Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Apa itu Pager? Radio Panggil Telekomunikasi Zaman Dulu

3 min read

apa itu pager? wajib tahu

Pager by pak sulthon – Anda harus merasa beruntung hidup pada zaman di mana semua kemudahakan komunikasi jarak jauh dapat dirasakan. Namun apakah Anda pernah berpikir, bagaimana cara orang-orang pada masa lampau melakukan komunikasi jarak jauh?

Jika saat ini segala macam alat komunikasi canggih sudah bisa didapat dengan harga yang terjangkau, lain halnya dengan zaman dahulu. Di mana masyarakat mengalami keterbatasan berkomunikasi sebelum teknologi smartphone merambah dunia. Salah satu alat komunikasi yang populer pada zaman dahulu adalah radio panggil atau yang lebih dikenal dengan sebutan pager.

Bagi Anda generasi Z pasti sedikit awam dengan alat komunikasi yang satu ini. Lantas apa sebenarnya pager dan apa fungsinya? Di bawah ini penjelasan lebih lengkapnya.

pager zaman 2000

Apa itu Pager?

Pager merupakan salah satu alat komunikasi pada tahun 90-an, yang digunakan untuk mengirim serta menerima pesan pendek. Karena suara khas yang dimiliki, alat ini juga disebut dengan istilah beeper. Tidak seperti ukuran radio sebenarnya yang memiliki dimensi besar, pada umumnya alat ini berukuran yang relatif kecil dan berbentuk persegi panjang.

Karena ukurannya yang sangat kecil, pager dapat dibawa kemana saja. Selain bentuknya yang persegi panjang, terdapat juga layar minimal di bagian atas yang berguna untuk menampilkan pesan. alat ini merupakan media penerima pesan portable yang memiliki cara kerja berdasarkan prinsip kode signal frekuensi radio tertentu, yang kemudian ditransmisikan melewati suatu provider.

BACA JUGA : FUNGSI GPU

Sejarah

Pager atau radio panggil pertama ditemukan oleh Multitone Electronic pada tahun 1956 lalu. Pada saat itu, secara umum alat ini digunakan oleh kalangan dokter Rumah Sakit St.Thomas yang bertugas pada kondisi darurat. Meski begitu, radio panggil tidak hanya digunakan pada area rumah sakit saja, namun juga digunakan secara menyeluruh di seluruh wilayah negara.

Pager yang digunakan di dunia terdiri dari 2 kategori, yakni One-Site Paging System dan Wide Area Paging System. One-Site Paging System diterapkan pada alat ini yang ditemukan pada tahun 1956 dan digunakan di area rumah sakit. Sementara dengan Wide Area Paging System mulai dikenal pada tahun 1980-an, namun di Indonesia baru dikenal pada tahun 1990-an.

Pager dengan Wide Area Paging System ini menyuguhkan features yang kurang lebih hampir sama dengan One-Site Paging System, namun Wide Area mampu menjangkau wilayah atau area kota, bahkan negara. Sehingga dapat disimpulkan bahwa jangkauan dari Wide Area Paging jauh lebih luas.

BACA JUGA : CLOUD COMPUTING ADALAH

Awalnya, cara kerjanya dapat dibilang agak ribet, sebelum mengirim pesan, Anda diharuskan menghubungi operator  terlebih dahulu dengan telephone rumah. Ketika terhubung dengan operator, Anda akan dimintai ID tujuan dan Anda akan diminta untuk menyebutkan pesan yang akan dikirim kepada operator. Selanjutnya, operator akan mengkonfirmasi pesan sebelum akhirnya dikirim kepada pager tujuan.

Semakin kesini pager terus berkembang dan kian diminati oleh kalangan masyarakat luas. Jika awalnya beroperasi dengan frekuensi AM kemudian berganti melalui saluran FM. Dengan begitu menjadi lebih mudah dan luas digunakan dimana saja. Yang lebih menariknya lagi, radio panggil ini juga sempat menjadi alat komunikasi lokal bahkan internasional sebelum merambahnya teknologi telephone seluler.

fungsi pager

Macam – Macam Pager

Dari waktu ke waktu yang terus mengalami perkembangan pada masanya, pager dibedakan menjadi 3 macam atau tipe yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengguna. Macam-macam radio panggil tersebut adalah:

  1. Pager Numerik

Radio panggil numerik merupakan tipe paling sederhana. Dalam alat ini hanya terdapat layar yang di dalamnya memuat urutan kode dan angka yang digunakan untuk melakukan panggilan.

  1. Pager Alphanumerik

Radio panggil Alphanumerik merupakan pager yang tidak hanya digunakan untuk melakukan panggilan saja. Namun juga dapat digunakan untuk mengirim pesan, email atau naskah. Untuk melakukan hal tersebut tentu saja membutuhkan memori serta layar yang lebih lega.

Pada dasarnya tipe Alphanumerik hampir sama dengan versi Numerik, hanya saja pada jenis ini memiliki fasilitas tambahan seperti faksimilie.

BACA JUGA : CARA MEDAPATKAN UANG DARI GTM

  1. Pager Alphanumerik Dua Arah

Pada jenis radio panggil ini, layanan pengiriman pesan sudah menggunakan jaringan satelit. Pager Alphanumerik dua arah mampu mengirimkan pesan teks hanya menggunakan tombol kecil yang tersedia. Radio panggil jenis ini adalah perwakilan dengan teknologi yang paling mumpuni, yang memanfaatkan perkembangan PCS (Personal Communication System) yang besar pada saat itu.

Teknologi PCS memungkinkan pengguna bisa menjawab berita alfanumerik yang diterima secara langsung.

macam macam pager

Cara Kerja Pager Secara Sederhana

  • Hubungi operator pager menggunakan telephone rumah.
  • Setelah terhubung, operator akan meminta ID yang akan Anda tuju serta isi pesan yang ingin Anda sampaikan.
  • Operator mengkonfirmasi isi pesan kepada Anda sebagai pengirim.
  • Pesan dikirimkan operator kepada pager tujuan Anda.

Kelebihan

Pernah menjadi alat komunikasi internasional, tentu saja alat ini memiliki berbagai kelebihan. Adapun kelebihan yang dimiliki oleh radio panggilan antara lain:

  1. Media komunikasi yang relatif lebih murah.
  2. Pengirim pesan tidak harus mempunyai pesawat pager jika ingin berkirim pesan. Pengirim hanya perlu menghubungi operator melalui telephone.
  3. Dapat menyampaikan pesan dalam waktu yang relatif cepat.
  4. Ssebagai alat komunikasi yang mudah dibawa kemana-mana, sehingga mampu melegkapi sekaligus sebagai pengganti telephone yang saat itu tidak bisa dibawa kemana saja.
  5. Privasi pengguna pager lebih terjamin jika dibandingkan dengan seluler, hal ini disebabkan pager menggunakan sistem one-way.

kelebihan pager

Kekurangan

Meskipun mengantongi sederet kelebihan, pager atau radio panggil juga mempunyai kekurangan. Cara kerja alat ini yang dapat dibilang rumit membuat proses komunikasi yang kurang efektif, selain itu pesan yang disampaikan tidak begitu kompleks dikarenakan ada keterbatasan dalam pengiriman pesan.

Kekurangan lain dari pager adalah keterbatasan pesan sehingga Anda hanya bisa menggunakannya untuk hal-hal yang dianggap sangat penting saja, seperti menanyakan posisi dan lain-lain.

Penyampaian pesan yang kompleks tentu sedikit merepotkan, Anda akan sulit menggunakan untuk sekedar mengobrol atau curhat, terlebih lagi komunikasi alat ini yang melalui pihak ketiga yakni mediator provider.

Tidak hanya itu, karena harus melalui mediator provider maka besar kemungkinan pesan-pesan yang Anda sampaikan diketahui oleh pihak provider.  Sehingga, keamanan pesan bisa dimanfaatkan oleh pemerintah atau hacker.

Kesimpulan

Pager atau radio panggil sebagai salah satu media komunikasi pada zaman dahulu pertama ditemukan pada tahun 1956, akan tetapi baru dikenal oleh masyarakat Indonesia pada tahun 1990-an. Karena mempunyai berbagai keunggulan, alat tersebut menjadi alat komunikasi lokal maupun internasional.

Sayangnya, karena harus melalui pihak ketiga (perantara) maka keamanan data pengguna pager tidak sepenuhnya terjamin keamanannya. Kemudian di masyarakat hanya seumur jagung saja, keberadaannya mulai tergeser ponsel. Seperti yang diketahui, ponsel memiliki cakupan akses yang lebih luas dan juga lebih mudah digunakan tanpa memerlukan perantara.

Sulthon
Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *