Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Cara Mengubah Pdf ke Word dengan Mudah dan Cepat

3 min read

Cara Mengubah Pdf ke Word dengan Mudah dan Cepat

Cara Mengubah Pdf ke Word – tentu banyak dari anda yang sudah tidak asing lagi bukan dengan format file portable document format (PDF)? Format file ini memang tidak kalah populernya dengan Ms Word yang banyak digunakan untuk urusan perkantoran dan yang lainnya.

Mengapa Memilih File PDF?

Banyak orang yang memilih menyimpan suatu document dengan format PDF ini. Hal tersebut karena format file pdf ini memudahkan orang untuk membaca serta mendistribusikan dokumen tanpa merubah format atau menjadikan file berantakan sekalipun dibukan dengan berbagai device tertentu, termasuk smartphone.  Ketika  membuka format file ini memang membutuhkan aplikasi khusus PDF reader yang sudah banyak jenisnya.

Dibalik keunggulan file ini, format pdf ini juga kurang sempurna untuk beberapa keperluan. Misalnya ketika anda ingin melakupan perintah salin dari pdf ke word atau anda ingin mengedit file pdf, maka hal tersebut tidak akan optimal. Jika pun bisa maka hasilnya akan berantakan, tidak seperti ketika anda melukan perintah salin di Ms Word.

Ada juga sih aplikasi yang memungkinkan anda untuk mengedit file pdf, hanya saja tidak seleluasa ketika anda melukan editing di word. Hasilnya pun tentu juga tidak akan memuaskan.

Namun, jangan khawatir!

Format file pdf tetap bisa disalin atau dilakukan editing dengan leluasa, tentunya dengan mengubah format pdf tersebut ke word. Nah, Bagaimana cara mengubah pdf ke word? Gak usah bingung. Yuk simak ulasannya sebagai berikut.

Cloud Computing Adalah, kelebihan dan kekurangan Cloud computing

Cara Mengubah PDF ke Word dengan Mudah

Untuk merubah format pdf ke word ini bisa dilakukan di berbagai device baik dari perangkat computer atau menggunakan ponsel pintar. Hanya saja untuk memudahkan pekerjaan anda tersebut, disarankan untuk mengubahnya dengan perangkat computer, kecuali jika mendesak.

Cara mengubah pdf ke word itu pun juga ada banyak loh, mulai dengan menggunakan aplikasi, tanpa aplikasi dan menggunakan koneksi internet.

Seperti apa sih caranya? Nah, daripada bingung simak tips merubah pdf ke word berikut ini.

1.     Mengubah dengan Microsoft Word 2013 atau yang lebih baru

Cara merubah pdf ke word yang paling mudah ialah dengan menggunakan aplikasi sejuta umat, Microsoft word. Hanya saja tidak semua Ms Word ini bisa digunakan, hanya yang versi 2013 ke atas yang bisa digunakan.

Untuk Ms Word di bawahnya tetap bisa juga sih melakukan tugas yang sama, hanya saja membutuhkan aplikasi tambahan semacam coverter PDF.

Lalu, cara mengubah pdf ke word menggunakan Microsoft word gimana? Simak langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pilih open other document
  • Pilih computer, dan browser. Anda bisa cari file pdf yang akan anda ubah formatnya jadi word.
  • Tinggal klik open saja
  • Maka file pdf tersebut sudah berubah format menjadi word yang anda bisa melakukan editing dengan mudah.

Namun yang perlu digarisbawahi ialah bahwa tidak semua format pdf bisa diubah menjadi word dengan menggunakan aplikasi Ms Word ini. Atau ada kemungkinkan jikapun bisa diubah belum tentu juga bahwa filenya tersebut juga mudah diedit.

Baca juga : cara menulis daftar pustaka

2.     Cara Merubah Pdf ke Word dengan Fitur Google Docs

Jika menggunakan cara pertama tadi anda kesulitan atau hasilnya tidak sesuai dengan yang anda butuhkan, maka anda bisa menggunakan google docs ini. Secara umum, caranya pun juga mudah yakni hanya dengan  mengupload file pdf yang anda pilih lalu tinggal edit sesuai dengan kebutuhan anda.

Yang tidak kalah kerennya, anda juga bisa menyimpan file pdf yang akan anda edit tersebut ke berbagai jenis file, termasuk semua versi format penyimpanan di Microsoft office.

Tidak usah lama-lama berikut ialah langkah mengubah pdf ke word dengan menggunakan google docs:

  • Buka google docs
  • Tinggal pilih file yang akan anda buka.
  • Setelah anda  memilih file-nya, maka akan muncul pemberitahuan dengan beberapa opsi. Tinggal pilih “upload” file yang akan anda ubah.
  • Silahkan unduh file yang telah terubah tersebut.
  • Buka file yang diunduh dan file tersebut akan terbuka melaui Google Docs.
  • Untuk merubah ke format word, pilih menu “file”
  • kemudian ”download as..” pilih format word.

Dibandingkan cara pertama mungkin ini sedikit lebih ribet ya? Namun hasilnya juga bagus kok sesuai dengan kebutuhan anda jarang terjadi error.

Baca juga : cara membuat QR Code

3.     Cara Merubah Pdf ke Word dengan Adobe Acrobat PRO

Selain menggunakan cara-cara di atas, anda juga bisa mengubah pdf ke word dengan menggunakan aplikasi Adobe Acrobat PRO. Aplikasi ini memang memudahkan kita untuk merubah file pdf menjadi format yang lainnya. Hanya saja sebelum melakukan pengubahan tersebut, tentu anda harus punya dan install aplikasinya terlebih dulu.

Berikut ialah cara mengubah pdf ke word dengan menggunakan aplikasi Adobe Acrobat PRO:

  • Buka aplikasi Adobe Acrobat PRO
  • Pilih file pdf yang akan anda ubah ke format word
  • Pilih Save Ad Other
  • Klik Microsoft Word
  • Pilih jenis document yang akan anda simpan ( Word 2003, Word Documen atau yang lainnya)
  • Selesai

Cara ketiga ini juga cukup simple anda mudah bukan? Hanya saja anda perlu punya aplikasinya.

 

4.     Cara Merubah Pdf ke Word dengan UniPDF

Selain menggunakan Adobe Acrobat PRO, bisa juga menggunakan aplikasi UniPDF untuk mengubah pdf ke word. Aplikasi ini juga tersedia gratis loh.

Berikut ialah langkah-langkah merubah pdf ke word dengan UniPDF:

  • Buka aplikasinya
  • Buka tab pengaturan “settings” lalu pilih tipe “.doc” pada bagian format word.
  • Kembali ke “home” dan atur bagian output dengan memilih Word.
  • Klik “add” dan pilih file pdf yang akan anda ubah ke word
  • Pilih “convert” untuk mengubah formatnya

5.     Cara Merubah Pdf ke Word Online

Ini bisa dikatakan cara pamungkas bagi anda yang ingin mengubah file pdf ke word. Untuk melakukannya memang anda membutuhkan koneksi internet yang stabil. Cara mengubah pdf ke word online ini juga banyak dipilih, khususnya mahasiswa karena lebih cepat, mudah dan tentunya gak ribet.

Konversi filenya pun juga tidak sebatas word saja namun juga jenis pilihan file document yang lainnya. Ada banyak website yang menyediakan layanan pengubahan format file document tersebut dan gratis.

Secara umum, langkah-langkah mengubah file pdf ke word secara online ialah sebagai berikut:

  • Kunjungi salah satu website penyedia layanan pengubah file document yang anda anggap paling mudah digunakan. Bisa menggunakan fitur pencarian google.
  • Pilih menu converter, biasanya pdf to word, atau yang lainnya
  • Upload file pdf yang akan anda ubah.
  • Pilih “convert”
  • Tinggal undah file yang sudah dikonversi.

 

Nah, itu dia setidaknya lima cara mengubah pdf ke Word dengan mudah dan cepat yang bisa anda pilih. Sebelum melakukan pengubahan file tersebut, pastikan bahwa file pdf-nya bisa diubah ke word, bukan merupakan hasil scan dari buku atau yang lainnya. Semoga bermanfaat.

 

 

 

Sulthon
Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *