Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

5+ Cara Email Blast Untuk Email Marketing

2 min read

Cara Email Blast Untuk Email Marketing

Email marketing atau yang biasa disebut email blast menjadi pilihan yang tepat untuk dipertimbangkan karena dengan menggunakan email blast, pengguna dapat melakukan follow up dan membagikan email secara luas. Email blast merupakan cara yang efektif daripada harus menggunakan media social. Email blast juga tidak memerlukan banyak biaya.

Apa itu email blast dan email marketing?

Mari agar lebih memahaminya, anda dapat membaca artikel ini yang membahas apa itu email blast dan bagaimana cara email blast untuk email marketing.

Daripada berlama-lama mari langsung saja kita mulai dari pengertian dari email blast.

Pengertian email blast dan Email Marketing

Email blast merupakan istilah yang sering kali digunakan pada aktivitas pengiriman email yang ditujukan untuk banyak penerima dengan waktu bersama. Email blast digunakan untuk tujuan maeketing/penjualan, oleh sebab itu email blast juga sering disebut dengan email marketing. Mayoritas penyedia layanan email yang bersifat massal ini menyebut platform mereka dengan email marketing.

Cara Email Blast Untuk Email Marketing

Perlu diketahu bahwa, platform email biasa, tidak dapat digunakan untuk mengirim email blast. Hal demikian lantaran email yang dikirim dalam melakukan pengiriman email blast jumlahnya cukup banyak. Selain itu terdapat banyak fitur dalam email blast/email marketing yang tidak di ada dalam platform email biasa. Seperti email otomatis, laporan, segmentasi audiens, maupun analisis performa email itu sendiri. Fitur-fitur tersebut hanya ada pada platform-platform khusus email marketing/email blast.

Baca juga : cek responsive website mu disini

Secara defintif, email blast/email marketing merupakan pesan yang bertujuan untuk memberikan informasi maupun tindakan dengan motif komersil. Contohnya seperti penawaran, promo, produk, diskon, tawaran menjadi membership, dan berbagai kebutuhan lain yang bersifat komersil.

biasanya ditujukan pada sekelompok pengguna media email. Dapat juga dikatakan sebagai rangkaian kegiatan pemasaran digital. Seperti kegiatan mengumpulkan email sampai pengiriman email secara simultan.

Baca juga : 5 Tools Wajib Instagram

Cara Email Blast 

Dengan semakin berkembangnya teknologi, tentu tidak sulit untuk melakukan cara email blast untuk email marketing. Anda hanya harus mencari software atau platform yang menyediakan layanan email blast dengan mengetik kata kunci di browser. Software email blast/email marketing dapat membatu pengguna secara efisien dalam melakukan pengelolaan database yang dihimpun dari pelanggan.

Platform email blast/email marketing biasanya berisi platform yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pengiriman secara simultan. Carilah software yang menurut anda mundah digunakan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika anda menggunakan software dalam menggunakan email blast.

Selanjutnya mari kita bahas hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan.

Apa Saja yang Diperlukan dalam Memilih Platform email marketing

Setelah membahas cara email blast. Selanjutnya mari kita bahas apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih platform email blast/email marketing:

  • Tujuan Perusahaan.

Agar lebih optimal, ada baiknya jika anda memahami terlebih dahulu tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan. Seperti memahami tujuan kampanye perusahaan. Hal demikian penting karena dengan memahami tujuan perusahaan anda dapat menggunakan layanan yang sesuai dengan kebutuhan, sehingga anda tidak membakar uang dengan percuma

  • Template Email
Cara Email Blast Untuk Email Marketing
Template email gratis

Template email perlu diperhatikan dan dipertimbangkan, apalagi ketika pemilihan platform email blast. Dengan berbagai pilihan template yang menarik, pembaca pesan email blast anda menjadi tidak merasa bosan. Dengan tampilan template email yang menarik tentu saja hal tersebut akan menjadi nilai plus tersendiri di mata calon customer anda.

Baca juga : 8+ plugin terbaik untuk toko Online

  • Memilih Platform Gratis dan Berbayar

Selanjutnya ini menjadi pertimbangan yang penting. Karena tentu saja antara Platform yang gratis dan berbayar jelaslah beda. Kita ingat point satu, yaitu tujuan perusahaan, dimana dengan pertimbangan tersebut anda dapat memilih dengan bijak platform yang anda pilih. Terdapat beberapa perusahaan yang menyediakan jasa email blast secara gratis, tapi tentu saja dengan fitur yang terbatas, seperti Mailchimp yang menyediakan layanannya gratis. Mailchimp hanya memungkinkan anda mengirim email secara simultan maksimal sampai 12.000 email tiap bulan, serta dibatasinya hanya pada 2.000 subscriber.

Sementara platform berbayar memungkinkan anda dengan penyesuaian yang disesuaikan dengan pembayaran penggunanya. Baik pada setiap bulan maupun tahun, tentu saja dengan berbagai variasi fitur hingga harga yang juga disesuaikan.

  • Audiens

Anda harus melakukan segmentasi audiens, dimana ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan. Seperti konsumen, minat konsumen, lokasi dan hingga engagement. Dengan begitu anda dapat mempertimbangkan fitur segementasi audiens, sehingga dapat mengirim email sesuai dengan target audiens

Baca juga : Online kan bisnis mu dengan Google my businness

  • Hal-Hal yang Harus Dihindari

Apabila anda ingin membeli email list, hidarilah membeli dari pihak ketiga. Karena hal tersebut dapat memberi kesan pada pembaca pada mail list yang telah dibeli menganggap kita sebagai pihak yang melakukan promosi illegal. Hal tersebut, lantaran mereka tidak pernah mengunjungi situs kita dan tidak berlangganan tetapi kemunculan email blast kita yang secara tiba-tiba tersebut. Ada hal lain yang perlu dihindari, yaitu dengan jangan pernah menyertakan atatchements atau lampiran file pada email anda. Hal tersebut memungkinkan pembaca untuk mendownload lampiran ersebut. Hal demikian dapat berbahaya karena dapat disalahgunakan atau mengandung aktivitas berbahaya lain, serta virus.

 

Kesimpulan

Demikian artikel cara email blast dan berbagai macam hal yang perlu diperhatikan ketika anda ingin menggunakan email blast guna melancarkan bisnis anda. Semoga artikel ini dapat membantu.

Sulthon
Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *