Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Poster Komersial : Pengertian, Manfaat dan Contoh

3 min read

Poster komersial terbaru

Apakah Anda pernah mendengar poster komersial? Seperti namanya, poster komersil dibuat untuk tujuan komersil, baik barang ataupun jasa. Berikut penjelasan lebih lengkap.

Poster adalah salah satu media pengumuman atau penyampaian suatu informasi kepada publik (publikasi) yang sangat efektif. Poster terdiri atas tulisan atau gambar atau kombinasi antar keduanya yang bertujuan menyampaikan informasi kepada masyarakat umum.

Pada umumnya poster akan diletakkan pada tempat-tempat ramai yang strategis dan sesuai dengan sasaran dari poster. Seperti majalah dinding sekolah, gang-gang, jalan raya, pasar, kantor, puskesmas, mall, mading kota, papan informasi masjid dan lain sebagainya. Poster memiliki berbagai macam jenis, salah satunya poster komersial.

Baca juga : Contoh poster niaga dan penjelasanya

Pengertian Poster Komersil

Poster Komersial adalah salah satu jenis poster yang dibuat untuk mempromosikan sesuatu, baik itu barang maupun jasa yang dibuat dengan anggaran tertentu sesuai dengan budget sales promotion.

Secara umum poster komersil hampir sama dengan poster niaga dan memiliki tujuan yang sama pula. Hanya saja poster niaga merupakan jenis poster yang dibedakan berdasarkan isi daripada poster tersebut. Contoh poster komersial akan banyak Anda jumpai di pinggir jalan raya, pusat perbelanjaan, pasar dan masih banyak lagi tempat ramai lainnya.

Fungsi Poster komersil

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, poster ini berfungsi untuk mempromosikan suatu produk atau layanan tertentu kepada masyarakat luas. Adapun manfaat lain dari poster komersial adalah:

  • Media promosi produk baru.
  • Meningkatkan penjualan suatu produk atau layanan tertentu untuk perusahaan jasa.
  • Membuat masyarakat mengenal lebih dalam suatu produk atau jasa. Seperti harga, kandungan dan manfaatnya.
  • Menjangkau pasar produk yang lebih luas.
  • Memperkenalkan perusahaan jasa baru, seperti salon, pangkas rambut, les privat dan lain sebagainya.
  • Sebagai media pemberitahuan adanya diskon atau sale besar-besaran. Biasanya pada event tertentu seperti lebaran, imlek, toko atau penjualan produk akan mengadakan promosi barang secara besar-besaran. Dalam hal ini peran poster komersial sangat dibutuhkan.

Baca juga : Mau belajar gitar ? klik disini

Kelebihan dan Kekurangan Poster Komersial

Segala sesuatu pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, termasuk juga poster komersial. Sebagai media penyampaian informasi kepada masyarakat umum (publik), poster jenis ini memiliki kelebihan sekaligus kekurangan, mengingat saat ini media iklan sudah sangat banyak jenisnya.

Kelebihan

  1. Menjadi salah satu media iklan yang efektif, terlebih jika menggunakan gambar dan kalimat yang menarik. Hal tersebut akan meningkatkan minat baca bagi yang melihatnya, dengan harapan orang tersebut berniat membeli atau menggunakan produk maupun jasa yang ditawarkan.
  2. Dapat membantu sales promotion dalam menyampaikan produk atau jasa yang ditawarkan.
  3. Bisa dipasang atau ditempelkan dimana saja, dengan begitu kemungkinan orang yang akan melihatnya semakin banyak dan tertarik untuk mencobanya.
  4. Media promosi dengan poster dapat dilihat secara terus menerus atau berulang kali, berbeda dengan iklan melalui televisi atau radio.

Kekurangan

  1. Sangat dipengaruhi oleh lingkup pengetahuan orang atau masyarakat yang melihatnya. Orang dengan pengetahuan yang berbeda akan memahami poster dengan sudut pandang yang berbeda pula.
  2. Dapat menimbulkan kemungkinan berbagai interpretasi yang bermacam-macam, bahkan dapat mengacu pada kerugian.
  3. Suatu poster dapat menimbulkan begitu banyak makna bagi kalangan tertentu, namun juga dapat menjadi suatu hal yang menarik untuk kalangan lainnya.
  4. Jika poster terpasang pada suatu tempat dengan intensitas waktu yang terlalu lama, maka nilainya akan berkurang bahkan dapat menimbulkan rasa bosan bagi yang melihatnya.

Tips Membuat Poster Komersial

Sesuai dengan tujuan poster komersial untuk mempromosikan suatu barang atau jasa, maka suatu poster harus memenuhi kriteria tertentu sehingga tujuan dari poster tersebut dapat tercapai dengan baik. Dalam membuat poster tentu saja tidak boleh asal-asalan, berikut ini tips membuat poser komersial:

  1. Buatlah poster dengan bentuk dan tulisan yang sederhana namun jelas dan mudah dipahami.
  2. Menggunakan gambar yang memperlihatkan segi artistik, sederhana dan tetap memperhatikan komposisi warna agar tidak berlebihan.
  3. Gunakan kalimat yang sederhana, umum dan akrab. Jangan gunakan font huruf yang aneh-aneh karena justru menyebabkan poster sulit dibaca.
  4. Pertimbangan ukuran poster dengan tempat serta isi poster.
  5. Poster dapat dibuat di atas media kertas, kayu, tripleks, batang, kain dan lain sebagainya, sesuai dengan tempat dimana poster tersebut akan diletakkan.

Contoh Poster Komersial

Bagi Anda yang belum terbiasa atau bahkan belum pernah membuat poster komersial, terkadang bingung ingin tema seperti apa, warna apa yang digunakan, komposisinya bagaimana. Tidak perlu khawatir, Anda dapat menggunakan referensi contoh poster komersial di bawah ini.

Contoh Poster Komersial : Produk Baru

Poster Komersial baim paula

Poster di atas memiliki tujuan untuk memperkenalkan new edition dari Donuthing yakni rasa pandan. Penggunaan gambar Baim Wong dan Paula selaku CEO juga menjadi salah satu daya tarik untuk orang melihat poster tersebut.

Contoh Poster Komersial : Diskon atau Sale

Poster Komersial diskon

Seperti yang Anda lihat, poster tersebut menggunakan warna yang selaras dan cerah, kemudian font penulisan juga dapat dibaca dengan mudah. Diskon 75% sengaja dibuat dengan ukuran besar, sehingga pembaca langsung akan fokus kepada besarnya diskon yang akan diberikan.

Baca juga : Rahasia agar follower instagram tambah banyak

Contoh Promo Jasa

Selain untuk mempromosikan barang, poster komersial juga digunakan untuk memprosikan layanan atau jasa. Salah satunya adalah promo cuci AC murah seperti yang Anda lihat pada contoh di atas. Poster tersebut memuat informasi dengan detail dan sangat lengkap. Termasuk di dalamnya alamat perusahaan, fasilitas yang didapat, ketentuan promo serta kontak yang dapat dihubungi ketika pembaca ingin memesan jasa terkait.

Contoh Iklan Pembersih Lantai

Poster Komersial soklin

Poster untuk produk yang sudah terlalu umum diketahui masyarakat, terkadang tidak memerlukan informasi yang rinci. Salah satunya adalah so Klin lantai, hampir semua orang sudah mengetahui produk tersebut, sehingga harga dan tempat pembelian tidak dicantumkan.

Meskipun begitu, poster tetap harus dibuat semenarik mungkin, penggunaan gambar juga harus selaras dengan produk yang diiklankan. Dari poster di atas, pembaca akan langsung mengetahui bahwa produk tersebut digunakan untuk membersihkan lantai dan memiliki berbagai macam aroma.

Contoh Minuman

Poster komersial minuman diatas menggunakan warna orange yang memberi kesan segar dan manis. Penggunaan font huruf juga sangat menarik minat baca bagi yang melihatnya sehingga tujuan poster tersebut dapat tersampaikan dengan baik.

Kesimpulan

Poster komersial digunakan sebagai salah satu media promosi yang cukup efektif serta dengan biaya yang relatif murah. Penggunaan bahasa yang menarik serta gambar yang selaras dengan isi poster kian menambah nilai plus dari poster tersebut, sehingga informasi yang berikan dapat diterima dengan baik oleh pembaca.

Poster ini hampir sama dengan poster niaga, akan tetapi poster ini adalah jenis poster berdasarkan tujuannya, sementara poster niaga merupakan jenis poster berdasarkan isinya.

Sulthon
Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *