Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Mengenal Definisi, Manfaat dan Fitur Google Webmaster Tool

3 min read

Google Webmaster Tool

Para pemilik website banyak yang memakai Google Webmaster tool supaya website mereka mendapat posisi pertama pada mesin pencarian. Daripada Anda membayar jasa Adwords untuk mendapatkan traffic yang tinggi, lebih baik memanfaatkan teknik SEO yang lain. Salah satunya yaitu dengan memakai tools gratis dari Google ini.

Bila Anda belum mengenal tools yang satu ini, tidak usah khawatir. Pelajari dengan cermat supaya website Anda bisa dikelola dengan optimal bahkan dapat memperoleh pengunjung yang ramai. Untuk bisa memanfaatkan beragam fitur yang tersedia di Google Search Console, Anda perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu.

Definisi Google Webmaster Tool

Webmaster tool merupakan peralatan digital dari Google yang bisa diakses untuk mencari tahu kondisi suatu website. Nama lain dari peralatan ini adalah Search Console. Seperangkat tools ini dapat menolong Anda dalam mengelola sebuah website berdasarkan data-data yang sudah dikumpulkan.

Mengenal Definisi, Manfaat dan Fitur Google Webmaster Tool

Penggunaan Google Search Console cukup mudah dan gratis. Bila Anda menginginkan website dikelola dengan perhitungan akurat, bisa menggunakan tools Google Search Console ini. Google Search Console juga dapat memberikan informasi mengenai domain referring, bagaimana kinweja web dari perangkat ponsel serta analisis halaman web yang memiliki traffic paling tinggi.

Baca juga : Plugin WordPress ECommerce

Manfaat Google Webmaster Tool

Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh bila Anda memakai Google Search Console. Dari Google Search Console, Anda dapat memperoleh data-data yang informatif dan bisa digunakan sebagai perbaikan di website yang sedang dikelola. Apalagi Anda dapat memperoleh manfaat-manfaat tersebut dengan gratis alias tidak berbayar. Apa saja manfaat dari Google Search Console?

  • Evaluasi Performa Website

Google Webmaster Tool

Fitur Google Search Console bisa juga menampilkan data berupa seberapa lama waktu loading website untuk tampil secara penuh. Kecepatan loading ini dapat Anda bandingkan dengan website kompetitor lainnya. Data tersebut disajikan berdasar history graphic sehingga perhitungan sudah dilakukan dengan data yang pasti. Data ini tentu bermanfaat karena biasanya banyaknya pengunjung dipengaruhi oleh kecepatan loading website.

  • Mampu Menaikan Page Rank

Google Search Console memiliki tools yang bisa menaikkan page rank pada mesin pencarian. Hal ini dapat diperoleh dengan cara menyempurnakan HTML. Penyempurnaan bisa dilakukan dengan cara menghapus link toxic misalnya broken link. Penyempurnaan HTML juga bisa diperoleh dengan cara menghapus konten yang bersifat ganda, duplikat deskripsi maupun memperbaiki heading atau judul bila belum ada.

  • Menjaga Keamanan Web dari Ancaman Malware

Webmaster tool bisa memberi tahu Anda apakah website yang sedang dikelola terserang oleh Malware. Syaratnya adalah website Anda perlu terdaftar serta terverifikasi terlebih dahulu di Google Search Console. Kemudian tools akan menampilkan kepada Anda aktivitas-aktivitas yang mungkin mencurigakan dan mengancam website seperti Malware. Tidak hanya memberitahu adanya ancaman, tools juga memberikan solusi yang bisa dipakai.

  • Memperoleh Data yang Akurat untuk Aktivitas Web

Manfaatkan tools di Google Search Console untuk melihat data kesalahan URL, crawl serta server. Data tersebut disajikan dalam bentuk grafik. Anda dapat melihat URL yang dicekal karena pengaturan web yang salah. Di sini juga tersedia data mengenai URL yang sudah terindeks Google, kata kunci (keyword yang sering dipakai para pengguna internet untuk berkunjung di website tersebut.

  • Dapat Mengatur Konfigurasi

Sebagai pengelola website, Anda juga dapat melakukan pengaturan wilayah yang akan dijadikan target. Anda juga dapat melakukan pengaturan parameter URL maupun site link. Dengan begitu data yang dianalisis oleh Webmaster tool akan mendekati akurat. Maka dari itu, ketika diminta memasukkan data dan informasi di kolom tools, isilah dengan data yang akurat dan tidak asal-asalan.

Fitur dalam Google Webmaster Tool

Agar dapat menggunakan Google Search Console dengan optimal, kenalilah beberapa fitur yang disajikan. Dengan mengenali fitur-fitur yang tersedia, Anda dapat mencari tahu data yang diperlukan sesuai dengan masing-masing kegunaan fitur-fitur yang ada. Apa saja menu yang tersedia di Google Search Console?

  • Links to Your Site

Cara yang ditempuh untuk menaikkan rating website adalah dengan menautkan link website Anda pada website lain. Sebetulnya hal ini bisa terjadi secara otomatis apabila website tersebut memuat konten yang bagus serta bersifat informatif. Website dengan konten demikian membantu para pengunjung ketika melakukan pencarian. Lakukan monitoring dan perhatikan page mana yang paling banyak dirujuk menggunakan link.

  • Sitemaps

Sitemaps bermanfaat supaya Google Search Console mengindeks semua page website Anda. Bila sitemaps tidak Anda masukkan, maka kemungkinan Google mengindeks page website tersebut akan semakin kecil. Dampaknya yaitu pengunjung website Anda akan sulit meningkat. Gunakanlah Sitemaps dengan format XML kurang 50.000 URL. Google Search Console akan menunjukkan data page yang belum terindeks.

  • Crawl Error

Opsi ini akan menyajikan permasalahan yang terjadi pada website yang Anda kelola. Webmaster tool melakukan analisis permasalahan yang terjadi bila website diakses di ponsel maupun melalui web pc. Biasanya permasalahan yang sering yaitu 404 error karena website Anda sudah tidak dilink oleh website lain.

  • Crawler Access

Beberapa page website bisa dilakukan pengaturan supaya tidak diindeks oleh Google. Mungkin page tersebut memuat data login, feed RSS atau jenis data penting lainnya yang sebaiknya tidak diakses oleh orang lain. Anda bisa memakai robot.txt generator serta tester supaya file dapat diunggah dan berfungsi baik. Sekain itu bisa memakai password supaya directory yang relevan terlindungi.

  • Crawl Stats

Opsi ini bisa digunakan bila page website Anda sudah mencapai ribuan. Search Console akan memberikan informasi apakah website sudah dilakukan crawl pada page website Anda. Apabila Google tidak melakukan crawl pada sebagian besar page, Anda dapat memperbanyak crawl rate melalui akses pengaturan tab yang tersedia.

  • Sitelinks

Menu Webmaster tool yang satu ini bisa mengatur sitelink yang ditunjukkan saat pengguna internet sedang mencari website milik Anda. Sitelink merupakan link yang mengarahkan pada page interior di website milik Anda sehingga muncul di laman pencarian Google. Memang tidak semua web dapat mempunyai sitelink, namun bila web dikelola dan berkembang maka bisa mendapatkannya secara otomatis.

  • HTML Improvement

Saat Googlebot crawl pada website Anda dalam google web master tool, mungkin saja terdapat masalah terkait konten-konten di website tersebut. Masalah konten tersebut sebetulnya tidak menimbulkan masalah bagi website Anda. Namun apabila diatasi, bisa menaikkan traffic dari website tersebut. Biasanya permasalahan yang sering terjadi yaitu berkaitan meta description atau bisa juga title tag.

  • Search Analytics

Opsi ini bisa digunakan untuk monitoring terkait pencarian halaman. Anda bisa menaikkan CTR (click through rate) supaya website Anda makin besar peluangnya muncul di Google dan diklik oleh pengguna internet. Langkah ini bisa dilakukan dengan memakai meta description dan title tag yang menarik sehingga orang akan penasaran untuk membuka link serta membaca website tersebut.

Banyaknya kegunaan dari Google Search Console membuat para pemilik website menggunakannya. Apalagi bisa dimanfaatkan secara gratis. Anda bisa memperoleh data yang akurat tentang keamanan, performa website hingga keyword yang sering dipakai oleh para pengguna internet. Tunggu apa lagi, manfaatkan Google Webmaster tool agar website dapat berkembang dan memiliki traffic yang tinggi.

Sulthon
Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *