Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Cara Menyimpan Foto di Google 100% Mudah

3 min read

Cara Menyimpan Foto di Google 100% Mudah

Cara Menyimpan Foto di Google 100% Mudah – Terkadang Kita masih kesulitan atau kebingungan dalam mengorganisir foto-foto yang kita miliki. Kita juga seringkali menghapus beberapa foto karena kapasitas sistem penyimpanan tidak memadai untuk menyimpan semua foto yang Kita miliki.

Karena kendala itu pula kita memilih untuk menghapus beberapa foto guna menyesuaikan kapasitas sitem penyimpanan yang terbatas tersebut.

Tak jarang, ternyata, pada kemudian hari Kita merasa menyesal telah menghapus foto-foto tertentu karena kita baru menyadari bahwa foto tersebut sangatlah berguna, atau bahkan begitu penting.

Pada dasarnya, Google telah menyediakan layanan sistem penyimpanan yang relatif besar dan efisien. Sebagian dari Kita mungkin telah mengetahui layanan tersebut, namun tidak menutup kemungkinan bahwa banyak dari Kita yang belum mengetahuinya atau masih kesulitan dalam mengoperasikan sistem penyimpanan tersebut.

Artikel ini akan mencoba untuk mengurai persoalan yang Anda hadapi di atas. Di bawah ini, Kita akan membahas tentang alasan mengapa kita perlu menggunakan layanan sistem penyimpanan Google. Kemudian pembahasan dilanjutkan dengan mengurai tentang cara menyimpan foto di Google.

Cara Menyimpan Foto di Google 100% Mudah

Mengapa Kita Perlu Menyimpan Foto di Google?

Mengabadikan sebuah momen melalui jepretan kamera merupakan sebuah cara untuk menyimpan kenangan. Melaui foto tersebut, momen-momen indah dapat tersimpan dengan rapih dan dapat kita kenang kembali pada kemudian hari.

Di era kemajuan teknologi saat ini, fungsi dari foto juga telah bertransformasi. Tidak hanya sebagai medium untuk mengabadikan sebuah kenangan, foto juga saat ini telah menjadi komponen penting dalam roda industri, khususnya industri berbasis digital. Biasanya orang menyimpan foto di pinterest

Namun, tidak sedikit dari Kita masih kesulitan untuk mengorganisir foto-foto dalam dokumen elektronik, semacam memory card, SSD (Solid State Drive), dan hard drive.

Kita merasa khawatir bahwa dokumen tersebut tidak dapat menampung semua foto yang kita miliki. Atau, dokumen tersebut dirasa memiliki sistem keamanan yang lemah.

Baca juga : Cara Email marketing paling gampang

Google Cloud dapat memecahkan persoalan yang Anda hadapi tersebut. Untuk kebutuhan penyimpanan foto, layanan cloud yang diberikan oleh Google di antaranya ialah Google Drive dan Google Photo.

Kedua jenis cloud tersebut, saat ini, tidak hanya digunakan untuk kepentingan pribadi, melainkan juga digunakan oleh para perusaahaan. Hal ini terutama ditimbulkan karena clouds dilengkapi oleh sistem keamanan yang relatif tinggi.

Selain itu, dua jenis sistem penyimpanan yang diberikan oleh Google juga memiliki kapasitas yang relatif besar. Misalnya, Google Drive sendiri dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan hingga 15 gigabyte.

Keuntungan lain yang dapat Anda peroleh ialah untuk mengakses Google cloud, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun.

Untuk dapat mengkases kedua layanan cloud tersebut Anda hanya perlu terhubung ke jaringan internet. Karena itu, Anda dapat mengaksesnya melalui gadget atau desktop yang Anda miliki. Kedua layanan tersebut dapat digunakan di dalam sistem Android maupun iOS.

Baca juga : Tools Instagram terbaik

Dengan begitu, Anda dapat membuka, mengirim, atau mencetak foto Anda kapan pun dan di mana pun.

Di samping itu, Google Cloud juga dilengkapi dengan sistem berbasis Artificial Intelligence (AI) yang dapat memudahkan dalam proses pengorganisiran foto-foto yang Anda letakkan di dalamnya. Dengan sistem AI ini, salah satunya ialah memudahkan Anda dalam menavigasi foto-foto yang Anda simpan berdasarkan pada waktu, jenis foto, atau manfaat dari foto tersebut.

Sampai sini, mungkin Anda telah tertarik untuk mencoba Google Cloud dalam menyelesaikan persoalan penyimpanan foto Anda. Bila demikian, berikutnya kita akan masuk ke bagaimana cara menyimpan foro di Google.

Bagaimana Cara Menyimpan Foto di Google Drive dan Google Photo?

Cara untuk dapat menyimpan foto di kedua layanan Google tersebut relatif mudah. Anda hanya perlu mendaftarkannya melalui email Google yang Anda miliki. Bagi perangkat Android, Anda hanya perlu menginstalnya aplikasinya dalam perangkat Anda.

Cara Menyimpan Foto di Google 100% Mudah

Cara untuk menyimpan foto ke Google Drive dapat Anda lakukan melalui perangkat Android dan melalui perangkat Desktop.

Cara Menyimpan Foto di Google Dari Perangkat Android

Proses penyimpanan dari perangkat Android, antara lain ialah dengan:

  1. Pastikan aplikasi Google Drive telah terinstal di perangkat Anda
  2. Masuklah ke aplikasi Google Drive kemudian pilihlah foto-foto yang hendak kamu simpan.
  3. Setelah itu, carilah tombol “share” atau “kirim”, kemudian pilih icon “drive” untuk mengirimkan foto tersebut ke dalam Google Drive. Biasanya setiap perangkat memiliki perbedaan dalam letak tombol dan iconya.
  4. Selanjutnya, Anda perlu memilih email Google Drive yang akan dijadikan sebagai tempat penyimpanan. Setelah itu Anda hanya tinggal menekan tombol “simpan” atau “save to drive”.
  5. Berikutnya Anda dapat mengubah nama dokumen sesuai dengan keperluan atau kategori yang Anda kehendaki.
  6. Foto Anda pun sudah dapat tersimpan secara rapih.

Cara Menyimpan Foto ke Google Dari Perangkat Desktop

Cara Menyimpan Foto di Google 100% Mudah

Proses penyimpanan melalui desktop antara lain:

  1. Buka situs drive.goggle.com.
  2. Tekan tmbol “+ new” yang terletak di bagian pojok kiri atas.
  3. Pilihlah “file upload” untuk menyimpan foto-foto secara acak. Atau, tekan tombol “folder upload” bila Anda ingin mengirimkan folder foto secara utuh.
  4. Setelah itu, pilihlah foto atau folder yang hendak Anda transfer ke drive.
  5. Selanjutnya, Anda tinggal mengklik tombol “open”.
  6. Tunggu beberapa menit hingga proses pengiriman pun selasai.
  7. Anda juga dapat membuat folder dalam Google Drive agar tampilannya menjadi rapih dan selaras dengan kebutuhan atau kategori yang Anda inginkan.

Cara Menyimpan Foto di Google Dengan Google Photos

Pada dasarnya ruang penyimpanan di Google Photo, foto itu juga akan tersimpan secara otomatis dalam Google Drive. Karena itu, Anda juga dapat melakukan pengorganisiran foto yang telah Anda kirim itu dari dalam Google Drive.

Di samping itu, proses penyimpanan foto ke Google Photo berjalan secara otomatis. Cara untuk menyimpan foto ke Google Foto antara lain ialah:

  1. Anda perlu menginstal aplikasi Google Photo yang tersedia di Google Plays Store.
  2. Setelah itu, Anda dapat mengaktifkannya dengan mengklik tombol “back up dan sync” saat pertama kali menggunakan aplikas ini.
  3. Kemudian pilih “pendangan dan sinkronisasi” untuk menjalankan proses pengiriman secara otomatis. Anda juga dapat mengaktifkan atau menonaktifkan kedua proses tersebut.
  4. Singkroninasi tersebut dapat dilakukan dengan mengintegrasikan Google Photo dan Google Drive dengan cara, masuk dalam “setting” dan memilih “google drive” sebagai ruang penyimpanannya.

Baca juga : Cara Membuat toko Online dengan woocomerce

Kesimpulan

Itulah pembahasan mengenai alasan memilih layanan yang diberikan oleh Google dan cara menyimpan foto di Google. Dengan memanfaatkan layanan Google Cloud dapat membantu Anda dalam memecahkan persoalan sistem penyimpanan bagi foto-foto yang Anda miliki. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda.

Sulthon
Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *