Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

✔️26+ Contoh Poster Niaga: Pengertian, Fungsi,

3 min read

contoh poster niaga terbaru

Lalu apa itu poster niaga? Sebelumnya, Anda perlu tahu pengertian poster terlebih dahulu. Dewasa ini, media publikasi sudah semakin beragam, baik yang memanfaatkan media cetak maupun digital.

Ya, meskipun publikasi melelalui media digital sudah begitu marak dan efisien, namun hal ini tidak membuat eksistensi media publikasi cetak seperti poster memudar.

Jenis-jenis poster sendiri sangat beragam jika dilihat dari tujuan pembuatannya, seperti poster niaga, poster komersial, poster acara dan lain sebagainya. Nah, salah satu jenis poster yang paling banyak dijumpai di tempat umum adalah poster niaga.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum yang bisa berupa pengumuman atau iklan.

Sementara beberapa ahli berpendapat:

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai, poster adalah kombinasi visual dari desain yang kuat dilengkapi dengan warna-warna dan pesan, bertujuan untuk menangkap perhatian masyarakat yang melihatnya serta menanamkan ide yang berarti dalam ingatannya.

Sri Anitah, poster adalah gambar yang menggabungkan unsur-unsur visual, seperti garis, kata-kata dan gambar yang memiliki tujuan untuk dapat menarik perhatian serta menyampaikan pesan secara singkat.

Azhar Arsyad, poster adalah sebuah media dua dimensi visual yang berisi gambar serta pesan singkat tertulis yang bertujuan untuk menyampaikan hal-hal khusus dan mampu mempengaruhi orang-orang yang melihatnya.

Baca juga :

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 2×3 3×4 4×6

Pengertian Poster Niaga

Bisa disimpulkan bahwa poster niaga adalah media visual yang menggabungkan gambar dengan kata-kata dan bertujuan untuk menyampaikan sesuatu serta mempengaruhi pembacanya untuk tujuan pemasaran dan menawarakan produk atau jasa.

Poster komersial ini banyak digunakan oleh perusahaan atau pelaku usaha sebagai media marketingnya.

Fungsi dan Tujuan Poster Niaga

Pembuatan poster niaga yang kemudian ditempel di berbagai tempat tentu memiliki fungsi  dan tujuan tersendiri, seperti:

  1. Untuk Memperkenalkan Produk/Jasa

Seperti yang telah disebutkan di atas, jika poster niaga merupakan salah satu jenis poster yang digunakan untuk menawarkan suatu produk atau jasa. Di sini para pelaku bisnis biasanya akan membuat gambar produk atau foto yang berkaitan dengan jasa yang ditawarkan.

Kemudian akan dilengkapi dengan tulisan sebagai keterangan tambahan. Melalui tulisan inilah, pelaku usaha dapat mempengaruhi para pembaca poster.

  1. Untuk Mengajak Pembaca Membeli/Menggunakan Suatu Produk/Jasa

Bukan hanya sebagai media ‘pemberitahuan’ terkait suatu produk atau jasa yang dijual belikan. Namun poster ini juga berfungsi sebagai media untuk mempengaruhi dan mengajak pembacanya membeli atau menggunakan produk/jasa tersebut.

Kalimat yang digunakan pada poster niaga juga tak jarang berupa kalimat ajakan. Contohnya, “Yuk pesan sekarang juga sebelum kehabisan”.

  1. Sebagai Media Informasi

Di tengah ketatnya persaingan bisnis seperti sekarang, begitu banyak perusahaan yang merasa rugi karena produk-produk KW yang bertebaran di pasaran. Nah, melalui poster inilah, pelaku usaha bisa memberikan informasi terkait produk atau jasa yang ditawarkan.

Dengan membawa embel-embel “original”, masyarakat bukan hanya akan teredukasi, namun juga lebih tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan

Kelebihan Poster Niaga Dibanding Media Lain

Tentu sebagian besar dari Anda sudah sangat paham, jika media iklan dan promosi saat ini sangat beragam. Mulai dari yang gratis seperti melalui media sosial, hingga yang berbayar seperti pasang iklan di TV, Radio, Google Ads, dan masih banyak lainnya.

Namun dari sederet pilihan media promosi di atas, poster tetap banyak dipilih karena memiliki beberapa kelebihan, seperti:

  1. Biaya Pembuatan Murah

Disebutkan di atas jika beriklan melalui media sosial Anda tidak akan dikenai biaya. Benar sekali, namun Anda juga harus siap jika audiennya pun cukup terbatas, yakni hanya sejumlah followers Anda. Sementara untuk menggapai audiens yang jauh lebih banyak, Anda harus mengikuti program iklan berbayar.

Namun dengan menggunakan poster niaga, Anda bisa mendapat audiens yang luas meski dengan mengeluarkan budget sedikit. Hanya bermodal desain poster yang bisa Anda buat sendiri melalui platform desain online, dan biaya cetak poster, Anda sudah bisa mengiklankan produk/jasa.

  1. Area Cakupan Cukup Luas

Sebenarnya hal ini sangat tergantung dari usaha Anda, seberapa luas area yang ingin digapai. Biasanya, penyebaran atau penempelan poster dilakukan di tempat umum dan area yang banyak dilalui orang.

Jika Anda ingin mendapat audiens yang lebih banyak, tentu Anda juga harus menempelkan poster di lebih banyak tempat.

  1. Desain Fleksibel

Di sini para pembuat poster niaga sangat dibebaskan dalam membuat desain dan menentukan informasi yang ingin disampaikan. Anda bias berkreasi semaksimal mungkin untuk membuat poster niaga yang bukan hanya menarik, namun juga bisa mendatangkan pembeli.

Hanya saja, agar poster Anda tidak dicopot oleh pihak lain, pastikan informasi yang disampaikan tidak mengandung SARA.

Manfaat Memasang Poster

Semua pihak yang memasang poster di tempat umum pastinya mengharapkan manfaat tertentu. Begitu juga perusahaan atau pelaku bisnis yang memasang poster niaga.

Pada tahap awal, poster niaga juga berperan sebagai brand awareness perusahaan atau sebuah bisnis. Ketika melihat dan membaca suatu poster yang menarik, masyarakat cenderung akan mengingatnya.

Dengan begitu, saat mereka membutuhkan produk/jasa yang Anda tawarkan, masyarakat akan langsung memilih perusahaan Anda.

Kekurangan Poster Niaga

Meskipun menawarkan banyak kelebihan, namun tidak bisa dipungkiri jika poster ini juga masih memiliki kekurangan, seperti:

  1. Area Penyebaran Terbatas

Berbeda dengan pemasaran secara digital yang jangkauannya tanpa batas. poster ini biasanya hanya menargetkan suatu wilayah saja. Jika wilayah yang ditargetkan lebih luas, maka penyebarannya pun harus ekstra banyak.

  1. Tidak Semua Orang Bisa Membuat Desain yang Menarik

Satu kesalahan yang sering dilakukan oleh para pembisnis, yakni membuat poster dengan desain yang ‘tidak mengundang’. Kunci utama dari poster niaga adalah mampu mengundang masyarakat yang melihatnya untuk membaca lebih detail. Kemudian baru masuk pada pembelian.

Namun, di sini begitu banyak pembisnis yang belum mengetahui poin-poin apa saja yang dapat membuat posternya terlihat menarik.

Selain desain, kata-kata yang disematkan pada poster niaga juga harus menarik audiens untuk melakukan suatu aksi (membeli, memesan atau menggunakan produk/jasa yang ditawarkan).

Contoh Poster Niaga

Berikut ini adalah contoh poster penjualan yang bisa kalian contoh

Poster Makanan

Apa Itu Poster Niaga

contoh poster niaga

 

gambar poster niaga

Poster Minuman

poster niaga makanan

 

Poster Teh kotak

Poster Indomart alfamart

Poster sabun

Poster marketplace

Kesimpulan

Jadi, jika ditanya kembali apa itu poster niaga, yakni media visual yang dibuat untuk tujuan pengenalan dan pemasaran suatu produk ataupun jasa.

Jika kalian ingin mencetak poster niaga, kalian bisa mengunjungi cetak poster niaga jakarta 

Penggunaan media cetak ini memang cenderung lebih murah, namun area penyebarannya juga relatif lebih sempit. Dengan kata lain, audiens yang dicapai akan lebih sedikit.

Meski begitu, penggunaanya masih diminati para pembisnis dan dapat memberikan hasil yang cukup efektif. Asalkan desain poster dibuat semenarik mungkin, dan penyampaian informasi serta ajakan yang meyakinkan siapa saja yang melihatnya.

Sulthon
Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *