Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Download Cara Membuat serta Contoh Surat Pernyataan Kerja

3 min read

surat pernyataan kerja terbaru terlengkap

Surat pernyataan kerja – Sebagai manusia, lupa adalah salah satu sifat yang sulit untuk dihindari. Terlebih bagi orang dengan jadwal kegiatan yang tinggi, kemungkinan lupa bisa meningkat. Bukan hanya itu, sayangnya tidak semua orang memiliki rasa tanggung jawab terhadap apa yang telah dikatakan atau dilakukan, dan berusaha meninggalkan tanggung jawab tersebut.

Untuk menghindari hal tersebut, maka Anda perlu membuat surat pernyataan ketika berhubungan dengan pihak lain. Surat pernyataan memiliki beberapa jenis, salah satunya adalah surat pernyataan kerja.

Jika Anda pernah bekerja dalam bidang HR (Human Resource) pasti ketika mendengar istilah surat pernyataan kerja sudah tidak asing lagi di telinga, bukan? Pada umumnya, surat pernyataan kerja akan dibuat ketika sebuah perusahaan telah merekrut karyawan baru. Kemudian surat tersebut harus ditandatangani oleh karyawan baru serta pihak yang terkait dalam perusahaan.

Pengertian Surat Pernyataan Kerja

Contoh surat pernyataan kerja merupakan surat yang dibuat untuk mengikat kedua belah pihak dalam periode waktu tertentu. Isi sebuah surat kerja harus memuat beberapa point yang nantinya akan dipahami serta disepakati bersama, dimana dalam surat tersebut juga terdapat keterangan mengenai konsekuensi pelanggaran.

Surat pernyataan kerja berisi kesanggupan karyawan untuk bekerja dalam jangka waktu tertentu yang pada umumnya berisi kesanggupan dengan kerja lembur, bersedia dinas ke luar kota, bersedia dikontrak selama periode tertentu, hingga kesanggupan menjaga kode etik karyawan.

Surat pernyataan ini menjadi pegangan perusahaan dan berfungsi untuk berjaga-jaga agar karyawan dapat bertanggung jawab sesuai dengan isi surat pernyataan. Sehingga, surat pernyatan biasanya akan dibumbui materai sebagai bukti bahwa surat perjanjian berada di bawah wewenang hukum.

Baca juga : Fungsi poster niaga dan contohnya

Fungsi

Surat pernyataan mempunyai fungsi serta manfaat untuk kedua belah pihak, baik itu si pembuat surat, serta pihak yang menerima. Adapun fungsi dari surat pernyataan kerja yaitu:

Fungsi surat Kerja untuk Pembuat

  1. Surat pernyataan berfungsi sebagai alat bukti yang kuat bahwa dirinya sanggup dan diakui oleh pihak lain sesuai dengan isi dari surat pernyataan kerja.
  2. Berfungsi untuk memperoleh kepercayaan dari pihak penerima.

Fungsi Surat Kerja untuk Pihak Penerima

  1. Sebagai bukti bahwa pembuat surat telah menyatakan kesanggupannya terhadap isi dari surat pernyataan tersebut.
  2. Surat ini berfungsi sebagai alat meminta pertangungjawaban jika suatu saat pihak pembuat (karyawan) mengingkari janji atau hal-hal yang dinyatakan tidak benar.
  3. Surat ini juga berfungsi untuk mendapatkan kepastian berita mengenai pihak yang dinyatakan.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Surat Pernyataa Kerja

Meskipun terkesan sederhana, namun tidak semua orang bisa membuat surat pernyataan kerja yang baik dan benar. Karena menyangkut pihak lain, maka surat pernyataan tidak boleh dibuat secara sembarang atau asal. Anda harus memperhatikan beberapa hal penting, diantaranya seperti:

  1. Pemilihan Kata

Pilihlah kata atau kalimat yang baku dan formal, hal ini dikarenakan surat pernyataan dibuat untuk kepentingan perusahaan yang bersifat formal dan juga resmi.

  1. Tata Penulisan

Selain pemilihan kata, tata penulisan juga menjadi point penting dalam membuat surat pernyataan kerja. Tata penulisan akan mempengaruhi kerapihan surat pernyataan, atur surat dengan layout sisi rata kanan dan kiri sama, gunakan font yang umum sehingga surat mudah untuk dibaca dan dipahami.

  1. Kalimat To The Point

Tulislah surat pernyataan dengan kalimat yang langsung kepada point, jangan bertele-tele, sehingga isi dari surat pernyataan dapat tersampaikan dengan baik.

Baca juga : apa itu GTM?

Format Surat Pernyataan

Surat pernyataan kerja harus dibuat rapi dan sesuai dengan susunannya. Format surat terdiri atas 3 bagian pokok, yakni nama surat, isi pernyataan serta penutup surat.

  1. Nama Surat

Nama surat pada umumnya ditulis menggunakan huruf kapital, bold fan dengan rata tengah. Contohnya SURAT PERNYATAAN KERJA

  1. Isi Surat Pernyataan Kerja
    Adapun poin atau isi dari surat pernyataan kerja yaitu:
  • Identitas pihak yang membuat surat pernyataan.
  • Isi pernyataan, pengakuan atau pernyataan yang dibuat sesuai fakta.
  • Identitas pihak yang menyatakan dalam hal ini adalah karyawan.
  1. Penutup Surat Pernyataan

Adapun penutup dari surat pernyataan akan berisi:

  • Tempat dan tanggal pembuatan surat.
  • Identitas pembuat surat.
  • Nama terang
  • Tanda tangan
  • Keterangan tambahan seperti NIM, NIP dan lain sebagainya.
  • Materai (boleh ditambahkan sebagai tanda legalitas atau tidak).

Tiga bagian pokok surat di atas harus benar-benar diperhatikan, sehingga surat pernyataan akan terlihat rapi, mudah dipahami dan tidak menimbulkan kesalahan tafsir dari berbagai pihak yang terkait.

Kelebihan dan Kekurangan

Meskipun zaman sudah serba digital, namun penggunakan surat pernyataan kerja secara fisik masih tetap dipertahankan. Hal tersebut tentu saja memiliki alasan baik itu dari segi kelebihan serta kekurangannya.

Kelebihan Surat Pernyataan Kerja

  1. Bersifat efektif dan formal.
  2. Membuat pihak perusahaan terlihat lebih profesional.
  3. Memiliki bentuk nyata atau fisik yang dapat dipertanggungjawabkan.
  4. Menunjukkan keseriusan bagi pihak-pihak yang terkait.
  5. Menunjukkan keseriusan dan tidak main-main.
  6. Dapat digunakan sebagai barang bukti hitam di atas putih.
  7. Dapat menjadi surat yang diakui secara hukum jika ditambahkan materai.
  8. Bisa menjadi aset yang berharga.

Baca juga : cara mengembalikan fungsi hutan

Kekurangan Surat Pernyataan

Surat kerja ini dibuat diatas kertas, dimana kertas adalah bahan yang mudah rusak dan memungkinkan terjadinya kehilangan. Selain itu, surat pernyataan dinilai kurang praktis, dan memerlukan biaya tambahan seperti map, kertas, materai dan lain-lain.

Contoh Surat Kerja

Jika Anda hendak membuat surat kerja dan masih bingung atau bahkan belum tahu bagaiamna gambarannya? Tidak perlu khawatir, Anda dapat menggunakan referensi contoh surat pernyataan kerja di bawah ini:

Download surat pernyataan CPNS

Berikut adalah link untuk download surat pernyataan untuk CPNS Download surat pernyataan CPNS 

Download Surat pernyatan Full

Berikut link jika Anda membutuhkan contoh semua surat pernyataan : Download disini

Contoh Surat Pernyataan Kerja 1: Kesanggupan Karyawan

Surat Pernyataan Kerja kesanggupan karyawan

Surat di atas berisi tentang kesanggupan kerja karyawan yang menyatakan sanggup dan mau ditempat dimana saja.  Surat pernyataan di atas akan menjadi bukti serta pegangan perusahaan untuk melihat keseriusan serta integritas keryawan demi perusahaan.

Contoh Surat Tidak Terikat dengan Perusahaan Lain

Surat Pernyataan Kerja dengan perusahaan lain

Surat di atas merupakan salah satu contoh surat pernyataan tidak terikat dinas serta hubungan dengan perusahaan lain.

Contoh Surat Kontrak Kerja

Surat pernyataan kontrak kerja merupakan salah satu surat yang paling sering digunakan oleh perusahaan. Adapun contohnya yaitu:

Surat Pernyataan Kerja kontrak kerja

Contoh Surat Pernyataan Penempatan Kerja

Contoh Surat Kesanggupan Bekerja Shift

Kesimpulan

Surat pernyataan kerja dibuat oleh pihak perusahaan sebagai bukti fisik hitam di atas putih yang diakui secara hukum sebagai bentuk kesepakatan kedua belah pihak tentang kesanggupan karyawan sesuai dengan isi surat pernyataan.

Karena digunakan oleh perusahaan yang bersifa formal, maka susunan atau format, gaya penulisan, pemilihan kata dan sistematika penulisan harus diperhatikan sehingga isi dari surat pernyataan dapat dipahami dengan baik.

Sulthon
Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *