Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Jetorbit : Review Jetorbit Keunggulan dan Kekuranganya

3 min read

Review Jetorbit

Review Jetorbit – Bagi pengguna internet, istilah website tentu sudah tidak asing lagi. Ya, setiap kita membuka situs internet untuk mencari berbagai informasi, pastilah membuka website bukan? Apa sih website itu sendiri? Website merupakan sebuah kumpulan halaman pada suatu domain di internet yang menyediakan sebuah informasi serta diletakkan di sebuah server atau hosting, yang mana untuk mengaksesnya menggunakan home page dan terkoneksi dengan jaringan internet.

Review Jetorbit Apa itu Jetorbit

Jetorbit merupakan salah satu provider hosting yang masih relative baru. Web ini di Indonesia berdiri tahun 2012. Akan tetapi, kehadiran web Jetorbit ini yang dibilang belum terlalu lama, tidak menjadikan kualitasnya diragukan. Jetorbit hadir secara global di berbagai negara, diantaranya adalah Indonesia, Singapura, Tokyo, Jerman, London, dan Amerika Serikat.

Review Jetorbit

Lalu, apa saja yang ditawarkan oleh Jetorbit? Berikut adalah tawaran menguntungkan dari Jetorbit:

  1. Jetorbit menggunakan konektivitas jaringan Asia Optimized. Dalam artian meskipun server Jetorbit berada di US Amerika (LA), dengan koneksi ini pengunjung atau pengguna dari Asia akan tetap merasakan page load yang cepat.
  2. Menggunakan server IBM yang aman dan IBM terkenal kehandalannya dalam urusan server.
  3. Garansi Uptime atau Tetap Nyala hingga > 99%. Untuk semua hal mengenai website yang tidak bisa diakses, oleh pihak Jetorbit akan mengumumkannya terlebih dahulu. Hal tersebut bisa dilakukan karena server Jetorbit melakukan upgrade atau maintenance system.
  4. Menggunakan software dan system terbaru atau terupdate. Diperkuat dengan OS Linux Centos 6.3 dan Cloudlimux membuat Jetorbit tahan banting untuk segala keperluan bisnis pengguna.
  5. Menyediakan berbagai kemudahan dalam mengakses dan mengatur aturan (settingan) pada website dengan menggunakan cPanel. Dengan menggunakan ini, pengguna akan bisa mengatur setiap website, domain, database, dan email.

Review Kelebihan Jetorbit

  1. Uptime rata-rata stabil

Perlu diketahui, meskipun Jetorbit belum lama ada di Indonesia, website ini mampu menjaga servernya tetap stabil. Tingkat kestabilan dari website Jetorbite ini sudah mencapai 99,93% dan angka tersebut merupakan rata-rata uptime stabil terbaik di antara website-website yang lainnya yang ada di Indonesia.

  1. Page load time yang cepat

Kira-kira berapa sih idealnya kecepatan suatu website? Yap, tidak lebih dari dua detik. Nah, server website Jetorbit ini mampu menyediakan kecepatan yang super, yakni bisa diakses dalam kecepatan 0, 759 detik saja hingga website termuat secara sempurna. Keren ya?!

  1. Berhasil menyelesaikan test load impact tanpa ada performance issue

Test load impact ini dilakukan untuk mengetahui seberapa cepat response server Jetorbit ketika web atau situs ini menerima 50 atau bahkan lebih pengunjung dalam waktu 10 menit. Standarnya kecepatan response server website ini dari pengunjung pertama sampai pengunjung ke 50 sama bukan? Dalam pengetesan load impact ini, website Jetorbit memang beberapa mengalami beberapa lonjakan yang cenderung naik dalam kecepatan responnya, akan tetapi tidak terlalu tinggi dan masih tergolong stabil.

  1. Gratis domain dan gratis migrasi hosting

Sama seperti yang terdapat di website atau situs lainnya, di website atau situs Jetorbit ini juga memberikan pembebasan beban biaya (gratis) ketika pengguna melakukan pengaksesan di Jetorbit. Di website ini akan mendapat layanan gratis migrasi dari hosting sebelumnya ke hosting dari website Jetorbit.

Website Jetorbit ini juga memberikan penwaran berupa pembebasan biaya (berlaku perpanjangan) domain atau alamat website dari informasi yang dicari jika berlangganan menggunakan paket bisnis Venus dalam jangka waktu penggunaan tahunan.

Baca juga : Cara cek website Anda responsif atau tidak

  1. Gratis divi (page builder untuk WordPress)

Ya, kabar baik bagi pengguna WordPress yang biasanya menggunakan page builder seperti Divi untuk membangun website, karena Jetorbit menawarkan gratis install Divi bagi setiap pengguna yang website atau situsnya berada di website Jetorbit.

Review Jetorbit

Review Kekurangan Jetorbit

Sementara di lain sisi, terdapat pula kekurangan dari website Jetorbit itu sendiri. Berikut beberapa kekurangan Jetorbit :

  1. Memiliki aturan hosting yang sangat ketat (tidak ada garansi)

Berapa kira-kira garansi yang ditawarkan oleh salah satu website atau situs ini? Website atau situs Jetorbit ini memberikan tawaran garansi selama satu bulan (30 hari). Nah, dalam memberikan ‘fasilitas’ garansi ini, website Jetorbit menerapkan syarat dan ketentuan yang ketat.

Baca juga : Tips Rahasia Email Marketing

Apa aja syarat dan ketentuannya? Pertama, klaim garansi baru akan berlaku apabila uptime website yang kita akses kurang dari 99% apabila dimonitoring menggunakan UptimeRobot.com, sementara itu salah satu kelebihan dari website Jetorbit ini memiliki uptime rata-rata stabil yaitu berkisar 99,93%. Kedua, kita tidak bisa mengajukan garansi kepada pihak website Jetorbit apabila tidak memiliki alasan dan bukti yang kuat.

  1. Support system yang masih perlu ditingkatkan

Bagaimana arti konteks kata support system di sini? Support system di sini memiliki pandangan tentang bagaimana kecepatan server dalam memberikan layanan kepada pengunjung website. Entah membalas pertanyaan, pengunjung yang membutuhkan bantuan dalam pengoperasian, dan lain-lain.

  • Layanan Live chat

Dalam melayani pengunjung yang bertanya melalui live chat dilayani dengan memuaskan. Server membalas chat tersebut dengan cepat.

  • Support yang terlalu teknikal dengan menggunakan tiket

Menurut pengunjung atau pengguna website atau situs Jetorbit ini, support dengan tiket dirasa kurang efektif. Mengapa? Karena support yang terlalu teknikal menggunakan tiket ini membuat pengunjung atau pengguna menjadi lama menunggu response dari server. Hal ini belum lagi jika pengunjung atau pengguna dalam situasi yang urgent (darurat). Tentu di sini perlu dibutuhkan kecepatan respons bukan?

  • Layanan ‘Jam Kerja’

Bagaimana dengan durasi waktu atau lama waktu server website Jetorbit bekerja? Server website Jetorbit hanya bekerja (online) dari pukul 5 pagi hingga pukul 10 malam. Customer Service kurang Fast respons

  1. Backup hanya dilakukan satu kali dalam satu minggu

Sayangnya, dalam memberikan layanan pem-backup-an data, website Jetorbit ini hanya melakukannya satu kali saja dalam satu minggu dan memberikan kesempatan empat kali backup bagi setiap akun. Tidak seperti website atau situs lain yang sudah ada di negara kita, mereka melakukan backup data lebih dari yang ditetapkan oleh website Jetorbit.

Kekurangan berikutnya yaitu, website atau situs Jetorbit ini hanya memberikan ruang atau kapasitas penyimpanan data sebesar 10 GB saja, jika melebihi kapasitas yang sudah ditetapkan, maka akan ada data pengguna yang tidak tersimpan di hosting.

  1. Paket Pluto Mempunyai Keterbatasan Sumber Daya

Apabila kita membeli paket pluto, maka dalam pengaksesan kita akan terbatas. Paket pluto hanya memberikan kebebasan pengaksesan seperti pada website portofolio, CV, dan sebagainya. Selain itu, kapasitas memori yang diberikan dengan kita membeli paket pluto ini hanya memiliki jumlah storage sebesar 300 MB saja.

Kesimpulan

Itu dia review singkat mengenai Jetorbit. Berbagai informasi kelebihan dan kekurangan Jetorbit yang telah disebutkan di atas, bisa menjadi referensi bagi Anda yang akan membeli hosting. Tentu, semua perlu dipertimbangkan dengan matang. Jangan hanya fokus pada kelebihannya saja, tapi lihat juga apa saja kekurangan yang mungkin dimiliki oleh jasa hosting tersebut.

Sulthon
Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *