Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Kelebihan dan Kekurangan Digital Ocean Cloud Hosting

3 min read

Kelebihan dan Kekurangan Digital Ocean Cloud Hosting

Kelebihan dan Kekurangan Digital Ocean – Pengguna website pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya hosting. Bisa dibilang hosting adalah keperluan awal bagi sebuah website. Buat kamu yang baru akan membuat website, kamu perlu tahu mengenai apa sebenarnya hosting dan mengapa keberadaannya sangat diperlukan?

Hosting adalah tempat penyimpanan semua data yang ada di website bisa berupa gambar, video, tulisan, musik dan sebagainya. Jika tidak ada hosting, data-data yang ada di website tidak bisa ditampilkan. Ibaratnya jika akan membuat rumah, maka hosting inilah lahannya.

Hosting sendiri terdiri dari beberapa macam pilihan yang bisa dipilih dan digunakan pengguna website sesuai dengan kebutuhannya. Nah, yang pertama adalah Share hosting dimana satu hosting bisa digunakan oleh beberapa website. Kedua, Edicated hosting dengan satu hosting hanya dipakai satu website atau client. Ketiga, VPS (virtual private server) hosting dimana pengguna website hanya perlu menyewa satu server saja tidak perlu secara keseluruhan dan cloud hosting dengan tersedia beberapa server yang bisa digunakan.

Digital Ocean – Hosting terkenal yang telah Mendunia

Ada banyak sekali provider hosting baik lokal maupun internasional yang menawarkan beragam kemudahan bagi pengguna website, salah satunya adalah Digital Ocean. Sebuah perusahaan yang menyediakan layanan cloud IaaS dan telah berdiri sejak 2011. Bermarkas di 101 6th Ave, New York, Amerika Serikat serta telah tersebar di 12 pusat data di berbagai belahan dunia termasuk London, Amsterdam, San Fransisco, Singapura, Toronto, dan India. Memberikan layanan cloud hosting dengan harga terjangkau. Apakah kamu pernah bertanya tentang Kelebihan dan Kekurangan Digital Ocean ?

Baca juga : 4+ Cara Cek Responsive Website Dengan Mudah

Kelebihan dan Kekurangan Digital Ocean Cloud Hosting

Walaupun baru beberapa tahun berdiri, pertumbuhan Digital Ocean sudah sangat pesat. Sebagai server hosting yang sangat populer dan telah mendunia, Digital Ocean memiliki 6  pilihan produk yang ditawarkan kepada pelanggan, pilihan produk tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Droplets: Layanan Virtual Machine berbasis SSD (Solid State Drive) atau biasa disebut VPS. Biaya sewa $5 per bulan atau $0,007 per jam dengan spesifikasi paling rendah RAM 1 GB, 1vCPU, dan SSD 25 GB.
  2. Spaces: Object Storage dengan kapasitas 250 GB dan biaya sewa $5 per bulan.
  3. Kubernetes: Layanan ini mudah digunakan dan dirancang untuk aplikasi berbasis layanan-mikro.
  4. Load Balancers: Memiliki fungsi sebagai penyeimbang beban server, membaginya ke beberapa droplet.
  5. Block Storage: Storage tambahan untuk mengantisipasi disk yang tidak cukup, dengan biaya $0,10/ GB per bulan.
  6. One-Click Apps: Menyediakan paket aplikasi yang ada pada image doplet. Paket aplikasi yang ditawarkan diantaranya adalah Django, Ghost, Gitlab, WordPress, Docker, LAMP (Apache), LEMP (Nginx), dan lain sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan Digital Ocean Cloud Hosting

Penawaran paket could server dari Digital Ocean

Digital Ocean memiliki beberapa penawaran produk VPS (virtual private server) berbasis teknologi cloud dengan rentang harga dan spesifikasi yang bervariasi yang bisa dipilih oleh pengguna website, bergantung pada kebutuhan website yang ada. Kelebihan dan Kekurangan Digital Ocean dari segi harga :

  • $5 per bulan dengan spesifikasi RAM 1 GB, 1 vCPU, SSD 25 GB
  • $10 per bulan dengan spesifikasi RAM 2 GB, 1 vCPU, SSD 50 GB
  • $15 per bulan dengan spesifikasi RAM 3 GB, 1 vCPU, SSD 60 GB
  • $15 per bulan dengan spesifikasi RAM 2 GB, 2 vCPU, SSD 60 GB
  • $15 per bulan dengan spesifikasi RAM 1 GB, 3 vCPU, SSD 60 GB
  • $20 per bulan dengan spesifikasi RAM 4 GB, 2 vCPU, SSD 80 GB
  • $40 per bulan dengan spesifikasi RAM 8 GB, 4 vCPU, SSD 160 GB
  • $80 per bulan dengan spesifikasi RAM 16 GB, 6 vCPU, SSD 320 GB
  • $160 per bulan dengan spesifikasi RAM 32 GB, 8 vCPU, SSD 640 GB
  • $240 per bulan dengan spesifikasi RAM 48 GB, 12 vCPU, SSD 960 GB
  • $320 per bulan dengan spesifikasi RAM 64 GB, 16 vCPU, SSD 1280 GB
  • $480 per bulan dengan spesifikasi RAM 96 GB, 20 vCPU, SSD 1920 GB
  • $640 per bulan dengan spesifikasi RAM 128 GB, 24 vCPU, SSD 2560 GB
  • $960 per bulan dengan spesifikasi RAM 192 GB, 32 vCPU, SSD 3840 GB

SSD (Solid State Drive) memiliki performa yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan HDD. Hal ini membuat Ocean Digital memiliki kecepatan dengan performa yang baik dalam 55 detik dan menjamin uptime server 99,99% sehingga kemungkinan server mati ketika sedang digunakan sangat kecil. Dan juga transfer data dan penyimpanan data yang tidak terbatas mulai dari 1 TB dan 25 GB.

Selain itu, lokasi server juga memberikan pengaruh pada rasio kecepatan jaringan. Jika calon pelanggan yang berdomisili di Indonesia dan akan menggunakan VPS Digital Ocean, sebaiknya gunakan server virtual machine Digital Ocean yang paling dekat, yaitu Singapura.

Baik atau tidaknya suatu provider hosting dapat dilihat dari uptime yang stabil, support, dan page load time (speed) yang cepat. Dan sejauh ini, dari berbagai survei dan tes atau pengujian yang telah dilakukan oleh pengguna www.digitalocean.com, menunjukkan bahwa Ocean Digital memiliki performa yang bagus dengan memenuhi semua kriteria tersebut.

Baca juga : Dasar Dasar Coding

Kelebihan dan Kekurangan Digital Ocean

Digital Ocean sebagai provider hosting yang telah mencapai 1 juta lebih developer dari 195 negara terus mengembangkan produknya sehingga memberikan kemudahan bagi pengguna website. Beberapa kelebihan dari Digital Ocean adalah sebagai berikut:

  1. Mudah dalam Pembayaran

Digital Ocean memberikan beberapa opsi pembayaran yang memudahkan pelanggan. Pembayaran bisa dilakukan dengan menggunakan kartu kredit, Paypal, atau kartu debit.

  1. Harga sewa terjangkau dan fleksibel

Biaya yang ditawarkan oleh Digital Ocean mulai dari $5 per bulan dengan spesifikasi RAM I GB, SSD 25, dan 1 TB Bandwith. Harga tersebut termasuk dalam biaya yang murah. Selain itu, pilihan harga yang ditawarkan juga bisa per jam atau per bulan bergantung kebutuhan pengguna website.

  1. Suport responsif

Apabila ada masalah atau komplain, maka akan direspons dengan cepat sehingga masalah cepat terselesaikan.

  1. Tersedia Linux populer dan instalasi hanya sekali klik

Ini merupakan salah satu fitur yang paling disukai oleh pengguna. Fitur ini memungkinkan pengguna hanya cukup menekan 1 kali Click Apps untuk menginstal wordpress pada website atau blog. Tidak hany iatu, masih banyak aplikasi yang bisa diinstall hanya dengan menggunakan 1 kali klik saja, seperti LEMP, Ghost, Cpanel, Helpy, Django, Ruby on Rails, dll.

  1. Memiliki kontrol panel yang mudah dikendalikan
  2. Komunitas developer yang dimiliki aktif
  3. Stabilitas server yang andal

Selain beragam kelebihan yang ditawarkan, tentu saja setiap provider memiliki kekurangan. Termasuk juga Digital Ocean juga memiliki kekurangan salah satunya adalah provider Digital Ocean tidak ideal untuk pemula. Selain itu, proses pendaftarannya juga rumit karena diperlukan verifikasi identitas dengan mengunggah scan KTP.

Itulah beberapa penjelasan mengenai provider hosting Digital Ocean. Semoga bermanfaat dan memberikan gambaran mengenai kinerja VPS Digital Ocean dan price to value yang sesuai kebutuhan sebagai provider yang akan dipilih.

Sulthon
Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *