Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Pengertian & Cara Daftar Google My Business ?

2 min read

google my business 3

Pengertian & Cara Daftar Google My Business ? 100% Berhasil – Bisa dipastikan bahwa siapapun menginginkan roda bisnisnya dapat berkembang. Atas dasar inilah, setiap pelaku bisnis terus terdorong untuk mengembangkan kualitas produk serta pelayanan yang diberikan terhadap konsumen.

Selain kedua hal itu, melakukan promosi atas produk, brand, dan profil perusahaan menjadi faktor lain yang dapat mewujudkan mimpi untuk mengembangkan sebuah bisnis. Promosi ini seringkali dijalankan melalui berbagai kanal, baik di media sosial, memasang iklan di website, baliho, atau di berbagai kanal informasi lainnya.

Namun tentu saja, menggunakan jenis-jenis kanal di atas bisa membuat Anda merogoh kocek yang relatif lebih mahal. Hal ini tentu saja akan menekan ongkos produksi dan memperkecil profit yang Anda peroleh.

Google menawarkan salah satu medium promosi yang memberikan beragam kemudahan, manfaat, serta tanpa mengeluarkan ongkos sepeser pun. Layanan Google tersebut ialah Google My Business.

Arikel ini akan membahas mengenai Apa itu Google My Business, manfaat yang dapat diperoleh, serta bagaimana cara mengaksesnya.

google my business 5

Pengertian dan Manfaat Google My Business

Untuk mengawali pembahasan ini, ada baiknya Kita mengerti terlebih dahulu pengertian dari tools yang disediakan oleh Google ini. Secara harfiah, Google My Business dapat dimengerti sebagai sebuah tools yang dapat digunakan untuk melakukan promosi bisnis yang sedang Anda jalankan.

Bisnis tersebut tidak hanya terbatas pada model toko online, melainkan juga dapat digunakan untuk mempromosikan bisnis non-online.

Untuk dapat menggunakan layanan ini, Anda tidak ditarik uang sepeser pun, alias gratis. Jadi Anda hanya tinggal mendaftarkan bisnis Anda secara online dan melewati beberapa tahapan untuk memastikan semua komponen binsnis yang hendak Anda tampilkan ke publik dapat ter-input dengan baik di tools ini.

Baca juga : Tools wajib Instagram

Tenang saja, di bawah ini Kita akan masuk ke pembahasan mengenai cara mendaftar Google My Business. Untuk dapat mengakrabkan diri dengan tools ini, mari Kita mengetahui apa saja manfaat yang dapat diperoleh ketika menggunakan Google My Business.

Dengan menggunakan alat ini, Anda dapat mempromosikan bisnis di kanal Google Penelusuran dan Google Maps. Keduanya merupakan tools Google yang banyak dikunjungi oleh para pengguna (user).

Selain itu, dilansir dari website google.co.id, setiap bulannya terdapat 5 miliar pengguna yang melakukan penelusuran restoran, 3 miliar pengguna menelusuri hotel, 1 miliar pengguna menelusuri toko baju, 600 juta pengguna melakukan penelusuran salon rambut dan kecantikan, dan 5 juta pengguna menelusuri kedai kopi atau café.

Bagi para pelaku bisnis, angka tersebut tentu saja mengandung nilai yang sangat potensial bagi kelangsungan roda bisnis.

Dengan menggunakan tools ini, dapat memudahkan Anda untuk bertemu, memperluas jangkauan pemasaran, dan berinteraksi dengan para konsumen dari berbagai latarbelakang. Hal ini dilakukan dengan cara menampilkan profil bisnis pada waktu-waktu yang paling krusial.

Waktu-waktu itu ditandai di saat konsumen melakukan penelusuran produk, layanan, dan perusahaan di mesin pencarian dan di Google Maps. Misalnya, bisnis Anda dapat muncul pada daftar teratas di halaman pertama mesin pencarian.

google my business 1

Ketika profil bisnis dapat ditampilkan di kedua tools tersebut, memungkinkan Anda untuk dapat memberikan respon ulasan, mengunggah foto atau video tentang produk yang dipasarkan, menawarkan pelayanan dan penawaran spesial kepada konsumen, serta memperinci profil bisnis tersebut (alamat, nomor kontak, hingga jam operasional).

Baca juga : 21+ Startup Sukses Di Dunia, Kamu Contek usahanya !

Google My Business juga terintegrasi dengan tools Listingan Google dan Halaman Google+ Bisnis.

Dari pembahasan mengenai apa itu Google My Business (pengertian dan manfaatnya), mungkin Anda telah tertarik untuk menggunakan layanan dari Google ini. Untuk itu, mari Kita beranjak pada bagaimana cara mendaftar tools ini.

Cara Mendaftar Google My Business

Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan bisnis Anda telah memiliki alamat lokasi kantor atau toko real yang telah beroperasi, informasi yang ditampilkan telah akurat dan konsisten, dan bila bisnis Anda memiliki layanan interaksi dengan kosumen (customer service, misalnya), akan lebih diprioritaskan oleh tools ini.

Berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda tempuh untuk melakukan pendaftaran:

  1. Pastikan Anda memiliki akun email Google. Akan lebih baik bila alamat email tersebut disesuaikan dengan nama bisnis Anda. Bila telah memiliki akun Google, Anda dapat login dengan email Google yang Anda miliki.
  2. Kunjungi alamat website Google My Business di google.com/business/. Setelah masuk, pilihlah tombol “kelola Sekarang”.
  3. Lengkapilah data-data mengenai informasi bisnis Anda dalam kolom yang tertera di halaman tersebut.
  4. Setelah itu, Anda dapat mengisi alamat lengkap yang bertujuan untuk verifikasi bisnis. Verifikasi dapat dilakukan melalui SMS, telepon, Google Search Console, atau dengan meminta, menerima, dan membaca kartu pos dari Google yang akan dikirimkan dalam kurun waktu kurang dari 12 hari.
  5. Proses pendaftaran pun selesai dan Anda akan diantarkan ke halaman Google My Business untuk dapat melakukan konfigurasi sesuai dengan kebutuhan yang hendak Anda penuhi.

Kesimpulan

Dengan menggunakan tools yang diberikan oleh Google ini, Anda dapat menerima beragam manfaat guna mewujudkan mimpi untuk mengembangkan bisnis yang Anda kelola. Semoga pembahasan mengenai apa itu Google My Business dari mulai pengertian, manfaat, hingga cara mengaksesnya dapat menjadi informasi yang bermanfaat.

Sulthon
Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *