Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF Dengan Mudah

3 min read

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF Dengan Mudah

Untuk mengelola file supaya lebih ringkas, Anda perlu memahami cara mengecilkan ukuran file pdf. File pdf merupakan format yang sering digunakan dalam pekerjaan maupun tugas sekolah. Kemajuan teknologi membuat penggunaan berkas hardfile semakin berkurang dan banyak orang memilih format pdf untuk dokumentasi.

Seringkali proses registrasi online juga menggunakan format softfile pdf sebagai prasyaratnya. Keunggulan format pdf adalah lebih mudah dibuka dan tidak bisa berubah dalam beragam perangkat gadget manapun. Namun kelemahannya adalah biasanya dokumen dalam format pdf memiliki ukuran yang besar.

Tips Cara Mengecilkan File PDF Dengan Tools

File yang berukuran besar memang menjadi masalah. Pertama, akan memenuhi memori penyimpanan pada perangkat gadget. Kedua, file akan sulit untuk dibuka. Selain itu biasanya Anda perlu mengirimkan file pdf melalui email maupun drive. Bila file berukuran besar, maka akan kesulitan untuk diunggah.

Baca juga : Tips Cara Convert PDF ke Word Dengan Mudah

Bahkan beberapa situs menyediakan batas minimum ukuran file yaitu beberapa ratus KB saja. Padahal file yang Anda miliki berukuran lebih dari itu. Untuk itu Anda perlu mengetahui cara mengecilkan ukuran file pdf yang aman serta mudah. Anda tidak perlu ragu karena meski ukuran file berkurang namun kualitas file tetap jelas dan bisa dibaca.

Cara Mengecilkan Ukuran File Pdf Dengan Pdfcompressor

mengecilkan PDF PDF compresor

Situs online yang bisa digunakan untuk mengecilkan ukuran file dengan format pdf adalah situs PDFCompressor. Situs ini mudah diakses dan tersedia juga untuk pilihan bahasa Indonesia. Tampilan laman juga termasuk user friendly, sehingga Anda dapat dengan mudah melakukan kompres file pdf tanpa ada kendala atau kesulitan yang berarti.

Keunggulan dari PDFCompressor adalah penggunaannya yang tidak mengubah DPI. Ketika Anda melakukan kompres file pdf untuk menjadi lebih kecil, maka kualitas dokumen tetap tidak berubah. Dalam ukuran file pdf yang lebih ringkas, Anda dapat mencetak dokumen dengan kualitas baik. Ketika dokumen diperbesar atau dizoom, dokumen juga tetap jelas.

Cara mengecilkan ukuran file pdf cukup mudah. Anda buka terlebih dahulu website PDFCompressor melalui PC atau ponsel. Kemudian pada pilihan upload file, klik pilihan tersebut. Kemudian pilih file yang akan dikompres dengan cara membuka dokumen. Anda juga bisa dilakukan ‘drag files’ pada pilihan yang tersedia.

Baca juga : Apa itu Skyscanner ? Penjelasan Detail Skyscanner

Setelah itu Anda memerlukan waktu beberapa saat sampai proses unggahan selesai. Apabila proses selesai, Anda akan menerima informasi yaitu seberapa besar dokumen akan dikompres. Laman PDFCompressor sudah menetapkan berapa persen kompres file yang paling maksimal tanpa mengubah kualitas file. Setelah selesai maka Anda dapat mengunduh berkas pdf yang sudah dikompres.

Copress PDF dengan Melalui Laman SmallPDF

cara mengecilkan ukuran file pdf

SmallPDF merupakan laman penyedia kompres berkas pdf yang mudah untuk digunakan. Anda dapat memanfaatkan free trial atau percobaan secara gratis melalui laman ini. Adapun free trial yang bisa dipakai yaitu selama 14 hari. Untuk penggunaan lebih lanjut, Anda dapat mendaftarkan diri untuk berlangganan.

Cara mengecilkan ukuran file pdf yang pertama yaitu Anda perlu melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu menggunakan alamat email Anda. Setelah itu, Anda dapat memberikan sandi dan memilih untuk memulai percobaan secara gratis. Manfaatkan momen gratis tersebut untuk mendapatkan layanan kompres pdf tanpa perlu membayar.

Setelah mendaftarkan email Anda, pilih choose file di layar untuk mengunggah dokumen yang hendak dikompres. Anda juga dapat melakukan upload file dengan cara drag secara langsung di browser. Anda perlu menunggu waktu beberapa saat hingga proses unggahan file selesai. Proses untung mengunggah file di laman ini memang tidak lama.

Bila dokumen sudah selesai diunggah, maka laman memberikan informasi dan pilihan. Cara mengecilkan ukuran file pdf pada laman ini disediakan pilihan mengenai besaran kompres serta kualitas file yang sudah dikompres. Anda dapat memilih salah satu dari opsi yang disediakan. Apabila sudah mengklik pilihan, maka Anda dapat mengunduh berkas tersebut pada komputer maupun ponsel Anda.

Menciutkan File PDF Dengan Laman iLovePDF

mengecilkan PDF iLovePDF.jpg

Cara mengecilkan ukuran file pdf melalui laman iLove PDF juga hampir sama seperti beberapa laman situs penyedia layanan convert lainnya. Anda perlu membuka situs iLovePDF pada mesin pencari. Pada bagian tengah di layar, tersedia pilihan ‘pilih file pdf’. Klik pilihan ‘pilih file pdf’ untuk mengunggah dokumen pdf yang hendak dikompres ukurannya.

Setelah proses unggahan file selesai, maka Anda akan dihadapkan pada 3 opsi. Hampir sama pada laman kompres lainnya, di iLovePDF juga menyediakan opsi untuk kompres file. Ketiga opsi tersebut antara lain kompres dengan ekstrem, kompres yang disarankan serta kompres rendah. Anda dapat memilih salah satu opsi tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kondisi file.

Baca juga : Belajar dasar-dasar Android Studio

Bila memilih opsi kompres ekstrem, maka file akan dikompres maksimal sehingga berukuran sangat ringan. Namun konsekuensinya adalah file tersebut berkualitas rendah. Bila Anda memilih opsi yang disarankan, maka kualitas dokumen yang diperoleh cenderung bagus. Anda juga dapat memilih kompresi rendah bila file pdf sudah dirasa tidak terlalu besar sehingga hanya perlu kompresi minimum

Apabila Anda sudah memilih satu opsi dari beberapa pilihan di atas, cara mengecilkan ukuran file pdf selanjutnya adalah klik pilihan ‘Kompres PDF’. Anda perlu menunggu beberapa saat sampai sistem sudah selesai melakukan kompresi file. Apabila sudah selesai, maka file pdf tersebut sudah terunduh dengan otomatis ke dalam komputer maupun ponsel Anda.

Cara Mengecilkan Ukuran File Pdf Dengan SodaPDF

cara mengecilkan ukuran file pdf

Cara mengecilkan ukuran file pdf lain yang bisa Anda coba adalah melalui laman SodaPDF. Laman ini menyediakan fasilitas untuk mengompres file pdf baik melalui perangkat Anda maupun melalui akun penyimpanan seperti Dropbox maupun Google Drive. Anda cukup memilih pilihan Choose File yang tersedia pada bagian tengah layar.

Anda perlu menunggu beberapa saat hingga proses pengunggahan file selesai. Setelah itu, sama seperti laman iLovePDF, laman SodaPDF juga menyediakan 3 pilihan yang bisa digunakan untuk mengompres file PDF sesuai dengan kebutuhan. Pilihan tersebut adalah low quality, good quality serta high quality.

Setelah memilih salah satu opsi yang ada, maka Anda perlu menunggu selama beberapa waktu hingga kompresi selesai. Apabila kompresi sudah selesai, cara mengecilkan ukuran file pdf yang paling terakhir adalah mengunduh file hasil kompresi secara langsung. Anda juga dapat memilih opsi untuk file dikirim terlebih dahulu melalui email.

Kelebihan lain dari SodaPDF adalah bisa digunakan untuk offline melalui aplikasi SodaPDF. Jadi apabila Anda sedang tidak memiliki kuota internet yang mencukupi, dapat memanfaatkan aplikasi tersebut. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melakukan kompresi file pdf kapan saja serta dimana saja baik menggunakan internet maupun tanpa internet.

Ternyata proses mengompres file berupa pdf tidaklah sulit. Kini Anda dapat mengunggah file lebih ringkas sehingga lebih cepat. Selain itu berkas yang dikompres juga tidak berubah kualitasnya sehingga masih dapat dibaca serta dicetak dengan jelas. Anda dapat memilih salah satu dari cara mengecilkan ukuran file pdf di atas supaya file lebih ringkas untuk digunakan.

 

Sulthon
Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *