Word 2010-2019. Alhasil dari cara buat daftar isi otomatis di Word 2010-2020 juga dianggap lebih menarik sampai akhirnya Kamu dapat mencoba terus menerus sampai mahir.

 

 

 

 

 

Sulthon
Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *