Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Review MasterWeb, Web Hosting Tertua di Indonesia

3 min read

MasterWeb

Di era digital ini, semakin banyak website-website yang dibuat dengan tujuan berbagi informasi dan menyediakan konten bagi dunia global. Nah, pada masa ini dikenal dengan Web hosting, sebuah layanan online yang menghubungkan website atau aplikasi web ke internet. Web hosting ditawarkan oleh jasa hosting dengan menarik biaya sewa. Missal per bulan, per tahun, dan sebagainya.

Mengapa pemilik website harus melirik jasa web hosting? Karena web hosting inilah yang bertugas menjaga server agar tetap aktif dan berjalan, melindungi dari ancaman cyber berbahaya, dan memindahkan konten yang dapat berupa  gambar, teks atau dari server ke browser  seorang pengunjung situs Anda.

Baca juga : Review Digital Ocean

Penyedia jasa Web Hosting telah banyak di Indonesia. Salah satunya adalah MasterWeb. Sebelum Anda memilih jasa Web Hosting yang tepat, tentu Anda harus tau kualitas dari brand web hosting tersebut. Berikut adalah review salah satu web hosting yang ada di Indonesia, MasterWeb.

masterweb 4

Apa itu MasterWeb?

MasterWeb atau biasa disingkat MWN merupakan salah satu layanan penyedia web hosting yang tertua di Indonesia. Dengan fasilitasnya yang beragam, MasterWeb mampu berjaya hingga kini. Berdasarkan informasi yang dibagikan pada situs resminya, MasterWeb telah memiliki data center sebanyak 400 dan mengklaim telah memiliki lebih dari 100.000 pelanggan yang telah menggunakan MasterWeb. Tentu saja, akan terus meningkat setiap bulannya.

MasterWeb adalah salah satu web hosting dengan pengguna terbanyak di Indonesia. MasterWeb ini tetap berjaya sampai saat ini meski bermunculan web hosting yang lainnya. Namun, apakah kualitasnya memang “master” seperti namanya? Mari simak review tentang MasterWeb di bawah ini!

master web 3

Layanan Hosting MasterWeb

Berbagai macam layanan hosting telah ditawarkan oleh MasterWeb, diantaranya adalah layanan registrasi domain, virtual private server, colocation server, website bulider, cloud server, dedicated server, SSL certificate, digital marketing, email cantik, learning center, dan manager server.

Layanan shared hosting dikelompokkan sesuai dengan sasaran pengguna. Mulai dari paket smile untuk pribadi, paket untuk UKM, hingga paket untuk bisnis dan coorporate. Layanan shared hosting MasterWeb sementara masih menggunakan server lokal di Indonesia. Sedangkan untuk server shared yang berada di luar negeri masih dalam proses di Singapura. Bagi Anda yang ingin memiliki server secara kustom serta Cloud Server agar layanan server lebih eksklusif dan akses yang cepat, MasterWeb menawarkan layanan Virtual Private Server (VPS).

master web 3

MasterWeb memiliki layanan support mulai dari level 1 hingga level 8. Level 1 adalah level paling prioritas. Berikut rangkuman beberapa paket yang bisa diambil oleh customer di penyedia layanan hosting ini:

  1. Paket Smile

Paket hosting di MasterWeb dengan harga sewa paling murah sekitar Rp9.900/bulan. Fasilitas yang diperoleh dengan membeli paket ini adalah ketersediaan storage 1GB untuk 1 account email dan unlimited bandwidth. Paket ini menawarkan lama sewa minimum 1 tahun dan mendapatkan prioritas level 7.

  1. Paket Lucky

Fasilitas yang didapatkan dengan membeli Paket Lucky seharga Rp19.900/bulan ini adalah dapat menggunakan 2 website untuk dihosting dan kapasitas memori 2GB untuk waktu sewa 1 tahun dan bandwidth unlimited. Paket ini mendapat prioritas level 6 dari paket-paket lain di penyedia layanan hosting ini.

Baca juga : Review jetorbit

  1. Paket Bright

Harga sewa Rp39.900/bulan sudah dapat menghitung 5 website sekaligus dan mendapat fasilitas lain. Bandwidth unlimited serta kapasitas memori 5GB dengan minimum kontrak 12 bulan. Prioritas level 5 dari prioritas paket yang lain.

  1. Paket Happy

Jika Anda mempunyai website yang banyak, maka pilihan paket ini adalah tepat. Dengan mengambil paket ini Anda bisa menghosting sekitar 10 website dan mendapatkan unlimited bandwidth serta kapasitas memori 10GB. Dengan harga sewa Rp 69.900/bulan, Anda bisa mendapatkannya untuk minimum sewa 6 bulan. Paket ini mendapatkan prioritas level 4.

  1. Paket Bisnis

Paket ini khusus untuk penggunaan website dengan traffic tinggi. Harga sewanya adalah Rp149.900/bulan.

Kelebihan MasterWeb

Dengan berbagai layanan yang ditawarkan, pengguna akan mendapatkan sederet kelebihan yang dimiliki penyedia layanan hosting ini dibanding brand hosting lainnya. Kelebihan yang dimiliki MasterWeb diantaranya sebagai berikut:

  1. Memiliki panduan lengkap untuk pengguna

penyedia layanan hosting ini memiliki panduan dan tutorial lengkap untuk semua jenis layanan dan fitur. Sangat bermanfaat bagi pengguna jika ingin mendapatkan informasi lebih detail tentang penggunaan penyedia hosting ini. Panduan lengkap semua dapat diakses di situs resmi penyedia layanan hosting ini. Kemudahan lainnya adalah mereka juga menampilkan hasil tangkap layar dari masalah-masalah yang biasanya dihadapi.

  1. Fitur daily backup tersedia untuk semua jenis paket

Hampir semua web hosting di Indonesia sebenarnya ada fitur ini sebagai fasilitas yang didapat oleh pengguna dan bukan merupakan fitur yang premium yang jika menggunakannya harus membayar sejumlah tertentu. Namun kebanyakan web hosting di luar negeri malah menawarkan harga yang lumayan, yaitu 15 USD – 30 USD. Jadi, ini adalah keuntungan yang didapat dari penyedia layanan hosting ini karena fitur yang ada disediakan gratis sampai paket termurah pun mendapatkannya.

  1. Control panel plesk

Plesk adalah jenis lain yang merupakan control panel selain cplanel. Umumnya, pengguna Indonesia memakai cpanel untuk web hosting mereka. Namun, jika Anda lebih familiar dengan Plesk, maka dari itu penyedia hosting ini menjadi pilihan yang tepat. Namun beberapa web hosting sudah menggunakan Cpanel, perlu kamu ketahui saat ini Cpanel adalah fitur premium, mengapa master web memakai plesk? Sebab managemen website ini masih gratis. Namun penggunaanya sangat sulit jika kamu sudah terbiasa dengan Cpanel.

MasterWeb

Kekurangan MasterWeb

Kualitas suatu web hosting ditentukan oleh tiga hal, yaitu Uptime (jumlah rata-rata website tidak down), Page load time (seberapa lama sebuah website dapat mengakhiri atau menampilkan semua konten dengan sempurna), dan yang terakhir adalah customer support. Berikut adalah ulasan beberapa kekurangan yang ada pada penyedia layanan hosting ini:

  1. No Garansi

Kepuasan pelanggan adalah yang paling utama dalam usaha bisnis web hosting dan adanya garansi merupakan strategi yang tepat agar pelanggan merasa percaya. Sayangnya, MasterWeb belum memberikan garansi ke pelanggan.

  1. Rata-rata uptime buruk

Minimum rata-rata uptime suatu web hosting paling tidak harus bertahan di angka 99.90%. MasterWeb memiliki angka yang lebih bawah dari batas minimum tersebut. Dalam percobaan 5 bulan terhadap web hosting ini, rata-rata uptime hanya mencapai 99.00%, artinya kurang lebih server mengalami down sebanyak 450x dari 38 jam akumulasi atau sekitar 2 jam.

  1. Customer Service yang buruk

Tidak semua pengguna atau pelanggan web hosting memiliki pengalaman yang mumpuni. Ada yang pemula atau ada yang baru menjalankannya beberapa tahun, sehingga belum memahami betul teknis dari web hosting. Oleh karena itu pelayanan yang siap sedia membantu pelanggan untuk menjawab masalah-masalahnya sangat dibutuhkan.

  1. Control Panel Plesk

Control panel dengan plesk adalah web hosting yang tidak mau memakai modal. Karen Plesk adalah control panel gratisan. Dan penggunaanya tidak semudah memakai Cpanel.

MasterWeb menyebutkan bahwa perusahaannya memiliki 70 customer service yang non-stop 24 jam selama seminggu untuk membantu seluruh penggunanya. Namun, petugas sebanyak itu ternyata belum cukup untuk melayani kurang lebih 100.000 pelanggan aktif MasterWeb. Banyak pengguna yang mengeluhkan pelayanan ini, karena tidak mendapatkan respons yang cepat dari customer service MasterWeb.

Demikian review tentang salah satu web hosting di Indonesia. Kelebihan dan kekurangan bisa jadikan Anda pertimbangan untuk memilih web hosting favorite Anda.

 

 

Sulthon
Sulthon Hidupku terkait dengan birunya pantai, hijaunya gunung, kuningnya sunset dan layar laptop yang on 24 jam. SEO Specialist, Internet Marketer, Bisnis Owner

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *