Over 10 years we helping companies reach their financial and branding goals. Onum is a values-driven SEO agency dedicated.

CONTACTS
Fungsi GPU Adalah : Pengertian dan Jenis

GPU adalah – Dulunya, seluruh proses komputasi dapat diselesaikan hanya dengan CPU atau yang lebih dikenal sebagai otak utama komputer. Namun seiring berkembangnya teknologi dan tuntutan untuk memberikan tampilan grafis yang lebih baik, penggunaan CPU dirasa kurang maksimal, Untuk memenuhi tuntutan tersebut, muncullah Graphic Processing Unit ini

Jika dilihat dari definisinya, GPU adalah Graphic Processing Unit yang merupakan chip yang bisa diprogram dan dispesialisasikan untuk berbagai kebutuhan tampilan atau display.

Fungsi GPU Adalah

Fungsi utama dari GPU ini adalah membantu kinerja CPU. Cara kerjanya yakni dengan melakukan render pada gambar, video atau animasi yang ditampilkan pada layar komputer Anda. Letak hardware ini dekat dengan CPU, yakni berada di motherboard.

Baca juga : Cara membuat surat pernyataan kerja

Mengapa GPU Mulai Dikembangkan?

Satu alasan sederhana mengapa GPU sangat dibutuhkan dalam sebuah perangkat komputer atau laptop, yakni untuk menghasilkan display yang jauh lebih berkualitas dan tajam.

Saat streaming film dan video, melakukan editing foto atau bermain game, tentu Anda mendambakan display yang halus dan detail, bukan? Inilah mengapa disematkan pada perangkat PC dan terus dikembangkan untuk memaksimalkan kemampuan menampilkan grafis yang baik.

Fungsi

Kembali lagi ke fungsi GPU, yang juga bisa disebut sebagai konstruksi wajah komputer. Di mana fungsi Graphic Processing Unit adalah sebagai komponen yang dispesialkan untuk memproses grafis, kemudian menampilkannya pada layar PC.

Fungsi GPU Adalah : Pengertian dan Jenis

Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan lengkap fungsi GPU:

  1. Grafis

Fungsi pertama dan utama dari GPU adalah untuk memproses masukan grafis pada komputer, kemudian memprosesnya untuk ditampilkan pada layar monitor dengan kualitas tinggi.

Penggunaan Graphic Processing Unit dengan spesifikasi tinggi sangat dibutuhkan oleh Anda yang bekerja di bidang desain grafis. Begitu juga dengan para pegiat animasi, gamers, pembuat maket dan blueprint proyek serta aktifitas editing foto dan video.

Bahkan bisa dikatakan, tanpa adanya GPU, segala aktifitas tersebut tidak akan Anda nikmati senyaman sekarang. Sebab, GPU merupakan salah satu syarat utama pada komponen perangkat komputer modern.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, jika awalnya seluruh komputasi yang berkaitan dengan grafis hanya dijalankan oleh CPU. Namun, seiring berkembangnya teknologi, bagian yang dianggap otak utama komputer ini dirasa kurang mumpuni untuk melakukan kerja berat.

Dari sinilah, Graphic Processing Unit kemudian hadir dan mendapat peran sebagai otak utama untuk display komputer modern.

Baca juga : chord kunci to the bond

  1. Komputasi Berulang

Selain memiliki peran utama pada sektor grafis, GPU juga berfungsi untuk aktifitas lain. Sebut saja komputasi pararel pada data dengan jumlah relatif banyak. Hardware ini memungkikan Anda melakukan aktifitas dengan banyak data dan software secara bersamaan.

Penggunaan Graphic Processing Unit dengan spesifikasi tinggi akan membuat komputer terasa lebih ringan ketika digunakan untuk melakukan aktifitas berat, seperti bermain game.

Contoh aktifitas lain yang juga membutuhkan performa maksimal adalah penambangan cryptocurrency. Proses penambangan yang bisa dikatakan berat menuntut daya tahan GPU yang tinggi, sehingga mampu memberikan hasil optimal.

Aktifitas penambangan cryptocurrency juga membutuhkan kinerja GPU yang gahar dan proses kinerja yang saling terintegrasi.

Jenis-Jenis GPU

Dari penjelasan di atas, mungkin Anda mengira jika GPU adalah komponen yang hanya disematkan pada perangkat laptop atau komputer modern saja. Namun, hardware ini juga sudah digunakan pada ponsel pintar.

Hampir seluruh produk smartphone masa kini sudah menggunakan Graphic Processing Unit, yang membuat kinerjanya semakin canggih dan mampu menampilkan serta mengoperasikan aplikasi dengan display 3D. Tampilan gambar dan video yang ditawarkan juga sudah sangat smooth dan nyaman di pandang mata.

Sedangkan pada smartphone yang belum menyematkan GPU pada mesinnya, tampilan displaynya cenderung tampak kasar dan detailnya kurang sempurna.

Umumnya, smartphone seperti ini tidak diperuntutkan untuk bermain game atau mengakses aplikasi dengan tampilan grafis 3D.

Beberapa contoh jenis GPU yang banyak disematkan pada produk smartphone adalah:

  • Tegra
  • Mali
  • PowerVR
  • Andreno, dan lain sebagainya.

Tips Memilih GPU

Perkembangan zaman yang begitu pesat ini seakan menuntut para produsen GPU untuk berlomba-lomba mengeluarkan produk terbaiknya. Bahkan, tidak sedikit perusahaan yang selalu mengeluarkan seri produk terbaru setiap tahunnya, dengan spesifikasi berbeda.

Sayangnya, sebagai orang awam hal ini justru sangat membingungkan. Anda mungkin akan dibuat sedikit bimbang, harus memilih Graphic Processing Unit dari merk apa, spesifikasi seperti apa dan lain sebagainya.

Nah, berikut ini adalah tips memilih Graphic Processing Unit yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Pilih GPU Nvidia atau AMD

Nvidia dan AMD merupakan dua perusahaan terbesar yang mendominasi penjualan GPU di seluruh dunia. Produk-produk dari AMD maupun Nvidia memang tak perlu dipertanyakan lagi. Untuk produk terbaiknya, game online dan aktifitas berat lainnya bisa dilibas dengan lancar.

Fungsi GPU Adalah : Pengertian dan Jenis

Tentunya masing-masing produsen GPU terbaik di dunia ini juga memiliki kelemahan tersendiri. Seperti performa AMD yang masih kalah dari Nvidia. Hanya saja, harga produk dari AMD memang lebih miring, sehingga Graphic Processing Unit AMD lebih banyak digunakan pada perangkat entry-level dan menengah ke atas.

  1. Perhatikan Performa

Kinerja komputer atau laptop juga akan sangat bergantung dari performa GPU itu sendiri. Di mana masing-masing GPU biasanya diproduksi untuk kebutuhan yang spesifik.

Sebagai contoh, GPU dengan performa tinggi biasanya digunakan untuk PC gaming. Minimal memorinya pun harus 2 GB.

Hanya saja, semakin besar RAM dari GPU tersebut, semakin besar juga ruang memori yang akan terpakai. Jadi pastikan jika kapasitas memori pada perangkat Anda cukup besar.

  1. Pilih Sesuai Budget

Bagi Anda yang memiliki budget terbatas, tidak ada salahnya mencari Graphic Processing Unit dengan harga murah. Toh saat ini sudah banyak dijual Graphic Processing Unit dengan harga 2 hingga 5 jutaan rupiah saja. Dengan kisaran harga tersebut sudah cukup untuk menjalankan aktifitas komputrasi ringan hingga menengah.

Sementara untuk aktifitas berat seperti bermain game, sebaiknya pilih  GPU dengan spesifikasi lebih tinggi. Harganya pun relatif mahal, yakni bisa di atas 10 juta rupiah.

  1. Lihat Layanan Pelanggan dan Garansinya

Untuk sebuah produk elektronik, garansi adalah sesuatu yang wajib diberikan produsen atau distributor pada customer. Pemberian layanan pelanggan dan garansi terbaik juga biasanya dimanfaatkan sebagai strategi marketing sebuah perusahaan.

Nah, di sini Anda bisa memanfaatkannya dengan mencari Graphic Processing Unit yang menawarkan layanan pelanggan dan garansi terbaik. Contohnya EVGA, salah satu produsen GPU yang menawarkan garansi terbaik dibanding para kompetitornya. Sayangnya merk ini belum begitu populer di Indonesia, dan service centernya pun masih cukup sulit ditemui.

Kesimpulan

Sejak digunakan sebagai komponen utama komputer modern, perkembangan GPU meningkat secara signifikan. Hal ini tentu berdampak pada perkembangan grafis dan tampilan layar komputer. Sebagaimana fungsi utama Graphic Processing Unit adalah untuk meningkatkan grafis, sehingga tampilan gambar maupun video tampak lebih halus dan detail.

Selain itu, penggunaan Graphic Processing Unit dengan spesifikasi tinggi juga dapat meningkatkan kinerja komputer modern, terutama saat digunakan untuk aktifitas berat.

Hal serupa juga berlaku pada penerapan GPU di smartphone. Perkembangan Graphic Processing Unit untuk smartphone juga sangat cepat dan menyesuaikan arus trend teknologi masa kini.

0

Author

Ayoni Sulthon S.Kom

SEO Strategis di beberapa perusahaan, Internet Marketer, Freelancer. Email [email protected]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *