Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Catatan Kertas Sering Hilang? Saatnya Kamu Tahu Apa Itu Evernote

3 min read

Sering kehilangan catatan akibat tidak ingat meletakkan kertas catatan dimana? Bukan Cuma kamu yang sering mengalaminya. Kamu sekarang bisa saja mencoba beralih dari mencatat di kertas menjadi mencatat di sebuah aplikasi yang lebih aman dan tidak mudah hilang. Salah satu aplikasi tersebut adalah Evernote. Mungkin ini sedikit asing di telinga kamu.

Kamu bisa saja mencoba untuk mengetahui apa itu Evernote melalui pembahasan kami. Aplikasi ini cukup terkenal juga di luar negeri lho, karena kemudahan akses yang ia berikan dan memiliki User Interface yang cukup sederhana, tetapi tetap menarik. Apapun smartphone dan laptop kamu, Evernote tetap bisa dengan mudah di-download dan dipakai.

Apa Itu Aplikasi Evernote?

Sekarang sudah bukan lagi saatnya kamu sering menggunakan kertas. Ingat bahwa mengurangi penggunaan kertas sama saja dengan membantu dunia untuk melindungi pohon. Bayangkan jika ada lebih dari 1.000.000 orang yang melakukan kebiasaan yang sama. Ada banyak pohon yang tidak perlu ditebang untuk dijadikan kertas.

apa itu Evernote

Apa itu Evernote akan dibahas secara tuntas oleh kami. Kamu bisa mulai mengubah kebiasaan mencatat di buku atau kertas menjadi mencatat di sebuah aplikasi dengan menggunakan laptop maupun smartphone. Langsung saja dimulai mengenai definisi dari Evernote. Aplikasi Evernote ini didesain sederhana guna membantu banyak orang dalam melakukan pencatatan.

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk melakukan pengaturan tugas kantor dan pembuatan arsip. Perusahaan yang melakukan pengembangan terhadap aplikasi ini adalah Evernote Corporation yang berlokasi di California. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu dalam membuat note yang berupa gambar, fotografi, maupun save dari sebuah konten website.

Baca juga : Apa itu google web master tools

Selain dari fitur yang sudah disebutkan, aplikasi ini juga masih menawarkan banyak fitur lainnya. Aplikasi ini cocok segala jenis operasi sistem, seperti Android, iOS, macOS, dan Windows. Kamu bisa saja menggunakan secara gratis, tetapi ada banyak sekali batasan dalam hal fitur yang ditawarkan. Setidaknya ada tiga jenis kelas akun yang ditawarkan kepada penggunanya.

Beberapa Jenis Akun di Evernote

Ada kelas basic, premium, dan bisnis pada Evernote. Akses penggunaan yang gratis adalah akun basic dan hanya beberapa fitur yang dibuka saja. Jika kamu ingin menggunakan fitur Evernote yang lebih lengkap lagi, maka kamu perlu menggunakan akun premium atau bisnis. Akun premium ditawarkan dengan harga $69.99 untuk setiap tahun.

Kalau dipikir-pikir harga $69,99 per tahun adalah angka yang cukup terjangkau lho. Kamu tidak lagi perlu repot-repot membawa buku yang berat atau catatan-catatan kertas yang sangat banyak jumlahnya saat sudah menggunakan aplikasi ini. Buat kamu yang mendirikan startup bisa saja menggunakan akun bisnis yang ditawarkan dengan harga $14,99 per bulan.

Akun dengan kelas pembayaran tertinggi alias mahal adalah akun bisnis. Namun fitur yang ditawarkan oleh akun tersebut memang yang paling banyak. Kamu akan bisa upload catatan sampai dengan 20 GB untuk setiap bulannya dan ada tambahan 2 GB untuk setiap user. Bahkan, Evernote kelas bisnis juga menawarkan kemampuan sinkronisasi ke semua alat yang dimiliki.

Kamu bisa upload clip web pages, gambar, dan file PDF. Tidak perlu juga kerepotan mencari suatu file catatan, karena sudah disediakan fitur search dalam akun bisnis. Penggunanya juga bisa melakukan share notes kepada teman-teman maupun kolega. Intinya akun pada kelas ini menawarkan sangat banyak sekali fitur kepada penggunanya.

Kegunaan Apa Itu Evernote dalam Kehidupan Sehari-Hari

Kami akan membahas secara tuntas mengenai manfaat menggunakan Evernote dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini sangat cocok sekali bagi kamu yang sibuk bekerja dan punya agenda padat. Ada beberapa manfaat yang bisa kamu gunakan:

  1. Penggunaan Sebagai Notebook

Mencatat merupakan fungsi utama dari apa itu Evernote. Fitur ini memberikan kamu kesempatan untuk bisa membuat catatan yang bisa diatur privasinya. Kamu yang memiliki catatan penting yang hanya boleh diketahui oleh kamu bisa memberikan password pada catatan tersebut. Orang lain yang tidak mengetahui password tidak akan bisa mengaksesnya.

  1. Penggunaan Sebagai Checklist

Kamu juga akan bisa membuat daftar checklist terhadap apa yang sudah kamu kerjakan dengan yang belum. Rincian daftar tersebut dapat memudahkan kamu dalam melakukan pengecekan juga terhadap apa yang akan kamu lakukan. Bisa dipakai membuat checklist jobdesk maupun list apa yang perlu dibelanjakan untuk minggu ini atau bulan depan.

  1. Penggunaan Untuk Voice Note

Evernote ini sangat cocok bagi pengguna yang suka bicara daripada menulis atau mengetik berkat fitur voice note-nya. Fitur ini juga sangat cocok bagi kamu yang sedang buru-buru di jalan. Kamu pasti paham bukan jika sebagian besar orang memiliki kecepatan berbicara lebih cepat daripada kemampuan mengetiknya.

  1. Bisa Berbagi

Sekarang adalah jaman dimana fotokopi sudah tidak lagi terlalu digunakan dengan adanya aplikasi ini. Kamu benar-benar dapat mengurangi penggunaan kertas, karena sudah ada fitur berbagi. Keperluan berbagi menjadi lebih mudah dan efisien dengan menggunakan aplikasi ini. Fitur ini juga berguna untuk membagikan informasi kepada teman maupun kolega lho.

  1. Pengingat dan Restore Data yang Hilang

Merasa sering tidak ingat momen penting dalam hidup kamu, maka kamu bisa segera pakai Evernote. Aplikasi tersebut memungkinkan kamu menggunakan fitur reminder, sehingga bisa teringat kembali untuk melakukan suatu aktivitas penting. Reminder ini dapat disinkronisasikan terhadap kalender, laptop, dan juga smartphone.

Saat tidak sengaja melakukan delete terhadap suatu catatan maupun reminder, kamu akan bisa mengembalikan datanya berkat bantuan fitur Restore. Cukup memilih data yang hilang pada trash.

BACA JUGA : MENGETAHUI NICHE AGAR BISNIS LANCAR

Cara Menggunakan Evernote, apa itu evernote bisnis?

Kamu sangat tertarik menggunakan aplikasi yang pertama dirilis pada 2000 silam ini, perlu daftarkan diri di website resmi Evernote. Tidak perlu langsung mencoba akun berbayar dan bisa pakai yang gratis dahulu. Setiap beberapa periode kamu juga perlu melakukan update, supaya bisa mengatasi beberapa bug yang ada di versi sebelumnya. Langkah menggunakan Evernote:

  1. Daftarkan Akun

Penggunaan aplikasi ini bisa dilakukan dimana saja dan kapanpun. Pertama-tama kamu hanya perlu mendaftarkan diri dalam pembuatan akun di evernote.com.

Catatan Kertas Sering Hilang? Saatnya Kamu Tahu Apa Itu Evernote

 

  1. Download dan Install

Setelah melakukan aktivasi terhadap akun, kamu bisa mulai download di Play Store. Sekarang aplikasi ini sudah memiliki versi 4.0 dengan pembaharuan menggunakan bahasa pemrograman C++. Pastikan smartphone kamu masih memiliki ketersediaan kapasitas sekitar 60 MB. Kamu bisa pilih jenis akun Evernote yang sesuai keperluan.

Buka Play Store dan ketik Evernote pada bagian Search. Kamu hanya perlu langsung klik Install dan tunggu proses download dan install selesai.

  1. Open Aplikasi

Kamu hanya perlu buka aplikasi dan masukkan akun yang sudah kamu buat sebelumnya. Selanjutnya kamu tinggal mencoba untuk memanfaatkan seluruh fitur yang bisa kamu akses. Beberapa fitur yang bisa diakses secara gratis adalah mengatur notes, dark mode, klip artikel web, mencari tulisan tangan kamu di smartphone, dan melakukan scan terhadap apapun.

 

Sulthon
Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *