Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

4+ Cara Cek Responsive Website Dengan Mudah

2 min read

Cek Responsive Website

Cara Cek responsive Website dengan mudah – Sebagai pengguna internet, yang serinng browsing tentu kadang kita pernah menemukan website yang sangat lambat. Sehingga kita enggan untuk berkunjung ke website tersebut untuk kedua kalinya.

Nah.. artikel ini ditujukan untuk anda yang ingin membangun sebuah website atau blog. Tentu saja anda tidak ingin website atau blog yang anda kelola berjalan lambat dan tidak efisien.

Sebenarnya untuk anda yang ingin membeli atau mengelola website dan blog sendiri. Anda bisa mengaturnya agar website atau blog yang anda kelola tidak terjadi hal yang demikian. hal tersebut disebut dengan cek responsive website dan blog.

Lalu apa sih cek responsive, mari kita bahas!

Pengertian Cek Responsive Website

Dalam dunia website template yang responsive menjadi penting. Website yang responsive tentu akan membuat pengunjung tidak jenuh dan jengkel.

Cek Responsive Website

Hal pertama yang perlu diketahui adalah dengan melakukan cek responsive.

Responsive sendiri merupakan desain template pada website atau blog yang dapat diakses oleh berbagai perangkat. Dengan berkembanya teknologi gadget yang semakin bervariasi di berbagai ukuran maka alangkah baiknya jika tampilan blog dan website dapat dijangkau berbagai perangkat yang telah ada kini.

Biasanya para web designer menyebutnya dengan RWD yaitu (Responsive Web Design), merupakan pendekatan pada dunia desain web dengan tujuan menampilkan layar yang optimal, mudah dibaca, dan penggunaan navigasi yang baik. Setidaknya navigasi untuk rezise, panning, scrolling, dapat berjalan optimal, selain itu tampilan yang baik di berbagai perangkat mulai dari ponsel dan monitor desktop komputer. Konsep RWD sendiri sebenarnya tidak melulu tentang resolusi layar yang mudah disesuakan atau objek gambar yang dimanipulasi ukurannya, tapi lebih ke pemikiran desain layout secara keseluruhan.

Cek Responsive Website

Tampilan situs yang responsive, menjadikan website atau blog yang anda kelola memudahkan pengunjung dalam mengakses situs. Karena sekarang template yang responsive menjadi sangat penting. Selain karena semakin pesatnya teknologi, juga dikarenakan kebutuhan internet yangs semakin pesat. Hal demikian mengharuskan adanya website atau blog yang responsive.

Baca juga : 8 Plugin untuk membuat toko online

Cek responsive sendiri merupakan cara untuk melihat atau mengecek se-responsive apa website atau blog yang anda kelola.

Lalu bagaimana caranya melakukan cek responsive?

Sebenarnya melakukan cek responsive bukanlan perkara mudah. Karena untuk melakukannya seorang web designer harus melakukan resize pada ukuran yang sepesifik. Dimana haru mengatur panjang dan lebar web browser yang sesuai.

Namun, untuk anda yang masih awam namun ingin melakukan cek responsive pada template website atau blog anda, tidak perlu khawatir. Karena sekarang telah banyak situs yang menyediakan tool untuk melakukan cek responsive website atau blog.

Pada artikel ini kita akan bahas beberapa jenis software online yang dapat anda akses untuk melakukan cek responsive. Beserta caranya.

Tools Cek Responsive Website 100% works

Berikut beberapa situs online yang anda dapat gunakan utuk melakukan cek responsive pada website atau blog yang anda dapat akses:

1. Situs Responsive Design Checker : Cek Responsive Website dengan mudah

  • Masuk ke situs: http://responsivedesignchecker.com/
  • Masukkan URL website atau blog anda, lalu klik “Go”
  • Tunggu, lalu akan muncul apakah tampilan website atau blog sudah bagus atau belum. Pada website ini anda dapat meliha bagaimana tampilan yang disediakan penampilan website pada 10 tampilan pada perangkat.

2. Situs Am I Responsive

  • Masuk pada situs: http://ami.responsivedesign.is/
  • Scroll ke bawah, lalu masukkan URL website atau blog yang ingin anda cek pada kolom yang telah disediakan
  • Klik “GO”
  • Selanjutnya akan muncul tampilan responsive pada website atau blog pada 4 perangkat yang telah disediakan

3. Situs Responsinator

  • Masuk ke situs: https://www.responsinator.com/
  • Masukkan URL website atau blog milik anda pada kolom yang telah ada
  • Klik “GO”
  • Lalu akan muncul hasil yang dapat anda lihat dengan melakukan scroll ke bawah

4. Google Mobile Friendly

Ini merupakan situs untuk mengecek responsive website atau blog milik anda yang telah disediakan oleh Google. Mari kita bahasa bagaimana caranya.

  • Akses situs: https://search.google.com/test/mobile-friendly
  • Lalu masukkan URL website atau blog pada kolom yang ada
  • Klik “UJI URL”
  • Apabila blog anda telah mobile friendle maka akan muncul tampilan dengan keterangan “Halaman ini mobile-friendly”

 

Kesimpulan

Kita telah membahas pengertian cek responsive, dan tool-tool yang anda dapat gunakan utuk melakukan tugas tersebut dengan mudah. Karena, di jaman yang serba canggih seperti ini banyak sekali hal yang dapat kita lakukan pada dunia internet. Tidak hanya untuk bersenang senang atau sekedar mencari informasi, apabila serius, bahkan anda dapat mendapat pemasukan dari internet. Cek responsive sendiri, merupakan cara agar anda dapat membangun website anda sendiri dengan murah dan tentu saja menambah pengalaman. Terimakasih telah membaca artikel ini sampai selesai.

Sulthon
Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *