Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Cara membuat link Do follow dan No follow di wordpress dengan mudah

1 min read

cara membuat link do follow dan no follow

Seorang content creator atau penulis konten haruslah paham bagaimana cara membuat link do follow dan no follow, sebab fungsi link ini sangat berpengaruh terhadap SEO website kamu.

Backlink adalah tautan yang mengarah ke website kamu, sebelum mengetahui cara membuat link do follow atau no follow, ada baiknya kamu mengetahui apa itu backlink terlebih dahulu.

Backlink digunakan untuk mengoptimasi SEO sebuah website, jika link dari website yang memiliki autoritas yang tinggi(bagus) maka website kamu akan muncul di pencarian google.

Bayangkan saja, jika sebuah artikel memiliki banyak link keluar (link do follow) , maka artikel yang kamu buat akan bernilai buruk oleh google.

Dampaknya adalah situs kamu tidak akan muncul di halaman utama pencarian google.

oleh sebab itu, sebagai penulis content atau seorang blogger, kamu wajib hukum nya mengetahui cara mengubah link menjadi do follow atau no follow.

Manfaat link Do Follow

Link do follow jika terlalu banyak di sebuah artikel, maka artikel itu bisa disebut artikel spam oleh google, namun jika tidak memiliki link do follow nilai optimasi YOAST (plugin SEO di wordpress) kamu tidak akan bisa mencapai 92+, alangkah baiknya jika dalam satu artikel kamu memberikan 1 atau 2 buah link do follow.

Dari pengalaman saya tidak masalah jika dalam satu artikel memiliki external link do follow, asal tidak membabi buta, sampai 5 sampai 20 link keluar berupa do follow, nantinya tulisan kamu bisa kena pinalty algoritma google.

Link do follow biasanya digunakan untuk memberikan link yang kapasitasnya bagus dan relevan dengan apa yang kamu tulis. Sebab link do follow akan memberikan sinyal ke google bahwa link tersebut akan mendapatkan tambahan nilai SEO dari situs kamu, atau bahasa SEO nya “Link Juice”

Cara membuat link Do Follow

Cara membuat link do follow adalah

<a href=”https://www.paksulthon.com/” rel=”dofollow”>Konsultan SEO</a>

rel=”dofollow” diletakan setelah link

atau ikuti langkah berikut ini :

  1. Pertama klik text pada artikel wordpress kamucara membuat link do follow dan no follow
  2. Buat tambahan rel=”dofollow” setelah link

 

Manfaat link No Follow

Kebanyakan situs wordpress ketika kamu memberikan link keluar(external link) maka link tersebut langsung secara otomatis menjadi link Do follow, padahal sudah dijelaskan bahwa ketika memberikan link do follow, kamu harus berhati-hati sebab situs yang kamu beri link do follow akan mendapatkan tambahan nilai SEO dari situs kamu.

Oleh sebab itu, kamu harus mengubah secara manual link keluar tersebut menjadi link no follow. Karena dengan memberi link no follow akan menjaga artikel kamu tetap baik di pencarian google.

Dengan link  no follow, situs kamu tidak akan di anggap sebagai situs spam, karena terlalu banyak memberi link do follow ke situs lain.

Cara membuat link No Follow

Cara membuat link no follow adalah

<a href=”https://www.paksulthon.com/” rel=”nofollow”>Konsultan SEO Profesional</a>

rel=”nofollow” diletakan setelah link

atau ikuti langkah berikut ini :

  1. Buka artikel di wordpress kamu, lalu klink teks pada editor wordpresscara membuat link do follow dan no follow
  2. Buat tambahan rel=”nofollow” setelah link

Kesimpulan

Jadi bagi kamu yang bekerja sebagai content creator, harap memperhatikan apakah link yang akan kamu pakai adalah link yang bersifat no follow atau do follow, sebab sedikit banyak akan mempengaruhi SEO dari website kamu.

Semoga artikel yang sedikit ini bisa bermanfaat dan berguna bagi website kalian.

Sulthon
Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *