Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

20+ Dasar-Dasar Belajar Coding Website, Apa Itu Coding

5 min read

20+ Dasar-Dasar Coding Website, Apa Itu Coding Lengkap !

20+ Dasar-Dasar Belajar Coding Website, Apa Itu Coding – Dalam kehidupan sehari-hari dunia berkembang begitu cepet. Hal tersebut tidak terlepas dari perubahan zaman, dimana banyak hal di sekitar kita berubah bentuk dalam bentuk digital. Kemajuan tehnologi ini membuat banyak orang ingin belajar tentang coding. Fenomena demikian dapat kita lihat dari munculnya berbagai macam sekolah coding yang didirikan guna mengajarkan pada anak-anak dan remaja berumur 13 tahun ke atas yang banyak tertarik untuk belajar coding. Selain sekolah, juga terdapat berbagai macam seminar programmer dan kelas akhir minggu yang dibuka dengan tujuan sama, yakni ditujukan belajar coding untuk orang-orang yang sudah bekerja tapi ingin belajar coding.

Namun, semakin mudahnya teknologi, anda dapat belajar tentang dasar-dasar belajar coding website di rumah, tentu saja dengan harga murah disbanding harus masuk sekolah atau mengikuti seminar. Bahkan anda dapat belajar dengan gratis.  Yakni dengan browsing dan mempraktekannya sendiri. Tentu saja belajar apapun tetap membutuhkan ketekunan begitu juga dengan belajar dasar-dasar coding website.

Nah daripada berlama-lama mari kita bahas satu per satu.

20+ Dasar-Dasar Coding Website, Apa Itu Coding Lengkap !

Apa itu Coding

Mari kita belajar dari memahami apa itu Coding.

Coding adalah proses pengolahan kode yang menggunakan bahasa pemrograman. Dimualai dari menulis, memperbaiki, hingga memelihara. Kode tersebut merupakan pembangun sebuah program. Nantinya kode tersebut yang bisa memberi perintah pada website.

Coding merupakan istilah sederhanda dari computer programming. Dimana seorang programer membbuat sebuah perintah pada komputer. Kode, dianggap sebagai sebuah kalimat dalam bahasa sehari-hari. Setiap kode ini akan membantu mengetahui apa yang ingin dilakukan pengguna, guna memberi perintah untuk seperangkat komputer melakukan pekerjaan.

Komputer akan menerima perinta dari code yang diberikan, dan nantinya komputer tersebut akan mengikuti apa yang ditulis oleh programmer. Sederhananya sebuah kumpulan intruksi dalam bentuk kode yang mampu menjalankan perintah di komputer.

Baca juga : Belajar Android dengan Android Studio

Cara Belajar Coding Website

Website merupakan software yang dibangun dengan coding. Sebutanya adalah web development atau web programming, yaitu proses pembuatan sebuah webite atau aplikasi dengan coding. Website-website tersebut nantinya yang akan dikunjungi oleh orang yang dapat mengakses internet. Sebenarnya ada dua jenis programer website yaitu :

  • web development, yaitu yang dapat digunakan membahas bagian tekis pembuatan sebuah website
  • web design, yaitu istilah yang disematkan untuk membahas bagian visual pada webite

kedua jenis web development tersebut, tentu saja dibangun dengan menggunakan cara coding. Nah selanjutnya mari kita bahas bagaimana dasar-dasar coding website itu sendiri.

20+ Dasar-Dasar Coding Website, Apa Itu Coding Lengkap !

Dasar-Dasar Coding Website

Berikut langkah-langkah yang perlu diketahui ketika kalian ingin membangun sebuah website dengan cara coding :

  • HTML adalah bagian inti dari seluruh halaman pada website. Untuk belajar HTML, kita harus terbiasa dengan penggunaan web browser seperti Google Chrome atau Mozila. Selanjutnya untuk berbagai refrensi anda dapat mengakses ke domainesia.com
  • Mempelajari PHP dan CSS sengat berguna untuk memahami dan membuat tampilan website terlihat menarik, cantik, dan dinamis. Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan yang diperlukan
  • Belajar PHP, setelah terbiasa dengan HTML dan CSS serta paham mengoperasikannya selanjutnya kalian harus belajar Programming dengan coding PHP. Bagian ini merupakan awal dari pembelajaran tentang bahasa pemograman komputer atau yang biasa disebut dengan coding. Belajar PHP memungkinkan anda akan mengatu alur logika, memproses hasil form HTML, hingga berkomunikasi dengan database seperti MySQL. Setelah sukses membuat website menggunakan PHP, jangan lupa untuk menyimpannya pada database.
  • Belajar Javascript, Javascript sendiri hampir sama dengan PHP, yaitu bahasa pemrograman murni. Javascript berfungsi membat halaman website agar tempil lebih interaktif, serta visualisasi yang lebih artistik. Javascript sendiri merupakan bahasa pemrograman yang menggunakan konsep berbasis objek.

Baca juga : cara menyimpan foto di google

Selanjutnya, Kita akan bahasa secara detail bagaimana cara coding website dengan HTML

Cara Belajar Coding Website Dengan HTML

Pertama buat file dengan nama index.html

<!DOCTYPE html>

<html>

<head>

<title>Belajar membuat website</title> (muncul diatas browser)

<link rel="stylesheet" type="text/css" href="style.css">

</head>

<body>

<div class="wrap">

<div class="header">

<h2>Pak sulthon</h2> (Judul website)

<p>Tutorial belajar membuat layout website sederhana</p>

</div>

<div class="menu"> (membuat menu)

<ul>

<li><a href="#">Home</a></li>

<li><a href="#">HTML</a></li>

<li><a href="#">CSS</a></li>

<li><a href="#">PHP</a></li>

<li><a href="#">Javascript</a></li>

</ul>

</div>

<div class="badan">

<div class="sidebar">

sidebar

<ul>

<li><a href="#">Tutorial HTML dasar</a></li>

<li><a href="#">Tutorial CSS dasar</a></li>

<li><a href="#">Tutorial PHP dasar</a></li>

<li><a href="#">Tutorial JQuery dasar</a></li>

</ul>

</div>

<div class="content">

content

</div>

</div>

<div class="clear"></div>

<div class="footer">

footer

</div>

</div>

</body>

</html>

*hilangkan kurung ()

Penjelasan Coding HTML

  • Pada layout coding diatas terdapat beberapa hal dasar-dasar coding, diantaranya adalah Header, Sidebar, Body dan Footer.
  • Header berfungsi untuk menaruh judul website/judul artikel, sehingga judul muncul di bagian atas browser
  • Sidebar berfungsi untuk menaruh category yang berada di samping sebuah halaman website. Sidebar juga biasa digunakan untuk menaruh artikel populer yang ada di sebuah website.
  • Body berfungsi untuk menaruh isi artikel atau content dalam sebuah website.
  • Footer berada di bagian bawah website, biasanya footer berfungsi untuk menaruh penjelasan contact, copy right, pemasangan iklan dan category artikel.

Selanjutnya buat file : style.css

.wrap{

background: blue;

width: 900px;

margin: 10px auto;

}

&nbsp;

/*bagian header*/

.wrap .header{

background: green;

/*height: 50px;*/

padding: 2px 10px;

}

&nbsp;

/*akhir header*/

&nbsp;

/*bagian menu*/

.wrap .menu{

background: yellow;

}

&nbsp;

.wrap .menu ul{

padding: 0;

margin: 0;

background: yellow;

overflow: hidden;

}

&nbsp;

.wrap .menu ul li{

float: left;

list-style-type: none;

padding: 10px;

}

/*akhir menu*/

&nbsp;

.clear{

clear: both;

}

&nbsp;

.badan{

height: 450px;

}

/*bagian sidebar*/

.wrap .badan .sidebar{

background: orange;

float: left;

width: 25%;

height: 100%;

}

&nbsp;

/*akhir sidebar*/

&nbsp;

.wrap .badan .content{

background: red;

float: left;

height: 100%;

width: 75%;

}

&nbsp;

.wrap .footer{

width: 100%;

padding: 10px;

}

Setelah itu jalankan file index.html di browser kalian.

 

Cara Belajar Coding PHP Dasar

PHP adalah kepanjangan dari kata Hypertext Preprocessor. Yang pertama kali di buat pada tahun 1994, PHP sendiri merupakan Code yang berada di server dan bergabung dengan HTML yang sudah kita pelajari di atas. Jika fungsi dasar HTML merupakan tampilan website, maka PHP juga bisa membuat tampilan, akan tetapi bentuknya lebih bagus, karena memuat data secara dinamis dan bisa di sesuaikan oleh pemilik website dengan sangat mudah.

Baca juga : Cek responsive sebuah website

Saat ini membuat website dengan PHP banyak sekali jenisnya, mulai dari membuat website dengan script PHP secara manual (tidak disarankan) sampai membuat website dengan PHP Framework yang sudah dikembangkan, seperti Laravel, Yii, CodeIgniter, dan lain-lain.

Untuk membuat website dengan PHP, kalian harus menggabungkan beberapa software, diantaranya adalah XAMPP (untuk pengganti server online menjadi offline) dan MySQL (untuk database penyimpanan data website yang akan kalian bangun)

Aplikasi diatas adalah aplikasi untuk menjalankan web server di lokal komputer kalian. Dengan adanya XAMPP, Anda tidak perlu membeli hosting untuk membuat sebuah website. Pemakaian XAMPP juga bisa menjalankan website yang berbasis WordPress di aplikasi ini.

Sebanarnya untuk memulai belajar pemrograman PHP, kita tidak butuh banyak alat.

Dasar Coding PHP

Cukup dengan 4 alat ini selain yang sudah kita sebutkan diatas:

Yang pertama adalah PHP;

Kedua Composer;

Ketiga Teks Editor;

Keempat Browser.

Dengan keempat alat diatas Kita sudah bisa membuat project PHP dengan teknologi terbaru.

Untuk lebih mudah membuat website dengan PHP, kalian bisa menggunakan framework Laravel atau Code Igniter

Mari kalian coba…

Kesimpulan

Nah perlu diketahui bahwa dasar coding sediri tidak jauh dari bahasa pemrograman. Jika ingin belajar dasar-dasar coding website, maka anda harus menguasai bahasa-bahasa tersebut agar nantinya dapat terbaiasa apabila ingin melakukan coding pada website anda. Bahasa pemrograman sama seperti bahasa kita sehari-hari. Pada bahasa pemograman juga memiliki struktur dasar. Adapun yang perlu diketahui adalah struktur runtutan, struktur perulangan serta struktur percabangan. Jika ada kesempatan, kita akan membahas hal-hal tersebut pada kesempatan lain.

Jadi kesimpulannya adalah, kuta telah membahas mengetahui apa itu coding, bagaimana coding pada website, hingga langkah-langkah yang dapat ditempuh untuk belajar dasar-dasar coding website. Namun, pada dasarnya diperlukan ketekunan dan kerja keras guna mempelajari sesuatu, begitujuga dengan belajar tentang coding pada website. Sementara untuk sarana belajar, anda dapat memanfaatkan berbagai macam media pembelajaran dan pelatihan yang ada di internet.  Semoga artikel yang membahas dasar-dasar coding website pada artikel ini, dapat membantu anda.

Sulthon
Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *